• Our Partners:

Tema Windows XP Desktop

Microsoft Kepergok Pernah Bikin Tema Windows XP Mirip Tampilan Mac

NESABAMEDIA.COMDalam bocoran source code Windows XP yang telah beredar di internet baru-baru ini, rupanya Microsoft menyimpan sebuah rahasia. Microsoft kedapatan memiliki sebuah tema untuk Windows XP yang membuat tampilan sistem operasi legendaris itu tampak seperti Mac. 

Tema ‘rahasia’ itu memiliki nama Candy dan didalamnya terdapat desain tampilan yang sangat mirip dengan tema bernama Aqua milik perangkat Apple. Tema dengan dominan warna putih metalik itu pertama kali diperkenalkan oleh Apple untuk perangkat Mac, pada gelaran Macworld Conference & Expo di tahun 2000 silam. 

Meskipun tema bernama Candy itu masih terkesan belum benar-benar jadi, namun bagian Start Menu dan tombol-tombol serta elemen antarmuka lainnya, jelas sekali dibuat semirip mungkin dengan tema Aqua milik Apple. 

"Tampilan

Microsoft sendiri tidak pernah merilis tema tersebut untuk Windows XP secara umum. Namun tema itu sepertinya dirilis untuk kalangan pengembang di tim Microsoft saja secara terbatas. Pasalnya tema tersebut dideskripsikan sebagai “Whistler Skin With Eye Candy” dan diberi label “hanya digunakan kalangan internal saja.” Seperti yang sudah jamak diketahui, Whistler merupakan sandi untuk sistem operasi Windows XP.

Pada akhirnya, dalam perilisan final Windows XP, Microsoft memilih menggunakan tampilan tema dengan antarmuka dominan berwarna biru dan hijau Luna. Para pengguna kemudian menjulukinya dengan sebutan “Fisher Price-esque”, ketika sistem operasi itu diluncurkan pertama kali pada tahun 2001. 

Penggunaan sistem tema pada sistem operasi tersebut merupakan perubahan yang sangat besar jika dibandingkan dengan sistem operasi sebelumnya. Di mana para pengguna bisa menggunakan tema dari pihak ketiga, dengan banyak sekali pengaturan kustomisasi.

Pembuatan Windows XP sendiri, dilakukan oleh Microsoft di saat persaingan sangat ketat terjadi dengan Apple. Setelah perilisan sistem operasi itu, Apple kerap kali membuat sindiran kepada Microsoft dengan segala produk yang dirilisnya. Bahkan dalam sebuah konferensinya, Apple mengeluarkan statement yang cukup tajam “Redmond, jalankan mesin fotokopimu.”

Apa yang diucapkan Apple tersebut memang bukan tanpa alasan. Pasalnya sejak tahun 90 hingga 2000an, perangkat Windows sangat banyak mendapatkan pengaruh dari perangkat berbasis Mac milik Apple, dan Microsoft pun dianggap sebagai plagiat. Namun seiring perjalanannya, rupanya Windows XP yang lebih umum digunakan oleh pengguna komputer pada masa itu. 

Leave a Reply

Send this to a friend