Pembaruan Windows 10 KBKB4579311 Black Screen

Pembaruan Windows 10 KB4579311 Jadi Pemicu Black Screen

NESABAMEDIA.COMPembaruan Oktober 2020 ‘Patch Tuesday’ Windows 10 hadir dengan sejumlah pembaruan kumulatif. Pembaruan KB4579311 nampaknya menimbulkan sejumlah masalah dan dalam beberapa hari belakangan, jumlah yang melaporkan isu itu semakin meningkat.

Pembaruan KB4579311 berlaku untuk perangkat dengan Windows 10 versi 2004 atau pembaruan Mei 2020. Meski semuanya terlihat tidak ada masalah di hari-hari pertama setelah pembaruan dirilis, namun situasinya berubah dengan munculnya laporan dari banyak pengguna. Ini menjadi bukti bahwa kehati-hatian dalam setiap menginstal pembaruan Windows 10 perlu diperhatikan.

Laporan mengenai masalah setelah pengguna menginstal KB4579311 dalam beberapa hari terakhir jumlahnya terus meningkat. Semuanya melaporkan dengan gejala yang sama. Mulai dari kegagalan unduhan dan instalasi, terjadinya black screen hingga Windows Explorer dan desktop mengalami crash.

Awalnya tidak ada yang banyak berbeda. Pengguna mendapatkan notifikasi adanya pembaruan di Windows Update. Lalu membuka halaman Windows Update dan melakukan unduhan. Namun ketika melakukan restart perangkat untuk menginstal pembaruan yang sudah di unduh, masalah mulai muncul. 

Ketika perangkat kembali menyala, tidak terjadi seperti yang diinginkan. Pembaruan yang sudah diunduh dan tinggal di instal tadi menghilang. Notifikasi pun kembali muncul meminta pengguna melakukan pembaruan. Looping kegagalan instalasi pembaruan ini pun terus terjadi, dan pengguna sementara ini hanya bisa mengabaikan notifikasi yang muncul. 

Black screen juga dilaporkan terjadi oleh pengguna setelah menginstal pembaruan KB4579311. Tidak ada penyebab pasti atau aktivitas yang dicurigai hingga akhirnya terjadi black screen. Error itu tiba-tiba saja muncul, secara tidak menentu ketika pengguna melakukan aktivitas di komputer mereka. 

Namun yang pasti, sebelum menginstal KB4579311, black screen ini tidak pernah terjadi sebelumnya. Yang lebih membingungkan, tidak ada pesan atau notifikasi error yang muncul, sebelum komputer mengalami black screen. 

Beberapa pengguna juga melaporkan perangkat Windows 10 mereka mengalami crash saat membuka Windows Explorer. Hal yang sama juga terjadi ketika pengguna menekan tombol “Show Desktop” atau Windows+D saat membuka aplikasi dan ingin beralih langsung ke tampilan desktop. 

Layar tetiba berhenti merespon, freeze selama beberapa detik dan kemudian perangkat restart dengan sendirinya. Sementara yang tidak mengalami restart, pengguna akan mendapatkan black screen.

Sayangnya, Microsoft masih belum menginformasikan apapun mengenai masalah pembaruan KB4579311 ini. Sehingga langkah yang bisa dilakukan sebagai solusi sementara adalah dengan melakukan uninstal pembaruan tersebut.

Leave a Reply

Send this to a friend