Microsoft VBS Turunkan Kinerja Gaming di Windows 11

Microsoft VBS Turunkan Kinerja Gaming di Windows 11

NESABAMEDIA.COMSemua orang yang tahu tentang Windows 11, pasti paham bahwa sistem operasi baru Microsoft itu menerapkan persyaratan yang sangat ketat, di mana harus memiliki TPM 2.0, Secure Boot dan prosesor yang telah terdaftar dalam katalog dukungan Microsoft. 

Ada beberapa PC, seperti seri Ryzen 1000 AMD atau CPU Intel generasi ke-6/7, yang mampu mengaktifkan TPM 2.0 dan Secure Boot tetapi masih belum terdaftar sebagai perangkat keras yang didukung. Itu karena prosesor yang lebih tua ini tidak memiliki Mode Based Execution Control (MBEC) dan karenanya menunjukkan dampak yang lebih besar pada kinerja saat menjalankan Virtualization Based Security (VBS) Microsoft.

Benchmark UL, pencipta 3DMark yang populer itu, telah mencatat bahwa mungkin ada dampak pada kinerja, terutama yang terkait dengan tugas-tugas game, karena VBS. Mereka menyatakan:

“Dalam pengujian kami dengan build pra-rilis Windows 11, fitur VBS menyebabkan kinerja perangkat menurun. VBS diaktifkan secara default setelah pemasangan bersih Windows 11, tetapi tidak saat memutakhirkan dari Windows 10. Ini berarti sistem yang sama bisa mendapatkan skor benchmark yang berbeda tergantung pada bagaimana Windows 11 dipasang dan apakah VBS diaktifkan atau tidak.”

Mereka pun juga menjelaskan bahwa nanti akan memperbarui program benchmark-nya untuk mendeteksi VBS pada sistem pengguna, sehingga perbandingan dapat dibuat dengan dasar yang sama.

Untuk menguji klaim UL, beberapa perusahaan lainnya menjalankan beberapa benchmark game dan juga 3DMark Time Spy. Kedua publikasi diuji menggunakan perangkat keras yang berbeda dan beberapa game yang berbeda. Tetapi meskipun perangkat kerasnya mungkin tidak sama, kedua CPU tersebut secara resmi didukung oleh Microsoft dan mereka dapat menggunakan MBEC. Jadi di atas kertas, dampak dari VBS seharusnya rendah.

Kesimpulan dari hasil pengujian tersebut adalah bahwa dampak pada kinerja jauh lebih besar dalam game, meskipun menjalankannya dengan GPU RTX 3060 Ti pada layar 1440p. Dilaporkan adanya penurunan hingga 28% dalam kasus game Shadow of the Tomb Raider. Sementara hasil pengujian lainnya menunjukkan dampak yang jauh lebih rendah di game secara keseluruhan. 

Penguji mengatakan bahwa proses pengujian dilakukan menggunakan saluran Beta build 22000.194 yang lebih sesuai dengan versi publik Windows 11. Lalu untuk pengujian lain mengukur dampak VBS pada versi build 22463 di kanal Pengembang dan Microsoft telah mengklarifikasi bahwa build Pengembang ini akan sangat berbeda dengan versi rilisan publik.

Jadi perbedaan ini mungkin menunjukkan bahwa VBS belum benar-benar dioptimalkan untuk memanfaatkan CPU yang lebih baru dalam versi rilis Windows 11 (Beta), setidaknya dalam kasus game. Namun, mungkin ada alasan lain yang juga berperan dalam masalah ini.

Untuk mengetahui informasi terkini seputar Windows, bisa mengunjungi link berikut ini:

Berita Terkini Seputar Windows

Kumpulan Tutorial Windows 10

Leave a Reply

Send this to a friend