Layanan Microsoft Cloud PC

Microsoft Tidak Sengaja Bocorkan Proyek Misterius Cloud PC

layanan cloudSejumlah rumor mengungkapkan bahwa Microsoft secara diam-diam mengembangkan layanan Cloud PC dan teknologi yang mendasarinya akan mendukung streaming aplikasi Win32 di Windows 10X. Referensi dari proyek Cloud PC ini pertama kali ditemukan pada halaman lowongan pekerjaan di LinkedIn. Meski sangat sedikit sekali informasi yang bisa diambil, namun sebuah bocoran baru mengkonfirmasi soal adanya pengembangan proyek Cloud PC tersebut.

Cloud PC merupakan layanan yang dibangun dengan basis Windows Virtual Desktop untuk menjadikan Windows sebagai sebuah layanan. Layanan ini pada dasarnya ditujukan untuk layanan bisnis dan Microsoft mengatakan bahwa pihaknya yang akan menangani kebutuhan perusahaan, sehingga perusahaan tidak perlu lagi mengurusi masalah Windows Update dan aplikasi-aplikasi di dalamnya.

Seperti nama yang dimilikinya, Cloud PC menghadirkan desktop pribadi pengguna ke layanan Microsoft Azure Cloud dan memungkinkan pengguna untuk mengaksesnya secara jarak jauh layanan itu dari manapun dan menggunakan perangkat apapun, termasuk perangkat Android maupun perangkat iOS.

Dalam sebuah dokumen resmi, Microsoft secara tidak sengaja mengkonfirmasi bahwa pihaknya tengah mengerjakan proyek Cloud PC. Ini adalah kali pertama Microsoft menyebut nama Cloud PC ke publik secara gamblang untuk platform mereka sendiri, dan menjelaskan secara sederhana bahwa itu adalah “template dasar keamanan Cloud PC.”

Dokumen resmi tersebut bisa diakses secara online sejak pekan kemarin, dan referensi Microsoft untuk perangkat lunak tersebut masih menjadi misteri hingga sekarang. Berikut ini wujudnya.

"<yoastmark

Cloud PC secara garis besar berarti bahwa sistem operasi Windows 10 pengguna akan berada di layanan cloud, sehingga pengguna bisa mengaksesnya dari mana saja secara jarak jauh. Seperti yang sudah dijelaskan di atas, layanan ini ditujukan untuk pengguna bisnis, akan tetapi Windows 10X juga akan dirilis dengan dukungan teknologi yang sama agar bisa menjalankan aplikasi berbasis Win32 melalui layanan Microsoft Cloud.

Idenya memang sangat mirip dengan Windows Virtual Desktop, namun teknologi yang digunakan jauh lebih maju dan mudah untuk digunakan, berkat adanya layanan Microsoft Azure. 

Kabar mengenai layanan Cloud PC milik Microsoft ini memang sudah beredar dalam sebuah rumor selama beberapa bulan terakhir. Jadi kemungkinan akan dirilis setidaknya pada awal tahun 2021. Sementera itu Windows 10X juga akan dirilis pada periode yang sama. 

Bambang

Pernah menjadi jurnalis dan juga Social Media Manager di Merdeka.com selama lebih dari 2 tahun, sebelum akhirnya mengerjakan sejumlah proyek website yang dioptimasi dan dimonetisasi Google Adsense. 

Kini sedang aktif dalam pembuatan konten Youtube dokumenter bertema sosial serta menjadi penulis konten untuk sejumlah website. 

Leave a Reply

Send this to a friend