Pabrik Oppo di Noida Mampu Produksi 1 Smartphone Dalam 3 Detik

Pabrik Oppo di Noida Mampu Produksi 1 Smartphone Dalam 3 Detik

NESABAMEDIA.COMBrand smartphone Oppo mengatakan bahwa mereka kini mampu memproduksi sebuah smartphone dalam setiap tiga detik di fasilitas produksi mereka yang memiliki luas 110 hektar di Noida. Oppo menjelaskan bahwa untuk memastikan rantai pasokan yang lancar, pabrik itu akan menyimpan bahan yang akan digunakan dalam produksi lebih dari 1,2 juta ponsel di dalam kurun waktu tertentu. 

“Dengan semakin bertumbuhnya popularitas dari smartphone Oppo, kami akan lebih jauh membangun kemampuan produksi kami untuk memenuhi kebutuhan yang terus meningkat. Kelincahan, inovasi, dan kreativitas akan menjadi kunci sukses bagi Oppo,” ungkap Presiden Oppo untuk India Elvis Zhou.

Dengan lebih dari 100 ribu pekerja, pabrik smartphone itu memproduksi lebih dari 60 juta unit smartphone dalam satu bulan ketika peak-season. Pabrik tersebut dibagi menjadi empat bagian gedung, yakni gedung untuk perakitan, gedung SMT (Surface Mount Technology) atau penerapan teknologi, gedung untuk penyimpanan, dan sebuah gedung untuk menyimpan pasokan. 

Mesin super yang ada di gedung SMT mampu menangani lebih dari 37 ribu komponen mikro setiap jam-nya, meningkatkan efisiensi dalam produksi. 

“Tidak peduli bagaimana kompleksnya sebuah PCB yang digunakan, melalui teknologi tingkat lanjut, tim kami mampu menyelesaikan sebuah Printed Circuit Board Assembly dalam waktu 6,25 detik saja,” kata Oppo menjelaskan. 

Gedung sebagai unit perakitan itu memiliki 52 baris dengan 37 stasiun perakitan dan 20 stasiun pengujian dan dapat mengirimkan ratusan komponen mikro ke 200 smartphone dalam waktu kurang dari 10 menit. 

“Integrasi dari teknologi tingkat tinggi dan kemampuan para pekerja kami yang memiliki keahlian tingkat tinggi juga, kreativitas dan skill kognitif memungkinkan kami memproduksi smartphone Oppo yang paling disukai para pengguna,” kata Zhou menambahkan. 

Berdasarkan laporan penjualan yang dirangkum oleh Statista, selama periode tahun 2019, Oppo tercatat mampu menjual lebih dari 114,4 juta unit smartphone. Jumlah tersebut tentunya terus bertambah, di mana pada kuartal kedua tahun 2020 saja mereka mampu menjual sebanyak 24 juta unit smartphone, meskipun kondisi ekonomi dunia sedang dilanda wabah pandemi. 

Leave a Reply

Send this to a friend