Pembaruan Fitur Sleeping Tabs Dongkrak Kinerja Microsoft Edge

Pembaruan Fitur Sleeping Tabs Dongkrak Kinerja Microsoft Edge

Microsoft telah mengubah fitur Sleeping Tabs di Microsoft Edge untuk meningkatkan respon dan kinerja browser tersebut secara keseluruhan. Fitur ini mulai diluncurkan untuk pengguna Microsoft Edge yang menjalankan versi Beta 88 pada bulan Desember 2020, untuk secara drastis mengurangi penggunaan memori dan sumber daya CPU, empat bulan setelah peluncuran awal, pada bulan September 2020, sebagai percobaan. 

“Mulai di browser Microsoft Edge versi 100, kami telah memperbarui Sleeping Tabs untuk mengaktifkan halaman yang berbagi tab dengan halaman lain, menjadi dalam status tidur. Dengan perubahan ini, rata-rata 8% lebih banyak tab yang akan ditidurkan, menghemat lebih banyak sumber daya. Rata-rata setiap tab yang dalam status tidur akan menghemat 85% memori dan 99% CPU untuk Microsoft Edge,” ungkap Tim Microsoft Edge awal pekan ini.

Microsoft juga akan menambahkan dialog baru yang akan memberi pengguna gambaran umum tentang berapa banyak memori sistem yang disimpan oleh fitur Sleeping Tabs itu. Anda bisa membukanya dengan mengklik Performance di bawah menu kanan atas atau mengaktifkan tombol Performance pada toolbar Microsoft Edge, untuk mengakses info tersebut. 

Cara Kerja

Sleeping Tabs akan secara otomatis memaksa tab di latar belakang yang tidak aktif, menjadi dalam status tidur secara otomatis. Melepaskan sumber daya sistem setelah waktu yang telah ditentukan sebelumnya. Sumber daya ini akan dialihkan ke Tab yang aktif atau yang baru saja dibuka. 

Secara default, Tab yang tidak aktif akan ditidurkan setelah dua jam, namun anda bisa dengan mudah mengatur interval ini melalui halaman Settings di edge://settings/system. 

Mengaktifkan kembali tab yang dalam kondisi ditidurkan, hanya membutuhkan klik mouse, dan anda bisa menambahkan situs web yang tidak ingin ditidurkan oleh sistem, melalui daftar pemblokiran yang bisa diakses di halaman Settings yang sama.

“Sleeping Tabs ini dibangun di atas inti teknologi pembekuan yang ada di Chromium. Pembekuan akan menjeda penghitung waktu skrip tab untuk meminimalkan penggunaan sumber daya. Sleeping Tabs akan dilanjutkan secara otomatis saat diklik, yang berbeda dari tab yang ditutup, yang mengharuskan halaman dimuat ulang sepenuhnya,” terang Senior Program Manager Microsoft, Eleanor Huynh.

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Send this to a friend