• Our Partners:

Microsoft Teams Aplikasi Video Conference

Microsoft Yakin Fitur Terbaru Pada Teams Mampu Rontokkan Zoom

NESABAMEDIA.COMMicrosoft merilis sejumlah fitur baru pada aplikasi video conference Teams, yang mereka yakini bisa bersaing atau bahkan mengalahkan dominasi Zoom. Setelah fitur pengaturan posisi layar antarmuka, kini fitur baru juga kembali hadir di aplikasi tersebut. Dalam pembaruan itu, Teams bisa menampung hingga 300 peserta dalam satu sesi video call.

Manager Produksi Mike Tholfsen mengkonfirmasi hadirnya fitur istimewa itu melalui unggahan di akun Twitternya. Dia menyebutkan fitur daya tampung hingga 300 peserta itu sebenarnya sudah ada di roadmap pembaruan aplikasi Teams. Dengan daya tampung yang cukup besar itu, memungkinkan perusahaan atau organisasi mengadakan meeting dengan skala besar secara virtual.

Jika dibandingkan dengan kompetitornya yakni Zoom, aplikasi yang sedang mendominasi pasar video conference itu hanya mampu menampung 100 orang peserta. Memang bisa diupgrade hingga bisa menampung 500 orang, namun untuk hal itu membutuhkan add on tambahan.

Zoom selama ini memang terkenal sebagai aplikasi yang kaya akan fitur menarik. Sehingga tak heran, masih berada di puncak tangga kategori aplikasi video conference. Namun belakangan, reputasi aplikasi tersebut mulai mengalami penurunan, seiring banyaknya keluhan dari para pengguna terkait masalah keamanan mereka

Rupanya, permasalahan yang dihadapi oleh Zoom itu direspon secara apik oleh Microsoft. Pihaknya saat ini fokus pada sisi teknologi keamanan aplikasi Teams, yang kemudian dirilis bersamaan dengan sejumlah fitur lainnya. Sementara dari segi marketing mereka terus giat bergerilya untuk menorehkan rekor penjualan kepada publik dalam jumlah yang sangat masif.

Untuk mendukung sisi promo dan marketing, Microsoft menawarkan penggunaan aplikasi secara gratis yang lebih lama dibandingkan Zoom. Teams menawarkan penggunaan aplikasi secara cuma-cuma tanpa adanya batasan waktu. Sementara Zoom masa trial gratisnya terbatas hanya untuk 45 menit saja.

Respon pengguna terkait kompetisi kedua aplikasi ini pun cukup beragam. Mereka saat ini masih percaya kepada Zoom, namun tetap terus mencari alternatif aplikasi lain yang lebih baik. Pengguna mengungkapkan, saat menggunakan Teams untuk melakukan video conference, mereka seringkali merasa aplikasi itu terlalu lambat dan terkadang mendadak berhenti untuk beberapa saat. Namun tentu saja, hal ini sudah masuk dalam daftar optimasi yang sedang digodok oleh Microsoft.

Leave a Reply

Send this to a friend