Microsoft Ingin Ubah Menu Taskbar di Windows 10 Agar Lebih Ringkas

Microsoft Ingin Ubah Menu Taskbar di Windows 10 Agar Lebih Ringkas

NESABAMEDIA.COMMicrosoft disebutkan sedang mengupayakan adanya peningkatan pada komponen inti dan perubahan itu bisa saja akan dihadirkan bersamaan dengan pembaruan Windows 10 Sun Valley, yang dijadwalkan untuk dirilis pada bulan Oktober atau November mendatang.

Pada pekan terakhir bulan Maret kemarin, sebuah pratinjau baru di pembaruan Windows 10 yang akan datang, muncul dan bisa diunduh di kanal pengembang (Dev Channel), dan itu sepertinya akan berisi beberapa peningkatan penting pada bagian menu Taskbar, yang merupakan salah satu fitur paling banyak digunakan di sistem operasi Windows 10. 

Microsoft mengubah bagaimana item yang ada di ‘Jump List’ akan bekerja ketika pengguna melakukan klik kanan pada aplikasi seperti Notepad dan Microsoft Word. seperti yang terlihat dalam tangkapan layar di bawah ini, jika pengguna melakukan klik kanan pada file lokal di salah satu jump list Taskbar, pengguna akan menemukan sebuah opsi baru untuk membuka lokasi file tersebut. 

Taskbar Baru Windows 10

Taskbar Baru Windows 10

Selain perubahan kecil tersebut, Microsoft juga berencana untuk menghapus opsi dari menu yang muncul ketika pengguna melakukan klik kanan pada Taskbar. Seperti opsi untuk menyembunyikan Task View, Windows Ink WorkSpace, dan bahkan Windows Search. 

Microsoft memindahkan opsi tersebut ke halaman aplikasi Settings untuk meningkatkan pengaturan pada Taskbar dan mengurangi sejumlah kebingungan. 

Meski perubahan ini mungkin akan menjadi perubahan yang bagus untuk pengalaman pengguna jika memilih menu yang lebih ringkas, namun akan menjadi masalah lain bagi mereka yang tidak mengaktifkan Windows 10 mereka. Sebab jika Windows 10 tidak diaktfikan, maka tidak akan memungkinkan untuk mengakses halaman Taskbar di aplikasi Settings atau di opsi personalisasi lainnya. 

Dengan kata lain, pengguna yang tidak mengaktifkan Windows 10 itu tidak akan bisa menyembunyikan tombol sentuh keyboard atau Windows Search kecuali melakukan pengaktivasian. Tentu saja, perubahan ini tidak akan menjadi masalah bagi mereka yang tidak ingin melakukan personalisasi di bagian Taskbar. 

Pengaturan Taskbar yang baru ini sepertinya sudah bisa ditemukan bagi para pengguna yang telah bergabung di program Windows Insider dan mungkin akan ditayangkan untuk seluruh pengguna ketika pembaruan Windows 10 Sun Valley dirilis nanti. 

Leave a Reply

Send this to a friend