• Our Partners:

Misi Ke Bulan NASA

NASA Gelar Sayembara Bikin Toilet di Bulan Berhadiah 500 Juta

NESABAMEDIA.COMMisi perjalanan ke ruang angkasa yang dilakukan oleh NASA selama ini, utamanya berfokus pada masalah misi dan teknologi yang digunakan. Namun rupanya permasalahan sepele yang sudah menjadi kebiasaan di bumi, bisa sangat jauh berbeda dengan kondisi di ruang angkasa. 

Salah satunya adalah toilet untuk buang air para astronot. Sebab, jika tidak ada dukungan fasilitas toilet, maka proses berjalannya misi bisa sangat terganggu. Terlebih kondisi di Bulan yang memiliki gravitasi 0, tentu akan menjadi kendala tersendiri. 

Memahami permasalahan ini, pihak NASA pun mengharapkan datangnya ide yang bisa menjadi solusi permasalahan toilet dari siapapun. Akhirnya mereka menggelar sebuah sayembara, pembuatan desain dan sistem toilet yang bisa dipakai astronot saat menjalankan misi di ruang angkasa. 

Hadiah yang ditawarkan pun sangat menggiurkan. Pemenang berhak membawa pulang uang tunai sebesar USD 35 ribu atau sekitar Rp 500 juta. Desain dan teknologi toilet itu nantinya bakal digunakan dalam misi eksplorasi ke Bulan yang bakal dilakukan pada tahun 2024 mendatang.

Sebelumnya NASA dalam misi-misi perjalanan ke ruang angkasa memang sudah memiliki desain dan sistem pembuangan sendiri. Jadi kemungkinan desain dan sistem pembuangan yang bakal dipilih dalam sayembara ini, setidaknya memiliki kemiripan dengan toilet yang digunakan dalam proyek Artemis. 

Nantinya, toilet yang diminta oleh NASA itu harus bisa menghemat air seminim mungkin. Kemudian juga ramah lingkungan, tidak mengandung atau bisa menghasilkan material kontaminan berbahaya dan terakhir tentunya bebas dari bau. Akan ada bonus tambahan, jika toilet itu bisa menampung muntahan, tanpa kru harus mendekatkan kepala mereka ke toilet.

Dalam masalah survivalability, toilet juga harus mampu menampung kebutuhan dua orang astronot selama 14 hari di ruang angkasa. Sisi penyimpanan juga harus benar-benar diperhatikan, agar proses pembuangan limbah di dikumpulkan secara efisien untuk kemudian dibuang ke luar pesawat.

Untuk kebutuhan daya, toilet tersebut harus bisa beroperasional dengan daya tidak lebih dari 70 watt. Berat maksimal yang menjadi syarat adalah 15 kg dengan ukuran gravitasi Bumi. Sementara volume ukurannya maksimal sebesar 0,12 meter kubik. Persyaratan untuk ukuran ditujukan agar toilet bisa menyesuaikan dengan kondisi saat di ruang angkasa.

Kembali ke perihal hadiah yang ditawarkan, nantinya akan dipilih tiga pemenang. Masing-masing secara berurutan pemenang pertama mendapatkan USD 20 ribu, pemenang kedua USD 10 ribu dan pemenang ketiga mendapat USD 5 ribu. Paling lambat blueprint toilet itu diserahkan sampai dengan tanggal 17 Agustus dan pengumuman pemenang pada Oktober 2020.

Leave a Reply

Send this to a friend