OnePlus 10R Dirilis Kuartal Kedua 2022 Dengan Dimensity 9000

OnePlus 10R Dirilis Kuartal Kedua 2022 Dengan Dimensity 9000

NESABAMEDIA.COMPada akhir tahun lalu, OnePlus menguraikan strategi yang akan mereka ambil untuk peluncuran smartphone mereka berikutnya di masa mendatang. Seri smartphone flagship menjadi yang akan ditawarkan di puncak oleh OnePlus, dengan model seri R, OnePlus 9R dan 9RT ditargetkan untuk pasar domestik. Sedangkan seri Nord dan Nord CE ditujukan untuk kelas menengah sementara Nord N untuk kelas entry. 

Untuk mewujudkan perubahan ini, OnePlus melakukan sesuatu yang sedikit berbeda pada tahun ini. OnePlus 10 Pro sudah resmi dipasarkan di Cina, dengan jadwal peluncuran tiga bulan lebih awal daripada jadwal biasanya.

Smartphone flagship tersebut diatur sedemikian rupa untuk bisa hadir ke pasar global pada awal kuartal kedua tahun 2022, dan smartphone tersebut akan bergabung dengan dua model lainnya yakni OnePlus 10 standar dan OnePlus 10R. 

Sejumlah bocoran yang muncul awal bulan ini telah mengisyaratkan bahwa OnePlus 10 akan menggunakan chipset Dimensity 9000, namun bukan itu masalahnya. Informasi dari sumber orang dalam mengkonfirmasi bahwa adalah OnePlus 10R yang akan ditenagai oleh Dimensity 9000. Ini adalah sumber yang sama yang sebelumnya mengungkap bahwa Nord 2 menggunakan Dimensity 1200. Jadi informasi tersebut sangat kuat untuk bisa diyakini.

OnePlus secara eksklusif menawarkan chipset Snapdragon di smartphone mereka selama kurang lebih tujuh tahun. Namun dengan Nord 2, mereka beralih ke MediaTek Dimensity 1200. Tidak ada masalah apapun yang melatar belakangi peralihan itu, karena pada saat Nord 2 diluncurkan, OnePlus telah berkomitmen untuk menggunakan Dimensity 9000 di OnePlus 10R. 

Dimensity 9000 sendiri cukup menarik, karena memiliki potensi untuk bisa bersaing langsung dengan Snapdragon 8 Gen 1. Chipset itu memiliki konfigurasi inti yang sama dengan Cortex X2 dan A710 serta A510, dan juga ada Mali-G710 dengan 10 inti shader. 

Alasan kenapa OnePlus menggunakan Dimensity 9000 di OnePlus 10R dan bukan OnePlus 10, itu karena masalah wilayah, dalam hal ini adalah Amerika Utara. Pasalnya, Dimensity 9000 memiliki modem 5G terintegrasi dengan jaringan 5G global, namun itu terbatas pada Sub-6 dan kurangnya konektivitas mmWave.

Dengan jaringan di Amerika Serikat yang bergantung pada mmWave untuk mengcover 5G dan OnePlus yang cenderung memperkuat hubungannya dengan T-Mobile dan Verizon, kurangnya konektivitas mmWave membuat Dimensity 9000 tidak menjadi starter untuk wilayah tersebut.

Oleh karena itu, chipset tersebut justru menjalani debutnya di OnePlus 10R, yang akan terbatas untuk pasar Asia saja. Sementara untuk hardware lainnya, smartphone itu akan memiliki panel AMOLED, dengan setidaknya RAM 8GB dan penyimpanan 128GB. 

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments