Pembaruan Windows 10 Bulan April Sebabkan Error di Game

Pembaruan Windows 10 Bulan April Sebabkan Error di Game

NESABAMEDIA.COMPada dasarnya, pembaruan Windows 10 yang dirilis bertujuan untuk memperbaiki yang rusak, bukan malah menjadi penyebabnya. Hal ini yang dialami oleh banyak gamers pengguna Windows 10 yang mengaku mengalami masalah setelah mereka memasang pembaruan bulan April ini. 

Beberapa keluhan yang dilaporkan itu di antaranya mereka mengalami masalah stuttering yang muncul secara acak, frame rate yang tidak stabil, sampai dengan fitur V-Sync yang tidak bekerja dengan semestinya ketika diaktifkan. Dari mereka yang mengeluhkan hal tersebut, satu-satunya persamaan yang didapatkan adalah mereka mengalami masalah itu setelah memasang pembaruan Windows 10 bulan April, khususnya pembaruan kumulatif yang menjadi bagian dari pembaruan tersebut.

Di Windows 10 versi 20H1 atau 2004, pembaruan kumulatif itu adalah KB5001330, sementara untuk versi 1930 dan 1909 diketahui adalah KB5001337. Sebagai informasi, masalah ini rupanya bukan sebuah masalah yang baru, di mana versi pratinjau dari pembaruan tersebut juga menyebabkan masalah yang sama. Pihak Nvidia bahkan menyarankan untuk melakukan roll back ke pembaruan sebelumnya untuk mengatasi masalah yang ada.

Dalam sebuah postingan di forum Reddit, seorang pengguna dengan akun m4ddan mengkonfirmasi bahwa dengan melakukan roll back, rupanya menjadi solusi dari masalah tersebut. 

Dia menjelaskan, “Microsoft memaksa untuk merilis pembaruan bulan April, namun memiliki masalah yang sama, seperti yang kita alami dengan pembaruan opsional sebelumnya. Stutter yang muncul secara acak, FPS tidak stabil dan lainnya. Melakukan pencopotan pembaruan menjadikan semuanya kembali normal”.

Tanggapan dalam postingan di forum tersebut juga mengkonfirmasi masalah stuttering itu terjadi bahkan ketika pengguna memakai RTX 3070. Hal itu menunjukkan bahwa masalah bersumber dari Windows itu sendiri, bukan dari performa perangkat keras.

Untuk mencopot pembaruan guna menyiasati masalah yang muncul tersebut, sangat memungkinkan untuk dilakukan. Caranya dengan mengakses halaman Settings → Update & Security → Windows Update. Kemudian pilih View Update History. Selanjutnya tergantung dari versi Windows 10 yang digunakan, cari pembaruan bernama KB5001330 atau KB5001337 dan kemudian pilih opsi copot (uninstall). 

Namun, jika masalah tersebut tidak terlalu mengganggu, lebih baik untuk menunggu pembaruan dari Microsoft untuk mengatasi masalah tersebut.

Untuk mengetahui informasi terkini seputar Windows, bisa mengunjungi link berikut ini:

Berita Terkini Seputar Windows

Kumpulan Tutorial Windows 10

Leave a Reply

Send this to a friend