Microsoft Ingin Jadikan PWA di Edge Terlihat Mirip Dengan Aplikasi Asli

Microsoft Ingin Jadikan PWA di Edge Terlihat Mirip Dengan Aplikasi Asli

NESABAMEDIA.COMMicrosoft Edge dalam waktu dekat akan bisa mendukung opsi menjadikan aplikasi web progresif (PWA) terlihat seperti aplikasi asli. Fitur ini akan memungkinkan para pengembang untuk melakukan kustomisasi pada bagian judul dari aplikasi web progresif. Selain menjadikannya terlihat lebih baik, opsi ini akan meningkatkan aksesibilitas dari aplikasi web progresif itu sendiri.

Disebutkan bahwa fitur tersebut saat ini sedang dalam pengembangan dan akan segera dirilis ke publik dalam waktu dekat. Laporan tersebut diungkapkan oleh Techtsp yang berhasil melihat beberapa dokumen teknis dari tim internal Microsoft Edge, yakni Amanda Baker. 

“Fitur ini akan menjadikan para pengembang bisa membuat aplikasi web yang memaksimalkan ruang layar dan memungkinkan mereka untuk mendesain aplikasi mereka agar terasa seperti aplikasi asli. Di saat perangkat menjadi lebih kecil dalam rangka portabilitas, title bar akan menghabiskan sebagian besar layar, menyisakan sedikit ruang bagi pengguna untuk bisa berinteraksi lebih dengan aplikasi,” ungkap Amanda Baker.

Bar judul di PWA selama ini dianggap terlalu menghabiskan ruang yang ada, yang pada dasarnya kurang begitu memiliki fungsi signifikan. Selain hanya fungsi-fungsi dasar seperti mengecilkan, membesarkan atau menutup jendela, tidak ada banyak fungsi lainnya. Kini sebuah fitur baru yang bernama Windows Control Overlay, akan memperbaiki masalah tersebut. 

Fitur Windows Control Overlay akan membantu para pengembang dalam menambahkan hal-hal baru seperti kotak pencarian terkustomisasi, logo, atau kontrol navigasi, seperti yang diungkapkan dalam pernyataan Baker lewat dokumen teknis itu.

Fitur ini tidak hanya akan menyediakan fungsionalitas lebih dan terlihat lebih baik saja dari penerapan yang sudah ada sekarang ini, tetapi juga akan meningkatkan aksesibilitas. Baker mengatakan dalam dokumen itu bahwa “jika pengguna memiliki gangguan penglihatan dan mencoba meningkatkan level zoom dari semua konten yang ada di layar, maka hal ini akan menjadi masalah.”

Sementara itu Techtsp memberikan catatan bahwa fitur baru ini mungkin bisa saja akan hadir dalam beberapa minggu ke depan, atau bahkan beberapa bulan lagi untuk bisa tersedia ke pengguna secara umum. Namun, fitur ini justru sudah ada dan tersedia di browser Chrome dengan mengunjungi chrome://flags. 

Leave a Reply

Send this to a friend