Intel Windows 10 Serangan Siber Metode Platypus

Patch Mikro Kode Intel Telah Dirilis Untuk Windows 10, Guna Hentikan Serangan Platypus

NESABAMEDIA.COMMicrosoft telah merilis batch baru pembaruan kode mikro chipset Intel untuk sistem operasi Windows 10 versi 20H2, 2004, 1909 dan versi lama lainnya, untuk menambal kerentanan yang ditemukan pada hardware Intel.

Selama ini, ketika Intel menemukan adanya bug atau kerentanan keamanan pada produk mereka, maka Intel akan merilis sebuah kode mikro yang memungkinkan sistem operasi untuk melakukan pengaturan khusus pada perilaku CPU untuk kemudian memperbaiki, atau setidaknya mengurangi bug yang ditemukan itu.

Sekelompok grup periset internasional dari Universitas Teknologi Graz, Pusat Keamanan CISPA Helmholtz, dan Universitas Birmingham mengungkap adanya celah keamanan pada CPU Intel yang kemudian mereka beri nama dengan kode Platypus.

Kerentanan keamanan itu ditemukan terdapat di bagian antarmuka Intel RAPL, Running Average Power Limit. Keberadaan program ini memungkinkan pengguna untuk memantau dan mengelola konsumsi daya yang didukung oleh CPU dan juga memori DRAM. 

Para peneliti itu kemudian menunjukkan bahwa mereka bisa saja memanfaatkan antarmuka RAPL itu untuk memonitor penggunaan daya monitor dan juga perintah yang dilakukan oleh CPU, sehingga mereka bisa dengan mudah mendapatkan data-data penting milik pengguna. 

Sebagai demonstrasinya, para peneliti itu kemudian menggambarkan bagaimana sebuah serangan Platypus itu bekerja dalam sebuah video yang bisa dilihat di bawah ini.

Terkait penemuan celah keamanan ini, Microsoft pun segera mengambil tindakan dengan merilis pembaruan kode mikro Intel sebagai penambal celah keamanan yang telah terdeteksi, termasuk Platypus di dalamnya. Listnya seperti yang dijelaskan berikut ini:

  • CVE-2020-8695 – Intel Running Average Power Limit (RAPL) Interface
  • CVE-2020-8696 – Vector Register Sampling Active
  • CVE-2020-8698 – Fast Store Forward Predictor

Adapun jenis chipset Intel yang telah mendapatkan perbaikan itu antara lain, Avoton, Sandy Bridge (E, EN, EP, EP4S), Sandy Bridge (E, EP), dan Valley View atau Baytrail. 

Jika jenis chipset Intel pengguna termasuk dalam daftar di atas, maka disarankan untuk segera melakukan pembaruan Windows 10, seperti yang sudah dirilis oleh Microsoft. Pengguna hanya tinggal mengeceknya di halaman pembaruan Windows di Settings.

Leave a Reply

Send this to a friend