Pembaruan Windows 11 KB5008295 Atasi Masalah Sertifikat Aplikasi Kadaluarsa

Pembaruan Windows 11 KB5008295 Atasi Masalah Sertifikat Aplikasi Kadaluarsa

Microsoft telah mempercepat perilisan pembaruan ke kanal Beta dan Pratinjau Rilis Windows 11 untuk menangani masalah sertifikat digital yang kedaluwarsa, di mana pada saat yang sama juga melakukan pengujian Windows Subsystem for Android.

Menariknya, dengan jadwal yang begitu padat, Microsoft mampu memberikan kabar baik bagi pengguna di kanal Pengembang dengan merilis pembaruan Windows 11 KB5008295 untuk kanal Beta dan Pratinjau Rilis. Pembaruan tersebut akan memperbaiki masalah sertifikat yang kadaluarsa, yang menyebabkan sejumlah aplikasi bawaan rusak, tidak bisa dibuka

Tidak seperti perbaikan yang didorong ke versi produksi, Microsoft mengatakan bahwa perbaikan itu akan mengatasi masalah dengan Snipping Tool dan aplikasi bawaan lainnya, yang masih menimbulkan error pada kode GA, dan juga membuat Start Menu serta Settings tidak bisa terbuka dalam Windows 11 Mode S.

Nick France, CTO dari Sectigo mengatakan, “Masalah yang ada pada Windows 11 ini menyorot dampak atas sertifikat yang tidak dikelola dan kadaluarsa yang bisa mengganggu pengguna baik itu pengguna biasa maupun perusahaan. Sertifikat yang kadaluarsa itu bisa menyebabkan berhentinya layanan dan perbaikannya pun tidak pernah diatasi dengan cepat”.

Ini cukup memalukan bagi Microsoft, karena di sisi lain justru ada kabar bagus untuk integrasi aplikasi Android yang kini bisa diuji di kanal Pengembang, sementara aplikasi bawaan mereka sendiri mengalami masalah yang mendasar. Namun itu juga dengan asumsi bahwa perangkat yang digunakan pengguna telah memenuhi persyaratan yang didukung. 

Dukungan aplikasi Android di Windows 11 ini juga menimbulkan pertanyaan lain, mengenai siapa saja yang bakal diuntungkan dengan keberadaannya selain para gamers dan pengembang game. Mungkin itu adalah sekelompok pengguna dengan aplikasi rumah pintar yang kurang mendapatkan dukungan dari aplikasi web yang ada selama ini.

Microsoft tidak memberikan informasi yang jelas tentang penyebab penundaan mengenai Windows Subsystem for Android yang terpasang dari Microsoft Store, dan pengaktifan tidak memerlukan emisi simultan dari build baru. Namun, kedatangannya merupakan kabar baik bagi pengembang di kanal Pengembang, Selama aplikasi mereka tidak bergantung pada Layanan Google Play

Editor: Muchammad Zakaria

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Send this to a friend