• Our Partners:

Microsoft Mau Modernisasi WPF di Windows 11 24H2

Microsoft tahun ini memang memiliki cukup banyak rencana yang akan mereka sahkan, salah satunya ialah membawakan peningkatan di aplikasi yang berjalan di sistem Windows menggunakan Windows Presentation Fondation atau WPF.

Perubahan desain mungkin akan mereka siarkan mendekati perubahan rilis nanti, sekedar informasi bahwa WPF sendiri adalah sistem yang bekerja di .NET yang lagi-lagi memang tengah dikembangkan oleh Microsoft untuk meratakan aksesnya.

In Summarize, seorang developer yang ingin mengembangkan aplikasi mereka di sistem operasi Windows 11 bisa dengan mudah menggunakan pengembangan bahasa .NET. Mereka bisa mengembangkan UI yang bekerja di Windows 11.

Saat ini penggunaan WPF adalah cara kerja eksklusif yang sudah banyak digunakan oleh berbagai platform dalam pengembangan Apps di Windows 11. Layanan seperti Spotify, Phone Link hingga Visual Studio Community juga menggunakan WPF.

Mengapa harus menggunakan WPF? Microsoft mulai mengembangkan aplikasi mereka dan UI menggunakan WPF, agar pengalaman pengguna bisa sama maka developer diwajibkan mengubah UI mereka menggunakan format WPF.

Setelah kami mencoba mempelajarinya, ternyata Windows 11 UI memang lebih menekankan dengan perubahan warna dan tema, yang disebut dengan Theming. Perubahan ini diwajibkan bisa diterapkan ke berbagai macam aplikasi.

Mereka yang tidak menggunakan WPF tentunya akan terkendala, aplikasinya tidak bisa menerapkan Theming seperti yang dimiliki oleh Microsoft. Contoh paling mudah ialah Rounded Corner yang hadir di WinUI.

Windows 11 juga menggunakan Scheme Color yang lebih banyak ketimbang versi sebelumnya, dengan WPF maka Microsoft bisa memberikan akses WinUI dengan Scheme Color yang lebih merata, bahkan hal ini lebih mudah ketimbang developer harus mengubah secara penuh.

Beberapa sumber juga setuju mengatakan bahwa WPF menjadi solusi untuk memperbaiki banya bug dan masalah UI di Windows 11, khususnya aplikasi di luar Win32.

“WPF is far from perfect on Windows 11, but Microsoft doesn’t want it to remain the same. During Build 2024 developer conference, Microsoft touted WPF and WinAppSDK as the future of Windows apps. These new plans will improve the overall framework while identifying and fixing any issues that pop up in the future.” Dilansir dari Windows Latest.

Gimana menurutmu? Mana yang lebih kamu suka? Windows 11 di masa tanpa WinUI atau WinUI? Tulis di kolom komentar ya.

Download berbagai jenis aplikasi terbaru, mulai dari aplikasi windows, android, driver dan sistem operasi secara gratis hanya di Nesabamedia.com:

Download Software Windows

Download Aplikasi Android

Download Driver Printer

Download Sistem Operasi

Hudalil Mustakim

Hudalil Mustakim, lebih akrab dipanggil Alil. Saya seorang Content Writer yang cukup lama bergelut dalam bidang ini, saya menyukai hal baru khususnya dalam menulis berbagai macam gaya penulisan artikel yang bervariasi.

Subscribe
Notify of
guest

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments