• Our Partners:

Error Group Policy Editor di Windows Server

Microsoft Konfirmasi Adanya Bug Pada Group Policy Editor di Windows Server 2016

NESABAMEDIA.COMPihak Microsoft memberikan konfirmasinya adanya sebuah bug pada Windows 10 versi 1607 dan Windows Server 2016 yang membuat Group Policy Editor memunculkan pesan error. Bug tersebut diketahui dilaporkan pertama kali setelah pengguna melakukan pembaruan KB4577015 pada beberapa waktu yang lalu. Microsoft saat ini tengah mencari solusi pada permasalahan tersebut.

Saat pengguna mengakses data di Security Options di Group Policy Management Editor (gpedit.msc) maupun di Local Security Policy Editor (secpol.msc) maka dalam kondisi tertentu, pengguna mendapatkan pesan error sebagai berikut :

  • MMC has detected an error in snap-in. It is recommended that you shut down and restart MMC (MMC mendeteksi adanya kesalahan di snap-in. Anda disarankan melakukan shut down atau restart MMC)
  • MMC can not initialize the snap-in. (MMC tidak dapat menginisialisasi snap-in)

Pihak Microsoft memberikan penjelasan bahwa error tersebut terjadi pada jendela MMC dan ketika bagan konsol terbuka dengan alur sebagai berikut : 

  • Memilih Computer Configuration
  • Kemudian Policies
  • Selanjutnya Windows Settings
  • Lalu Security Settings
  • Dan Local Policies
  • Serta terakhir klik Security Options
MMC Error di Group Policy Editor

MMC Error di Group Policy Editor

Untuk saat ini pengguna bisa menghindari munculnya error saat mengakses data Security Options di Group Policy Editor itu dengan menggunakan Remote Administrative Tools pada Windows 10 versi 1709 dan mengaksesnya secara remote. 

Cara menginstal Remote Administrative Tools itu pun cukup mudah. Pengguna hanya tinggal membuka halaman Settings atau pengaturan Windows, kemudian pilih Apps > Optional Features > Add Feature dan instal RSAT: Group Policy Management Tools.

Seperti yang diberitakan sebelumnya, pekan lalu Microsoft merilis pembaruan kumulatif untuk Windows 10 dengan tiga patch yakni KB4571756 untuk Windows 10 2004, KB4574727 untuk Windows 10 1909 dan KB4577062. 

Sayangnya, pembaruan ini memunculkan sejumlah error baru di perangkat pengguna yang melakukan pembaruan. Beberapa error yang muncul yakni error pada fitur TRIM Command yang otomatis berjalan pada harddisk yang tidak mendukung fitur tersebut. Kemudian ada kegagalan sistem pada perangkat Laptop Lenovo ThinkPad, WSL2 yang menjadi rusak, dan pesan error pada MMC di Group Policy Editor ini.

Leave a Reply

Send this to a friend