Microsoft Perkenalan Fitur Eco Mode di Task Manager Windows 10

Microsoft Perkenalkan Fitur Eco Mode di Task Manager Windows 10

NESABAMEDIA.COMPara pengguna yang telah bergabung di program Windows Insider mendapatkan sebuah Build Pratinjau baru untuk cabang Windows 10 yang akan datang. Salah satu di dalamnya yang paling menonjol adalah alat baru untuk Task Manager. Dikenal dengan nama Eco Mode, fitur ini akan membantu mengurangi penggunaan baterai untuk perangkat laptop.

Manfaat utama yang ditawarkan dengan Eco Mode di Task Manager ini adalah membantu Windows 10 bekerja lebih baik dengan menjalankan aplikasi tertentu dalam mode semacam penghematan sumber daya. Sekarang ini, fitur tersebut dijalankan sebagai bagian dari Pratinjau Windows 10 Build 21364 dan dilabeli sebagai fitur eksperimental atau uji coba.

Pembaruan Pratinjau tersebut sepertinya tidak hanya untuk Windows 10 21H2 saja, tetapi mungkin juga untuk rilisan 22H1 di tahun depan. Dengan kata lain, kemungkinan fitur Eco Mode itu baru bisa digunakan setelah pembaruan Sun Valley. 

Lebih lanjut, untuk saat ini fitur tersebut pun hanya tersedia untuk sebagian kecil pengguna yang ada di Windows Insider. Microsoft mengatakan fitur tersebut akan menjangkau semua pengguna di kanal Pengembang (Dev Channel) secara bertahap.

Windows Task Manager sendiri merupakan sebuah hub atau terminal yang menyoroti semua proses yang sedang berjalan di Windows 10, menampilkan detail seperti penggunaan disk, memori, dan beban CPU. Fitur Eco Mode bisa digunakan pada aplikasi yang menghabiskan paling banyak sumber daya.

“Ketika Eco Mode diaktifkan dalam sebuah proses, ini akan mengurangi prioritas dasar pemrosesan menjadi paling rendah, atau juga bisa menyetel QoS mode menjadi EcoQoS. Prioritas rendah akan memastikan bahwa proses yang sedang berjalan tidak mengganggu prioritas lebih tinggi yang sedang aktif digunakan pengguna. EcoQoS memastikan proses itu dieksekusi dengan tingkat penggunaan daya paling efisien. Ini bisa berarti menjalankan prosesor dengan frekuensi lebih rendah untuk menghemat daya, serta juga membantu meningkatkan pengaturan panas dari CPU,” ungkap Microsoft.

Microsoft mengklaim bahwa fitur ini telah memberikan peningkatan hingga 4 kali lipat dalam responsivitas antarmuka atau 76 persen penghematan sumber daya sebuah proses ketika Eco Mode diaktifkan. Untuk aplikasi umum seperti Microsoft Word, Microsoft mengklaim terjadi peningkatan kecepatan sebesar 52 persen, dan untuk browser Edge terjadi peningkatan kecepatan sebesar 49 persen.

Untuk tahapan pengembagan awal saat ini, Eco Mode hanya akan menjadi sebuah alat yang berfokus pada peningkatan CPU. Seiring perkembangannya nanti, Microsoft akan menambahkan sumber daya sistem lainnya. 

Subscribe
Notify of
guest

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Send this to a friend