Pembaruan Januari Sebabkan Masalah Netlogon di Windows Server

Pembaruan Januari Sebabkan Masalah Netlogon di Windows Server

NESABAMEDIA.COMMicrosoft mengatakan pembaruan keamanan Windows Server yang dirilis sejak Januari 2022 atau Patch Tuesday, mungkin menyebabkan aplikasi dan perangkat network mengalami masalah dalam membuat saluran aman Netlogon jika dipasang di pengendali domain atau Domain Controllers. 

Netlogon adalah sebuah antarmuka panggilan prosedur jarak jauh (RPC) dan proses Windows Server yang mengotentikasi layanan dan pengguna di jaringan berbasis domain Windows. Aplikasi atau perangkat jaringan yang terdampak, seperti Riverbed SteelHead WAN Optimizers, mungkin mengalami masalah ketika bergabung dengan domain atau mendapatkan pembatasan ketika terhubung ke sebuah domain Windows. 

Menurut Microsoft, skenario yang bergantung pada Read Only Domain Controllers (RODC) atau akun mesin sintetis RODC kemungkinan gagal untuk membangun saluran aman Netlogon. Pada perangkat yang terdampak, akun RODC harus terhubung dan memenuhi persyaratan akun KRBTGT agar berhasil membangun saluran aman Netlogon. 

“Aplikasi dan perangkat jaringan yang terdampak membutuhkan pembaruan dari pengembang atau produsen, untuk bisa mengatasi masalah ini,” kata Microsoft dalam dashboard pembaruan Windows. 

Platform Windows yang terdampak oleh masalah ini di antaranya adalah:

  • Windows Server 2022
  • Windows Server 2019
  • Windows Server 2016
  • Windows Server 2012 R2
  • Windows Server 2012
  • Windows Server 2008 R2 SP1
  • Windows Server 2008 SP2

Pihak Microsoft dan Riverbed saat ini masih melakukan investigasi terhadap masalah tersebut, dan tengah berupaya menyediakan pembaruan ketika ada informasi lanjutan yang telah tersedia. 

Dua minggu yang lalu, Microsoft telah memperbaiki sebuah bug Windows Active Directory yang juga muncul setelah dirilisnya pembaruan bulan Januari, menyebabkan masalah pada aplikasi .Net ketika mencoba mendapatkan atau menyetel Active Directory Forest Trust Information. 

Bulan lalu, Microsoft juga telah merilis serangkaian pembaruan OOB untuk memperbaiki beberapa masalah yang disebabkan oleh pembaruan Patch Tuesday bulan Januari 2022.

Masalah yang diperbaiki oleh pembaruan darurat itu terkait dengan Windows Server Domain Controllers yang mengalami restart tiba-tiba, jaringan VPN, Mesin Virtual yang tidak berjalan, termasuk juga masalah media ReFS formatted, yang gagal ketika hendak dipasang.

Subscribe
Notify of
guest

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Send this to a friend