Pembaruan Windows 10 Bulan April 2022 Dirilis, Ini Yang Baru, Ditingkatkan dan Diperbaiki

Pembaruan Windows 10 Bulan April 2022 Dirilis, Ini Yang Baru, Ditingkatkan dan Diperbaiki

NESABAMEDIA.COMPembaruan kumulatif Windows 10 bulan April 2022 kini telah tersedia dengan daftar panjang peningkatan untuk semua pengguna. Patch Tuesday bulan April 2022 ini merupakan rilisan besar dan ada banyak sekali perubahan mencolok, jika anda belum memasang pembaruan opsional bulan Maret 2022. 

Pembaruan Windows 10 bulan April 2022 memperbaiki kerentanan yang jumlahnya mencapai 119. Di antara banyak masalah keamanan ini, sebanyak 47 merupakan masalah Elevation of Privilege, 47 lainnya adalah kerentanan Eksekusi Kode Jarak Jauh dan ada 9 merupakan kerentanan Denial of Service. 

10 Masalah keamanan di antaranya memiliki status kritis, karena bisa dieksploitasi untuk menjalankan kode dari jarak jauh pada perangkat yang terdampak. Selain masalah yang disebutkan di atas, Microsoft juga telah memperbaiki 13 masalah kebocoran informasi, 3 Spoofing dan 26 masalah di Microsoft Edge. Pihaknya juga menyadari adanya 3 kerentanan bug Zero Day.

Pembaruan Windows 10 bulan April 2022 ini didasarkan pada versi asli Windows 10 versi 2004, dan dapat dipasang di semua versi yang dirilis setelah versi tersebut. Namun nomor revisi build akan berbeda untuk semua versi. Misalnya, jika anda menggunakan pembaruan bulan November 2021, anda akan mendapatkan build 19044.1645. Demikian juga, jika anda menggunakan pembaruan Mei 2021, anda akan mendapatkan build 19043.1645. 

Meskipun nomor buildnya berbeda, namun daftar perubahannya sama untuk semua versi Windows 10 yang mendapatkan pembaruan kali ini. Pasalnya, Microsoft telah berhenti memperlakukan rilisan Windows 10 baru sebagai rilisan utama, sejak diluncurkannya versi 2004 pada bulan Mei 2020. Windows 10 versi 21H2, 21H1 atau 20H2 semuanya dibangun dari versi 2004. 

Perubahan Yang Di Bawa

Patch Tuesday Windows 10 bulan April 2022 yang dirilis itu hadir dengan beberapa fitur baru, termasuk fitur Search Highlights. Fitur ini ditujukan untuk membuat halaman beranda pencarian Windows semakin menarik.

Seperti namanya, Search Highlights ini akan menampilkan konten yang terkait dengan minat pengguna, topik yang sedang trending di Bing, topik hari ini atau beberapa fakta menarik terkait hari ini. 

Selain itu, ada sejumlah perubahan lain di antaranya seperti:

  • Cara baru untuk mengubah warna dari tombol yang muncul di notifikasi. Ini akan membantu pengguna dalam mengidentifikasi skenario lebih mudah. Namun ini pada dasarnya bekerja pada aplikasi yang menggunakan notifikasi Windows, ketimbang penerapan tersendiri.
  • Anda kini bisa memperluas tiga notifikasi teratas aplikasi secara default di Action Center.
  • Bug telah diperbaiki, di mana Group Policy Services dapat berhenti memproses informasi telemetri untuk preferensi registry-nya.
  • Microsoft telah memperbaiki masalah yang mungkin membuat kebijakan resolusi kueri DNS Server tidak bekerja. 
  • Memperbaiki masalah yang mencegah dialog User Account Control (UAC) mendeteksi aplikasi yang memerlukan hak istimewa. 
  • Memperbaiki masalah yang mencegah Android masuk ke sejumlah aplikasi Microsoft, seperti Outlook atau Teams.

Masa Akhir Dukungan Windows 10 1909 20H2

Dalam postingannya, Microsoft mengkonfirmasi bahwa dukungan untuk Windows 10 versi 1909 dan Windows 10 versi 20H2 akan berakhir pada bulan Mei 2022. Semua pengguna pun diminta untuk segera memasang versi lebih baru yang didukung. 

Masa akhir dukungannya adalah tanggal 10 Mei mendatang, dan Microsoft menjelaskan bahwa kedua versi itu masih bisa digunakan, namun akan lebih mudah terekspos serangan siber dan malware, karena tidak lagi mendapat dukungan resmi.

Akan tetapi, apabila anda tidak memperbarui perangkat anda, Microsoft akan mencoba untuk melakukan peningkatan otomatis ke versi 21H2 atau yang lebih baru. Sehingga perangkat akan tetap didukung dan mendapatkan pembaruan bulanan.

Editor: Muchammad Zakaria

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Send this to a friend