Microsoft Jelaskan Detail Peningkatan ke Windows 11

Microsoft Jelaskan Detail Peningkatan ke Windows 11

NESABAMEDIA.COMPenawaran gratis peningkatan Windows 7 dan Windows 8.1 ke pengguna oleh Microsoft secara resmi telah berakhir pada tahun 2016 lalu, namun faktanya, sampai sekarang pengguna masih bisa mendapatkan penawaran peningkatan ke Windows 10 itu.

Seperti yang telah diperkirakan sebelumnya, Microsoft mengatakan bahwa mereka akan tetap menyediakan penawaran peningkatan gratis yang sama ke Windows 11, selama pengguna memenuhi persyaratan minimal untuk memasangnya. 

Namun ada hal yang perlu diketahui, bahwa peningkatan dari Windows 7 ke Windows 11 bisa menghapus semua aplikasi, pengaturan dan kustomisasi. Itu karena jalur peningkatan langsung dari Windows 7 atau Windows 8.1 ke Windows 11 masih belum ada. Hal tersebut terungkap dalam dokumen dari Lenovo, yang sebenarnya telah diterbitkan sejak tanggal 24 Juni lalu, namun baru diketahui publik hari ini. 

Sebuah dokumen dukungan dari Lenovo India, yang berdasarkan masukan dari Microsoft langsung, menunjukkan bahwa pengguna Windows 7 dan Windows 8 atau 8.1 juga bisa meningkatkan sistem operasinya ke Windows 11, namun hal itu hanya akan bisa dilakukan ketika pengguna melakukan clean install dari awal. 

Bagi pengguna dengan Windows 10 yang perangkat kerasnya telah mendukung, mereka bisa langsung meningkatkan ke Windows 11 dengan gratis menggunakan cara seperti biasanya yakni melalui Windows Update, WSUS, Media Creation Tool atau Update Assistant. Jika perangkat belum memenuhi persyaratan minimal, khususnya karena masalah TPM 2.0, maka bisa mengikuti petunjuk bypass yang telah disediakan nesabamedia.com sebelumnya. 

“Kebanyakan perangkat komputer keluaran tahun ini bisa meningkatkan ke Windows 11 tanpa ada masalah pada persyaratan minimal. Pengguna akan memiliki pilihan peningkatan yakni clean install, atau pemasangan ulang dari Windows 10,” tulis dokumen dukungan tersebut.

Bagi pengguna Windows 7 dan Windows 8 atau 8.1 yang akan meningkatkan ke Windows 11, pastikan bahwa telah mencatat apa saja aplikasi yang paling sering digunakan. 

Tentu saja, pengguna bisa kapan saja kembali ke Windows 10. Agar data tetap terjaga saat memutuskan kembali ke Windows 10, pastikan hal itu dilakukan tidak lebih dari 10 hari setelah meningkatkan ke Windows 11. Sebab setelahnya data tidak akan bisa tersimpan, dan oleh karenanya pengguna diharuskan melakukan pencadangan secara manual.

Hal terpenting untuk diingat adalah bahwa Windows 11 dan Windows 7 benar-benar jauh berbeda, namun Microsoft menjanjikan bahwa aplikasi yang ada akan bisa tetap digunakan. 

“Windows 11 telah dibangun dengan pertimbangan aspek kompatibilitas,” kata Microsoft.

Ini artinya, aplikasi yang sudah ada tetap akan bisa bekerja dan digunakan jika memang bisa bekerja juga di Windows 7, 8 atau 10. 

Leave a Reply

Send this to a friend