Siapa Saja Pendiri Facebook? Berikut Biografi Singkatnya

Siapa yang tidak mengenal Facebook? Salah satu situs jejaring sosial terbesar didunia dengan jumlah para pengguna aktif yang terus bertambah 60 juta per bulan selama kuartal ketiga. Facebook didirikan pada 2004 oleh Mark Zuckerberg. Namun, dibalik kesuksesannya seperti sekarang ini ada campur tangan empat orang anak muda seperti Eduardo Saverin, Dustin Moskovitz, Andrew McCollum dan Chris Hughes.

Mark Zuckerberg merupakan seorang tokoh utama dibalik keberhasilan facebook. Berkat kecintaannya pada dunia programming sejak kecil, Mark bersama teman-temannya membangun sebuah situs yang disebut dengan Facemash. Bukan tanpa alasan Ia membangun facemash itu.

Di awal pembangunannya, Mark membuat facemash hanya sebatas untuk media perkenalan di lingkungan mahasiswa Harvard. Situs inilah yang menjadi cikal bakal lahirnya situs jejaring sosial raksasa yang kini disebut facebook. Kini, facebook dapat memfasilitasi orang-orang untuk saling berbagi dan terhubung di seluruh dunia. Dengan facebook, Anda dapat menemukan teman baru melalui fitur pencarian, grup dan fitur lainnya.

Siapa Saja Pendiri Facebook?

Dalam artikel kali ini, Penulis akan membahas kisah inspiratif para tokoh dibalik kesuksesan facebook saat ini. Dengan membacanya, Anda dapat mengetahui perjalanan hidup mereka yang dapat memberikan inspirasi. Langsung saja penjelasan mengenai para pendiri facebook dibawah ini.

1. Mark Zuckerberg

Mark Zuckerberg

Umur bukan menjadi penghalang untuk mencapai kesuksesan. Hal itu dibuktikan oleh Mark Zuckerberg. Ia dikenal sebagai penemu dan pendiri dari Facebook. Mark yang memiliki nama lengkap Mark Elliot Zuckerberg lahir pada 14 Mei 1984 di kawasan yang bernama Dobbs Ferry, Westchester Country, New York. Ia merupakan anak kedua dari pasangan Karen, seorang psikiater, dan Edward Zuckerberg yang merupakan seorang dokter gigi.

Sejak kecil, Mark memang suka mengotak-atik komputer dan mulai mempelajari bahasa pemrograman. Bahkan ketika Mark berusia 12 tahun, Ia mulai membuat program messaging sederhana untuk ayahnya yang berprofesi sebagai dokter gigi. Program itu membantu sang ayah agar tidak perlu teriak untuk memanggil pasien. Selain itu, Ia juga pernah membuat program game bersama dengan teman-temannya. Berkat hobinya, Mark beranjak remaja menjadi seorang programmer komputer yang handal.

Pada awalnya, Mark hanyalah seorang mahasiswa Psikologi di Harvard University. Semasa kuliah, Mark tergabung menjadi anggota dari Alpha Epsilon Pi (AEPi) perkumpulan Yahudi di kampus Harvard. Untuk menyalurkan hobinya, Mark bersama tiga orang temannya membangun sebuah situs yang disebut Facemash. Situs ini memungkinkan pengguna membandingkan dua gambar yang diberikan. Namun, Mark terancam drop-out oleh Harvard University. Hal itu dikarenakan Mark telah melanggar privasi mahasiswa dengan mengambil data mahasiswa dari direktori mahasiswa. Akhirnya Mark mengakui kesalahannya dan meminta maaf.

Seakan belajar dari kesalahannya, Ia pun berinisiatif untuk mengembangkan situs baru yang diberi nama TheFacebook.com dan mendaftarkan domain tersebut pada 24 Januari 2004. Situs ini merupakan penyempurnaan Facemash. Tujuannya tetap sama, yaitu sebagai media pertemuan dan perkenalan sesama mahasiswa Harvard. Keasyikan mereka mengerjakan proyek tersebut, membuat mereka dihadapkan dengan pilihan rumit antara memilih pendidikan atau proyek yang sedang dikembangkan. Dengan sikap optimis, mereka akhirnya memilih untuk meninggalkan pendidikan sementara dan mengembangkan proyek tersebut.

Situs TheFacebook terus mengalami kemajuan. Hingga akhirnya, situs itu resmi berganti nama menjadi Facebook. Sampai saat ini, facebook berhasil menjadi situs jejaring sosial yang mendunia dan dikenal oleh seluruh kalangan masyarakat.

2. Eduardo Saverin

Eduardo Saverin

Mungkin nama Eduardo Saverin terdengar asing bagi sebagian orang. Padahal Ia juga menjadi salah satu orang yang berpengaruh dalam pengembangan facebook. Pemilik nama lengkap Eduardo Saverin lahir pada 19 Maret 1982 di San Paulo, Brazil. Ia adalah anak dari Roberto Saverin, seorang pekerja industri yang menjalankan bisnis, seperti real estate. Ibunya, Paula merupakan seorang psikolog. Di tahun 1993, mereka pindah ke Amerika Serikat dan menetap di Miami, Florida.

