Microsoft Sebut Akan Ada LTSC Untuk Windows 11, Namun Masih Tiga Tahunan Lagi

Microsoft: LTSC Untuk Windows 11, Masih Tiga Tahunan Lagi

NESABAMEDIA.COMMicrosoft secara resmi mengungkap keberadaan Windows 11 bulan lalu, memamerkan perubahan pada antarmuka yang menjadi bagian dari perubahan besar ke Windows, selain perubahan lainnya seperti adanya dukungan aplikasi Android.

Mereka juga membagikan informasi mengenai siklus dukungan dan layanan sistem operasi itu, yang menyebut bahwa Windows 11 akan mengalami pembaruan tahunan atau satu tahun sekali, tidak seperti Windows 10. Microsoft juga mengklarifikasi mengenai persyaratan minimal yang dibutuhkan yang menjadi topik pembahasan panas sejak Windows 11 diluncurkan.

Untuk Windows 10, Microsoft baru-baru ini memberikan detail mengenai fitur yang akan ditambahkan ke versi 21H2, yang merupakan pembaruan utama berikutnya di Windows 10, yang merupakan pembaruan dengan paket pengaktifan. Sebagai bagian dari pengumuman itu, Microsoft juga mengkonfirmasi bahwa versi Long Term Servicing Channel (LTSC) akan berbasis pada Windows 10 21H2 dan akan dirilis akhir tahun ini. 

Namun, tidak ada informasi mengenai LTSC dari Windows 11 yang diumumkan Microsoft. Hal itu berubah kemarin, di mana Microsoft kemudian memberikan pengumuman susulan saat event AMA yang mengungkap perilisan dari LTSC setelah didasarkan pada 21H2 akan didasarkan pada Windows 11. 

“Kami mengumumkan Windows LTSC berikutnya akan dibangun dari Windows 10 versi 21H2, dan ya itu merupakan siklus dukungan 5 tahun. Kami berharap bahwa LTSC berikutnya setelah Windows 10 Enterprise LTSC 2021 akan berbasis pada Windows 11. Dan itu juga akan menggunakan siklus dukungan 5 tahun. Namun, hal itu baru akan dilakukan dalam 3 tahun mendatang, jadi apapun bisa terjadi dalam kurun waktu tersebut. Jika anda ingin menggunakan versi LTSC untuk periode yang lebih lama, kami merekomendasikan untuk beralih ke Windows 10 Iot LTSC,” ungkap Microsoft.

Microsoft baru-baru ini juga telah merevisi siklus periode dukungan untuk Windows LTSC dari 10 tahun menjadi 5 tahun, dengan rilisan tahun 2021 yang menjadi pertama mendapatkan perubahan siklus itu. Rilisan saat ini berbasis pada versi Windows 10 1809, dan versi ini tidak akan terdampak perubahan hingga tahun 2029 mendatang. Dengan versi 2021, sepertinya dukungan hanya akan diberikan sampai tahun 2026. 

Akan sangat menarik untuk melihat linimasa rilisan LTSC untuk versi yang berbasis Windows 11 nantinya. Namun tidak seperti Windows 10, versi pertama dari Windows 11 akan dirilis akhir tahun ini tidak akan ditemani oleh rilisan LTSC terkait dan itu setidaknya baru akan ada tiga tahun mendatang. 

Leave a Reply

Send this to a friend