Mozilla Firefox Kini Bisa Diunduh Lewat Microsoft Windows Store

Mozilla Firefox Kini Bisa Diunduh Lewat Microsoft Windows Store

Firefox sekarang tersedia untuk diunduh melalui Microsoft Windows Store oleh pengguna Windows 10 dan Windows 11. Ini adalah web browser utama pertama yang ditambahkan ke toko aplikasi itu setelah sebelumnya browser milik Opera ditambahkan pada akhir September lalu.

Sebelumnya, Mozilla tidak bisa membawa web browser-nya itu ke Microsoft Store karena kebijakan dari Microsoft yang mengharuskan semua browser yang diajukan untuk dimasukkan ke toko aplikasi miliknya, harus menggunakan mesin khusus yang disediakan oleh Windows.

“Sebelumnya, jika anda menggunakan Windows dan ingin menggunakan Firefox, anda harus mengunduhnya dari internet dan melalui proses yang cukup ribet, yang memang diterapkan semacam itu oleh Microsoft. Sekarang Microsoft telah mengubah kebijakan toko aplikasinya, dan memilih Firefox sebagai browser desktop anda kini menjadi hal yang lebih mudah, yang dilengkapi dengan semua fitur Firefox terbaru,” kata Mozilla menerangkan.

Firefox pada akhirnya mampu memberi pengguna Windows sebuah alternatif baru untuk browser web berbasis Chromium, mengingat ini adalah yang pertama di Microsoft Store yang menggunakan mesin peramban Gecko dengan open source.

Dengan menggunakan mesin mereka sendiri, Mozilla sepenuhnya akan bisa mengontrol pengalaman pengguna secara maksimal dan menghadirkan sejumlah fitur peningkatan privasi yang mumpuni dan handal seperti Total Cookie Protection, Enhanced Tracking Protection, Site Isolation, dan DNS over HTTPS.

Firefox juga dilengkapi dengan teknologi rendering dan pemuatan situs secepat kilat melalui WebRender dan Quantum CSS, dan memungkinkan pengguna untuk bisa mengontrol dan mengelola aktivitas streaming video mereka dengan fitur Multi Picture-in-Picture.

“Ini tidak hanya buruk untuk pengguna tetapi juga buruk untuk web karena itu berarti web di Windows 11 hanya akan memiliki fitur yang hanya boleh diizinkan oleh Microsoft. Pengguna pada dasarnya memiliki hak untuk memilih, dan kami senang kini mengunduh Mozilla di Windows semakin mudah,” tambah Mozilla.

Hubungan antara Mozilla dengan Microsoft terlihat semakin menguat, di mana pada bulan September lalu Mozilla melakukan uji coba menjadikan Bing sebagai mesin pencari default di browser Firefox.

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Send this to a friend