Microsoft OneDrive Kini Tersedia Dalam Versi PWA

Microsoft OneDrive Kini Tersedia Dalam Versi PWA

NESABAMEDIA.COMMicrosoft OneDrive sekarang telah menjadi aplikasi web progresif (PWA). Langkah ini memungkinkan situs web terasa sedikit lebih seperti aplikasi asli. OneDrive kini bisa “dipasang” melalui browser Microsoft Edge untuk kemudian dibuka di jendelanya sendiri. PWA OneDrive juga dapat diatur untuk meluncur atau terbuka secara otomatis saat perangkat PC dihidupkan. Pengguna juga dapat menyematkan PWA ke Start Menu atau Taskbar di Windows.

Aaron Gustafson, manajer program utama tim Microsoft Edge, membagikan berita tersebut di Twitter.

Gambar Gustafson menunjukkan OneDrive versi PWA di perangkat Mac, tetapi pesan serupa juga muncul saat menavigasi ke situs di perangkat PC Windows 10.

Sama seperti situs web OneDrive, PWA tidak akan menggantikan klien sinkronisasi OneDrive. Jika pengguna ingin file OneDrive muncul dan disinkronkan melalui File Explorer, mereka harus menggunakan klien sinkronisasi OneDrive yang telah disertakan dengan Windows 10.

Microsoft juga memiliki aplikasi OneDrive di Microsoft Store yang menyediakan banyak fungsi yang sama seperti aplikasi web progresif OneDrive.

Menariknya, Gustafson juga membahas mengenai API Filesystem Access yang akan datang. Ini bisa digunakan untuk memungkinkan OneDrive PWA menyinkronkan file di PC, tetapi tim di belakang OneDrive mungkin lebih memilih untuk tidak menggunakannya.

“API Filesystem Access akan hadir, tapi saya tidak menyebutkan bahwa API itu akan digunakan, namun ini bisa saja digunakan dengan kasus semacam itu. Dan terakhir ketika saya memperhatikan percakapan yang terjadi, saya rasa mereka lebih memilih untuk kemungkinan pemberian izin akses dari pengguna yang lebih lama dari tab browser,” kata Gustafson.

Anda dapat memasang OneDrive PWA dengan mengikuti langkah-langkah berikut:

  • Buka halaman onedrive.live.com.
  • Klik ikon di address bar yang terlihat seperti kotak dengan ikon plus.
  • Klik Instal

Meskipun sekarang ini sudah ada beberapa cara untuk menggunakan OneDrive, aplikasi web progresifnya dapat berguna dalam situasi di mana seseorang diblokir atau tidak mendapatkan akses untuk memasang aplikasi melalui Microsoft Store.

Leave a Reply

Send this to a friend