• Our Partners:

Microsoft Project OneFuzz Open Source

Microsoft Rilis Project OneFuzz Secara Open Source

NESABAMEDIA.COMProject OneFuzz selama ini telah banyak membantu Microsoft untuk memperkuat Windows 10, untuk mendeteksi adanya celah keamanan dan juga bug secara otomatis. Kini Microsoft mengumumkan bahwa Project OneFuzz telah tersedia dalam bentuk open source

Project OneFuzz menggunakan framework yang juga digunakan pada Azure serta menjadi andalan Microsoft untuk menganalisa tingkat keamanan beragam produk mereka seperti Windows 10, Edge dan banyak lagi yang lainnya.

Perilisan OneFuzz menjadi produk open source ini merupakan bagian dari perwujudan janji Microsoft yang mereka kemukakan pada awal tahun ini, yang sebelumnya merupakan bagian dari layanan Microsoft Security Risk Detection (MSRD) menjadi layanan yang terotomatisasi dan open source.

Lebih lanjut, dalam postingan blognya, Microsoft mengatakan bahwa Project OneFuzz sudah bisa digunakan secara bebas dan cuma-cuma oleh para developer. 

Microsoft juga mengatakan bahwa kemajuan dalam teknologi dunia pemrograman kompilator, menjadikan Project OneFuzz menjadi sebuah program peninjauan celah keamanan yang jauh lebih murah dan memberikan akses yang lebih luas daripada sebelumnya.

Pihaknya juga mengapresiasi apa yang sudah dilakukan Google sebelumnya dengan sejumlah program-program yang sudah dirilis secara open source. Yang memberikan banyak manfaat dalam kehidupan seperti, program pendeteksi kecelakaan, hingga pengolahan serta input data.

“Metode yang tersedia pada OneFuzz ini memiliki tingkat efektifitas yang sangat tinggi untuk meningkatkan keamanan dan kehandalan kode-kode native, sebagai alternatif dari sistem keamanan yang jauh lebih mahal dan kompleks,” ungkap divisi keamanan siber Microsoft.

Mereka berharap dengan dirilisnya OneFuzz secara open source, bisa meningkatkan peran serta para developer di seluruh dunia dalam pendeteksian celah keamanan dan bugs. Sehingga masalah pada keamanan siber bisa diketahui lebih dini, dan kemudian para teknisi bisa dengan segera menutup celah keamanan tersebut.

Program tersebut bisa melaporkan hasil dari pengujian celah keamanan, mulai dari beberapa mesin atau server virtual hingga ribuan core hanya dengan satu kode perintah saja. 

Saat ini program OneFuzz sudah bisa diunduh secara bebas melalui Github. Dirilis dalam lisensi dari MIT dan akan mendapatkan pembaruan secara rutin dari Microsoft.

Leave a Reply

Send this to a friend