Microsoft Ingatkan Kembali Dukungan Windows Server 20H2 Berakhir Bulan Depan

Microsoft Ingatkan Kembali Dukungan Windows Server 20H2 Berakhir Bulan Depan

NESABAMEDIA.COMMicrosoft mengingatkan kembali bahwa Windows Server versi 20H2 akan mencapai masa akhir dukungan pada bulan depan, yakni pada tanggal 9 Agustus 2022. Peringatan ini adalah yang dikeluarkan setelah mereka juga mengumumkan pada bulan Mei lalu, bahwa Windows Server 20H2 akan mencapai dukungan arus utama untuk pengguna Standard Core dan Datacenter Core.

“Windows Server versi 20H2 akan mencapai masa akhir dukungan pada tanggal 9 Agustus 2022. Setelah tanggal tersebut, perangkat ini tidak lagi mendapatkan pembaruan keamanan bulanan dan pembaruan kualitas yang berisi perlindungan dari ancaman keamanan terbaru. Untuk bisa terus mendapatkan pembaruan keamanan dan kualitas, Microsoft menyarankan untuk memperbarui ke Windows Server versi terbaru,” kata Microsoft.

Dirilis pada tanggal 20 Oktober 2020, rilisan saluran Semi Tahunan dari Windows Server ini tidak akan mendapatkan pembaruan keamanan dan non-keamanan, setelah tanggal masa akhir dukungan jatuh tempo. 

Microsoft juga mengungkap pada pengumuman di bulan Mei lalu, bahwa Windows Server Semi-Annual Channel (SAC) dipensiunkan pada tanggal 9 Agustus. Mereka yang masih menggunakan rilisan ini, disarankan untuk beralih ke Long-Term Servicing Channel (LTSC), yang akan menjadi saluran rilisan utama dari Windows Server.

“Tidak akan ada rilisan SAC lagi nantinya untuk Windows Server, dan produk ini tidak akan lagi mendapatkan pembaruan keamanan setelah tanggal 9 Agustus 2022. Windows Server sedang beralih ke LTSC sebagai saluran rilisan utama,” terang Microsoft kala itu.

Windows Server versi LTSC dirilis setiap dua sampai tiga tahun sekali, dengan pengguna mereka mendapatkan dukungan arus utama sampai 5 tahun dengan tambahan dukungan 5 tahun berikutnya. 

Perlu dicatat bahwa anda tidak bisa beralih dari SAC ke LTSC tanpa melakukan pemasangan bersih atau clean install, karena kedua saluran itu adalah saluran yang berbeda. Dengan SAC yang akan segera dimatikan, kebanyakan fitur yang diperkenalkan di saluran layanan ini telah diluncurkan ke rilisan LTSC berikutnya dari Windows Server, seperti Windows Server 2022.

Oleh karenanya, pengguna disarankan untuk berpindah ke Azure Stack HCI untuk irama rilisan yang sama, atau beralih ke Windows Server 2019/202 di saluran servis LTSC.

Editor: Muchammad Zakaria

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Send this to a friend