• Our Partners:

Pembaruan Windows 11 KB5007215 Hadir Dengan Perbaikan Kinerja dan File Explorer

Pembaruan Windows 11 KB5007215 Hadir Dengan Perbaikan Kinerja dan File Explorer

Pembaruan Windows 11 KB5007215 baru saja diluncurkan ke pengguna umum di luar program Windows Insiders dan akan menambal bug yang menyebabkan masalah kinerja di beberapa pengguna.

Seperti yang diberitakan sebelumnya, AMD mengumumkan bahwa prosesor seri Ryzen mereka telah mengalami masalah kinerja pada Windows 11. Memasang Windows 11 pada mesin Ryzen dapat mengurangi kinerja sistem dengan dampak 3% hingga 15% di kondisi tertentu. Selain masalah khusus AMD, beberapa pengguna juga melaporkan adanya bug kebocoran memori (memory leak) pada File Explorer.

Untungnya, Microsoft telah menyediakan perbaikan untuk masalah kinerja ini yang disebabkan oleh Windows 11 dan sekarang diluncurkan dengan pembaruan KB5007215 melalui Windows Update. Laporan menunjukkan bahwa tambalan tersebut mengatasi masalah kinerja yang mempengaruhi beberapa prosesor AMD yang didukung oleh Windows 11.

Daftar prosesor yang terpengaruh termasuk model Ryzen, tetapi beberapa pengguna juga melaporkan masalah pada AMD EPYC.

Jika anda memeriksa pembaruan hari ini, sebuah patch baru dengan judul berikut akan muncul:

2021-11 Cumulative Update for Windows 11 for x64-based Systems (KB5007215)

Hal Baru dan Perbaikan yang Dibawa

Masalah kinerja yang disorot dalam paragraf pembuka adalah masalah kompatibilitas antara Windows 11 dan AMD. Menurut AMD, Windows 11 menyebabkan latensi cache L3 meningkat tiga kali lipat dan aplikasi yang bergantung pada thread CPU akan mengalami penurunan kinerja, ketika pengguna memasang sistem operasi baru tersebut.

AMD lebih lanjut mencatat bahwa masalah lebih sering dilaporkan terjadi pada prosesor baru yang beroperasi pada 65W.

Untungnya, ini telah diatasi di Windows 11 Build 22000.318, yang diluncurkan untuk semua pengguna. Anda dapat mengunduh dan menerapkan tambalan kinerja hanya dengan mengunjungi halaman Windows Update di aplikasi Settings dan secara manual memeriksa pembaruan.

Jika anda tidak memasang patch secara manual, itu akan diunduh secara otomatis di latar belakang berdasarkan penggunaan perangkat anda.

Perbaiki Memory Leaks di File Explorer

Selain peningkatan kinerja, pembaruan kumulatif terbaru Windows 11 hadir dengan perbaikan yang sangat penting untuk File Explorer (explorer.exe).

Microsoft telah memperbaiki masalah di mana memindahkan jendela aplikasi akan mengakibatkan masalah kinerja atau animasi melambat saat anda membuka jendela File Explorer dan terlihat di layar.

Demikian pula, Microsoft telah mengatasi masalah di mana UI File Explorer gagal menangani komposisi inline saat anda mencoba mengganti nama file menggunakan tampilan folder. Bug lain telah diperbaiki yang menyebabkan kebocoran memori saat sistem mendeteksi kunci registri tertentu untuk ID Desktop Virtual.

Pembaruan hari ini menambal bug di mana pencarian Windows Search dan File Explorer bisa gagal ketika indeks pencarian rusak dengan cara tertentu.

Patch ini adalah bagian dari siklus Patch Tuesday, jadi ini bukan pembaruan opsional dan akan diunduh secara otomatis.

Editor: Muchammad Zakaria

Subscribe
Notify of
guest

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Send this to a friend