Isu Windows 10 Layar Eksternal Hitam

Microsoft Rilis Perbaikan Untuk Isu Layar Eksternal Yang Menjadi Hitam

NESABAMEDIA.COMMicrosoft mengatakan bahwa pihaknya telah melakukan perbaikan pada bug di perangkat Windows 10 versi 2004. Masalah ini telah muncul sejak bulan Juni lalu, dan Microsoft baru bisa merilis perbaikannya kemarin. Adapun bug yang dimaksud adalah layar eksternal yang berubah menjadi hitam ketika pengguna menggambar menggunakan aplikasi tertentu, seperti Word dan Whiteboard.

Setelah layar monitor eksternal berubah menjadi hitam, pengguna juga akan mendapati kartu grafis mereka mendapatkan tanda sedang mengalami masalah serius di bagian Device Manager Windows 10, seperti yang dijelaskan Microsoft dalam postingan di website mereka.

Lebih lanjut Microsoft mengatakan, apabila pengguna juga menggunakan layar monitor built-in seperti Laptop atau Tablet, dan kemudian menghubungkan dengan monitor eksternal sebagai duplikasi dari monitor utama, pengguna akan mendapati kedua monitor mereka mengalami flickering. Selanjutnya, layar monitor eksternal akan berubah menjadi gelap.

Masalah ini terjadi ketika pengguna menggambar menggunakan aplikasi Office seperti Word dan Whiteboard. Namun tidak hanya itu, sejumlah aplikasi lain yang juga memungkinkan pengguna menggambar digital akan mengalami hal serupa. Saat pengguna mengecek ke Device Manager, akan muncul icon ‘warning’ berupa tanda segitiga kuning dan tanda seru di samping Graphic Controller. 

Sebenarnya, pada bulan lalu Microsoft telah merilis pembaruan untuk mengatasi masalah ini dengan KB4577063. Namun hanya sebatas saran yang mendokumentasikan untuk masalah tersebut di tanggal 28 Oktober saja. Pembaruan peninjauan C Oktober juga hadir dengan perbaikan untuk masalah di jaringan WWAN LTE Internet  dan Windows Subsystem for Linux 2 (WSL2). 

Pengguna yang mengalami masalah dengan monitor eksternal dan tidak dapat melakukan pembaruan KB4577063 masih bisa melakukan perbaikan, dengan cara melakukan restart pada perangkat komputer. Begitu selesai melakukan restart, bisa dipastikan aplikasi menggambar dan monitor eksternal bisa berjalan normal kembali.

Sementara itu masalah lain yang sudah terkonfirmasi oleh pihak Microsoft, yakni pengguna yang tidak bisa melakukan pembaruan ke versi Windows 10 terbaru, masih dalam proses investigasi mendalam. Pengguna yang gagal memperbarui versi sistem operasi mereka adalah yang menggunakan versi Windows 10 1903 dan 1909. 

Kemudian juga ada masalah baru yang muncul yakni soal sertifikasi Windows 10 pengguna yang hilang setelah melakukan pembaruan ke versi 20H2.

Bambang

Pernah menjadi jurnalis dan juga Social Media Manager di Merdeka.com selama lebih dari 2 tahun, sebelum akhirnya mengerjakan sejumlah proyek website yang dioptimasi dan dimonetisasi Google Adsense. 

Kini sedang aktif dalam pembuatan konten Youtube dokumenter bertema sosial serta menjadi penulis konten untuk sejumlah website. 

Leave a Reply

Send this to a friend