• Our Partners:

Windows 10 Update Bikin Error

Microsoft Peringatkan Pengguna, Update Terbaru Windows 10 Bisa Bikin Perangkat Error

NESABAMEDIA.COMSejumlah pengguna Windows 10 mengaku telah mendapatkan peringatan terkait update terbaru dari Microsoft. Peringatan itu terkait efek dari pembaruan yang bisa memunculkan terjadinya Blue Screen of Death (BSOD) dan sejumlah error lainnya pada perangkat pengguna.

Bulan ini, seperti yang sudah diketahui ada dua patch yang dirilis untuk update pada Windows 10, yakni KB4571756 dan KB4574727. Memang setiap ada pembaruan patch, pengguna disarankan untuk segera melakukan update, namun kali ini justru diperingatkan untuk berhati-hati saat mengupdate.

Pasalnya, setelah melakukan pembaruan, banyak laporan yang muncul terkait sejumlah error akibat dari pembaruan KB4571756 dan KB4574727. 

Permasalahan yang muncul itu yakni mulai dari masalah performa, gagal login, Start Menu mengalami crash hingga masalah serius BSOD. Sejumlah pengguna lain malah mengalami error yang cukup aneh, yakni mereka tidak lagi bisa melakukan unduhan update terbaru Windows setelahnya.

“Saya mengalami stuck pada pembaruan versi 10.0.19041.388. Sebab setiap kali melakukan unduhan patch, selalu muncul error dengan pesan bahwa file yang diunduh mengalami kerusakan dan hilang,” ungkap salah satu pengguna Windows 10.

“Saya sudah mencoba melakukan Chkdsk, restart ulang Windows, merestart Action Center. Anehnya saya juga tidak bisa mengganti nama pada file Usrclass.dat karena file tersebut dianggap masih berjalan oleh sistem,” keluh pengguna lainnya.

Pihak Microsoft memberikan penjelasan mengenai permasalahan ini. Pihaknya mengaku, kasus ini merupakan kasus lama dan sudah mendapatkan perbaikan pada awal tahun. Namun pihaknya mengaku cukup kaget, karena ternyata kasus ini muncul kembali sejak perilisan patch untuk bulan September ini. 

Microsoft pun menyarankan, untuk sementara ini agar melakukan uninstall pada patch KB4571756 dan KB4574727, hingga pihaknya bisa mendapatkan solusi yang konkrit. 

Pada kesempatan lain, Microsoft juga menyarankan agar para pengguna untuk segera mengganti versi build Windows 10 mereka ke versi terbaru. Karena sejumlah versi build pada Windows 10 yang sudah lama, tidak akan lagi mendapatkan bantuan dari Microsoft.

Salah satunya adalah Windows 10 versi build 1903 yang sudah berada pada masa akhir layanannya. Setelah 8 Desember 2020 ini, versi build tersebut tidak akan mendapatkan pembaruan lagi dari Microsoft, sehingga pengguna yang masih menggunakan versi tersebut sangat rentan untuk mengalami sejumlah error dan keamanan perangkat akan sangat rentan.

Leave a Reply

Send this to a friend