Microsoft Kembali Ingatkan Internet Explorer di Windows Pensiun Bulan Juni

Microsoft Kembali Ingatkan Internet Explorer di Windows Pensiun Bulan Juni

NESABAMEDIA.COMInformasi yang diketahui sejauh ini adalah bahwa Internet Explorer akan dimatikan pada tahun ini, tetapi Microsoft ingin memastikan bahwa semua orang benar-benar tahu bahwa tanggal pensiun IE sudah semakin dekat. 

Microsoft telah memposting peringatan baru di pusat pesan Windows secara khusus, guna mengingatkan kepada para pengguna bahwa Internet Explorer akan dipensiunkan pada bulan Juni tahun ini.

Microsoft juga kembali menekankan bahwa Microsoft Edge mengemas mode IE khusus yang terintegrasi, untuk menjembatani masalah kompatibilitas, yang diperuntukkan bagi mereka yang masih membutuhkan keberadaan IE.

Dengan kata lain, hal tersebut berarti bahwa ketika IE tidak lagi ada sebagai aplikasi mandiri yang berdiri sendiri, namun itu akan tetap ada sebagai bagian dari fitur di dalam Microsoft Edge.

Internet Explorer akan menjadi benar-benar mati untuk selamanya pada bulan Juni. Bagi mereka yang masih membutuhkan IE karena alasan kompatibilitas, mode IE di Edge jelas akan sangat berguna, setidaknya sampai kebutuhan mereka itu bisa dipindahkan seluruhnya ke browser yang lebih modern.

“Seperti yang telah diumumkan sebelumnya, masa depan Internet Explorer di Windows ada di dalam Microsoft Edge. Mode Internet Explorer, menyediakan dukungan browser lama di dalam Edge. Oleh karena itu, aplikasi desktop IE (IE 11) akan dihentikan pada tanggal 15 Juni 2022, untuk versi Windows tertentu. Artinya, aplikasi desktop IE 11 tidak lagi didukung dan selanjutnya akan dialihkan ke Microsoft Edge apabila pengguna mencoba untuk mengaksesnya,” jelas Microsoft dalam pengumumannya. 

Di sisi lain, Microsoft Edge terus mendapatkan pangsa pasar dalam tempo yang cukup cepat, meskipun ini masuk akal mengingat ini adalah browser default di Windows saat ini. Dengan berbasis Chromium, Edge memiliki semua yang dimiliki oleh browser pesaingnya, Google Chrome, dan bahkan lebih banyak lagi. Inilah mengapa Microsoft berharap sebagian besar pengguna akan tetap menggunakannya dalam jangka panjang.

Microsoft Edge juga merupakan browser lintas platform, jadi selain Windows 10 dan 11, itu juga tersedia di sistem operasi lain, termasuk tidak hanya Mac dan Linux, tetapi juga Android dan iOS.

Editor: Muchammad Zakaria

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments