Pembaruan Keandalan Pertama Windows 11 KB40023057 Dirilis

Pembaruan Keandalan Pertama Windows 11 KB40023057 Dirilis

Jika Windows 11 tidak dapat memasang pembaruan kumulatif dan pembaruan lainnya di perangkat, ada kemungkinan hal ini disebabkan oleh masalah pada perangkat lunak. Bug atau pengaturan Windows Update yang salah dikonfigurasi dapat membuat gagal pengguna saat mengambil peningkatan Windows 11 terbaru dari server Microsoft.

Untuk mengatasi masalah dengan Windows Update, Microsoft kini telah menerbitkan tambalan keandalan (Reliability Patch) pertama untuk Windows 11.

Pembaruan KB4023057, yang telah dirilis untuk Windows 10 di masa lalu, sekarang juga tersedia di Windows 11. Microsoft mendorong pembaruan Windows KB4023057 untuk sistem operasi baru yang akan mencoba memecahkan masalah yang dapat mencegah pembaruan di masa mendatang pada Windows 11.

Dalam buletin dukungan resminya, Microsoft menjelaskan pembaruan sebagai “Pembaruan untuk komponen Layanan Windows Update”. Ini mencakup peningkatan keandalan untuk Windows Update di semua versi Windows yang didukung, termasuk versi 1909, versi 2004, versi 21H1, dan yang lebih baru.

Microsoft telah mengkompilasi pembaruan yang sama untuk Windows 11 pada 27 Oktober dan itu mencakup sumber daya untuk mengatasi masalah yang mempengaruhi proses pembaruan. Saat melakukan pengujian, diketahui bahwa pembaruan dapat mengatur ulang nilai registri tertentu jika pembaruan mencegah pengunduhan.

Pembaruan KB4023057 juga akan membuat perubahan berikut:

  • Dapat mencoba mengatur ulang pengaturan jaringan. Ini akan dilakukan jika masalah terdeteksi oleh Windows Troubleshooter.
  • Microsoft akan menghapus kunci registri apa pun yang mencegah pembaruan diterapkan ke perangkat.
  • Akan memperbaiki komponen Windows Update yang rusak atau mencoba mengaktifkan kembali komponen atau layanan yang dinonaktifkan.
  • Jika penyimpanan perangkat tersisa sedikit, Microsoft juga akan mengompresi file tertentu di direktori profil pengguna dan mengosongkan ruang disk untuk memasang pembaruan penting.
  • Microsoft juga akan mencoba mengatur ulang basis data Windows Update dan memperbaiki masalah yang mencegah pembaruan Windows 11 pada perangkat. Dalam beberapa kasus, riwayat Windows Update di Control Panel akan dihapus.
  • Langkah troubleshooting lain yang akan dilakukan pembaruan ini bervariasi dari perangkat ke perangkat, tetapi anda dapat mengharapkan tambalan untuk membersihkan kunci registri jika salah dikonfigurasi oleh aplikasi pihak ketiga.

Cara Memasang Pembaruan KB4023057 di Windows 11

Pembaruan keandalan pertama Windows 11 diluncurkan secara bertahap dan akan terpasang secara otomatis pada perangkat di mana pembaruan diblokir karena masalah perangkat lunak.

Anda tidak memerlukan tambalan jika Windows Update berfungsi di perangkat, tetapi anda selalu dapat mengunduhnya dari Katalog Pembaruan Microsoft.

Pembaruan keandalan ini juga dirancang untuk mempersiapkan perangkat untuk rilis Windows 11 mendatang atau pembaruan kumulatif atau opsional besar.

Selain itu, Microsoft sedang bereksperimen dengan beberapa fitur baru untuk Windows Update di Windows 11. Misalnya, perusahaan sedang menguji “Update Stack Package”, yang dapat memberikan peningkatan khusus pada pengalaman Windows Update sebelum pembaruan bulanan atau fitur diunduh pada perangkat.

Demikian juga, Microsoft sedang mengerjakan paket layanan online baru untuk memperbarui fitur sistem tertentu seperti halaman aplikasi Settings tanpa merilis versi baru OS.

Untuk mengetahui informasi terkini seputar Windows, bisa mengunjungi link berikut ini:

Berita Terkini Seputar Windows

Kumpulan Tutorial Windows 10

Leave a Reply

Send this to a friend