Pembaruan Perbaikan Kerentanan PrintNightmare Justru Sebabkan Masalah Kinerja Game di Windows

Pembaruan Perbaikan Kerentanan PrintNightmare Justru Sebabkan Masalah Kinerja Game di Windows

NESABAMEDIA.COMKerentanan PrintNightmare terus menyebabkan keresahan bagi para pengguna Windows dan layanan milik Microsoft. Demikian pula, pembaruan keamanan yang coba dikirimkan untuk memperbaiki permasalahan bug PrintNightmare itu justru menambah kekecewaan pengguna, tak terkecuali dengan pembaruan keamanan Patch Tuesday bulan Agustus KB5005033 yang seakan mengulang siklus bermasalah itu.

Pengguna Windows 10 yang telah memasang pembaruan KB5005033 yang seharusnya memperbaiki kelemahan keamanan PrintNightmare, kembali melaporkan dampak efek samping yang tidak diinginkan. Di antara masalah yang dilaporkan adalah masalah dengan penurunan kinerja, terutama saat perangkat digunakan untuk bermain game.

Ini bukan pertama kalinya pembaruan untuk Windows menyebabkan penurunan kinerja game, dan tentu saja bukan pertama kalinya pembaruan terbukti bermasalah. Postingan di sejumlah forum komunitas online seperti Reddit, Twitter dan tentunya forum pengguna resmi Windows, keluhan banyak diungkapkan para pengguna game.

“Kinerja pada game menurun” kata seorang pengguna setelah memasang pembaruan KB5005033. Sementara pengguna yang lain mengeluhkan penurunan frame rate dalam game, pengalaman bermain game yang tersendat-sendat, dan banyak lagi.

Namun, tidak semua masalah terkait dengan game. Ada juga keluhan mengenai perangkat PC yang tiba-tiba saja mengalami freeze atau berhenti merespon secara tiba-tiba saat digunakan. Salah seorang pengguna lain mengatakan,”pembaruan Windows membuat sistem saya mengalami kerusakan fatal, tidak bisa digunakan sama sekali. Bahkan saya tidak bisa melakukan proses pemulihan untuk memperbaikinya”.

Masalah lain yang dilaporkan termasuk masalah dengan aplikasi Microsoft Store, masalah audio, dan koneksi jaringan yang rusak. Tentu saja, mungkin tidak semua masalah ini terkait dengan pembaruan, dan Microsoft belum secara resmi mengakui sejumlah keluhan yang diutarakan para pengguna itu sebagai masalah yang diketahui. Namun hal ini bisa saja berubah nantinya. 

Masalah pada kinerja game setelah memang pembaruan itu di sisi lain juga semakin menambah masalah kinerja game sebelumnya, yang sebenarnya sudah dicoba diperbaiki oleh Microsoft selama beberapa bulan terakhir. Microsoft bahkan menjanjikan bahwa perbaikan masalah pada game akan bisa diatasi pada pembaruan fitur berikutnya. 

Namun sepertinya hal itu akan semakin berat, karena belum juga pembaruan fitur itu muncul, pembaruan lain menambah masalah yang ada. 

Leave a Reply

Send this to a friend