Microsoft Windows Defender, Jadi Antivirus Gratisan Terbaik

Microsoft Windows Defender Jadi Antivirus Gratisan Terbaik

Windows Defender, yang hadir secara pra-install di Windows 10 dan Windows 11, dinobatkan sebagai satu di antara antivirus terbaik tahun 2021. Ini berdasarkan dari data AV-TEST, sebuah institusi keamanan IT independen yang kerap melakukan beragam tes untuk merangking program antivirus berdasarkan kinerja, keamanan dan sejumlah faktor lainnya. 

Institusi yang berbasis di Jerman ini telah merilis daftar program antivirus terbaik mereka untuk bulan Oktober 2021. Perlu dicatat bahwa hasil pengujian ini ditujukan untuk pengguna Windows 10 dan mereka menguji sekitar 21 program keamanan dari beragam vendor, termasuk Norton, Kaspersky dan Microsoft. 

Dilaporkan bahwa AV-TEST menguji Windows Defender, Avira, McAfee, Avast, AVG dan sejumlah aplikasi antivirus lainnya melawan beragam aspek keamanan. Misalnya, mereka menguji program antivirus ini melawan malware Zero Day, serangan siber, email yang terinfeksi malware dan semacamnya. 

“Kami selalu menggunakan versi terbaru yang tersedia untuk publik untuk semua produk yang kami uji. Mereka diizinkan untuk memperbaruinya kapanpun dan menyiapkan layanannya melalui layanan cloud,” ungkap laporan tersebut. 

AV-TEST memiliki prosedur pengujian yang ketat dan Windows Defender di Windows 10 mendapatkan skor sempurna di semua kategori yakni, Perlindungan, Kinerja dan Kegunaan. Program antivirus lainnya seperti McAfee dan Avast juga mendapatkan poin tinggi, namun Windows Defender menjadi satu-satunya yang ditawarkan secara gratisan. 

Dalam pengujian yang dilakukan, masing-masing produk mendapatkan nilai maksimal 6 point untuk masing-masing kategori. Seperti yang terlihat dalam daftar di atas, Windows Defender mendapatkan 18 poin dan ini adalah nilai yang sempurna, menjadikannya sebagai program keamanan terbaik untuk Windows 10 dan juga Windows 11.

Daftar Ranking Antivirus AV-Test

Daftar Ranking Antivirus AV-Test

Sebagai bagian dalam upaya meningkatkan keamanan antar-platform, Microsoft juga dilaporkan sedang mengerjakan sebuah terminal keamanan baru. Ini bernama Microsoft Defender Preview, dan akan memungkinkan pengguna untuk mengawasi perangkat Windows 11, Mac dan smartphone, termasuk Android dan iOS. 

Dengan aplikasi baru yang terintegrasi ini, pengguna akan bisa mengawasi masalah antivirus, ancaman phishing, pembobolan kata sandi dan tindakan yang merugikan lainnya di semua perangkat desktop dan mobile. 

Microsoft Defender akan mendukung dashboard baru yang dipersonalisasi, memungkinkan pengguna untuk melihat status keamanan dari perangkat Windows dan semua perangkat yang terhubung dalam satu tempat. Dari informasi yang didapat nesabamedia.com, aplikasi Windows Defender ini memiliki kode nama Gibraltar, dan saat ini dalam tahap pengembangan.

Subscribe
Notify of
guest

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Send this to a friend