Kemudian, Eduardo menempuh pendidikan di Gulliver Preparatory School di Miami dan melanjutkan kuliah di Harvard University mengambil jurusan ekonomi. Pada 2006, Ia lulus menyandang gelar Cum laude. Di Harvard, Ia bertemu dengan Mark dan ikut menggagas Facebook. Eduardo mengeluarkan dana sebesar 15 Ribu USD untuk membeli server situs TheFacebook.com. Dengan kegigihannya, Eduardo dipercaya memegang peran sebagai kepala keuangan dan manajer bisnis.

Sempat terjadi perselisihan antara Eduardo dan Mark yang menyebabkan dikuranginya porsi saham Eduardo di situs jejaring tersebut. Mereka menyelesaikan perselisihan diluar pengadilan dan diakuinya Eduardo sebagai co-founder facebook. Akan tetapi, sejak 2010 Eduardo telah menjual saham Facebook sebesar 250 Juta USD ke investor seperti Digital Sky Technologies dan Sharespost. Pada 2011, Ia pun melepas kewarganegaraan Amerika dan pindah ke Singapura. Meski begitu, Eduardo tetap berinvestasi di perusahaan teknologi startup seperti Crowdmob, situs promotor aplikasi, ShopSavvy, Qwiki, dan Jumio.

3. Dustin Moskovitz

Dustin Moskovitz

Dustin Aaron Moskovitz merupakan seorang wirausahawan Amerika yang turut dalam pengembangan facebook. Moskovitz lahir pada 22 Mei 1984 Gainesville, Florida. Ayahnya, seorang psikiater dan ibunya seorang guru dan seniman. Setelah Moskovitz lulus dari Vanguard High School, Ia mengejar IB Diploma Program. Kemudian Ia melanjutkan kuliah di Harvard University di jurusan ekonomi.

Mark Zuckerberg, Eduardo Saverin, Chris Hughes dan Dustin Moskovitz mengembangkan Facebook di kamar asrama di tahun 2004. Pada Juni 2004, mereka meninggalkan pendidikan untuk menyewa tempat di Palo Alto, California sebagai tempat mengembangkan facebook dan merekrut delapan orang pegawai.

Di facebook, Moskovitz bekerja sebagai Chief Technology Officer (CTO) lalu dengan berjalannya waktu beralih menjadi vice president of engineering. Pada 3 Oktober 2008, Moskovitz mengumumkan keluar dari facebook untuk membangun perusahaan yang bernama Asana bersama Justin Rosenstein, seorang vice president of engineering di facebook.

4. Andrew McCollum

Andrew McCollum

Andrew McCollum yang lahir pada 4 September 1983 di California adalah salah satu pendiri facebook. Ia memulai karier ketika masih menjadi mahasiswa Harvard. Andrew dan Mark menghabiskan waktu untuk mendiskusikan berbagai proyek.

Ketika masa musim semi Andrew menerima email Mark yang menyatakan bahwa Mark telah berhasil membuat prototype situs facebook dan Andrew diminta untuk membuat desain grafis. Awalnya, Andrew ragu karena ia bukan seorang desainer grafis yang handal. Namun, ia berhasil mendesain logo asli untuk facebook.

Andrew sempat meninggalkan pendidikan demi untuk mengembangkan proyek ini. Keterlibatan Andrew dalam facebook merupakan pengalaman sekali dalam seumur hidup. Ia bergabung di facebook sejak Februari 2004 hingga September 2006. Namun, pada 2007 Ia kembali melanjutkan pendidikan di Harvard untuk memperoleh gelar Sarjana dan melanjutkan pendidikan untuk memperoleh gelar Master di bidang ilmu komputer. Hingga pada 2009, ia mengembangkan situs JobSpice yang memungkinkan pengguna dapat membuat surat pengantar dan resume.

5. Chris Hughes

Chris Hughes

Christopher Hughes adalah seorang pengusaha yang turut untuk mengembangkan facebook yang lahir pada 26 November 1983. Hughes merupakan anak dari Arlen “Ray” Hughes, seorang penjual kertas, dan Brenda Hughes, seorang guru matematika. Selama pengembangan facebook. Hughes secara tidak resmi memiliki tanggung jawab dalam pengujian beta dan saran produk. Hughes jugalah yang memiliki saran bahwa sekolah juga harus memiliki jaringan untuk menjalin hubungan. Hingga akhirnya, facebook membuka pendaftaran ke wilayah luar.

Berbeda dengan Mark dan Moskovitz yang tetap berada di Palo Alto, Hughes memilih melanjutkan pendidikan di Harvard setelah liburan musim panas. Hingga pada 2006, Ia lulus magna cum laude dari Harvard University dengan gelar Bachelor of Arts dan kembali lagi bergabung dengan Mark dan Moskovitz untuk mengembangkan facebook. Namun pada 2007, Hughes resmi keluar dari facebook dan menjadi sukarelawan kampanye presiden Barack Obama di tahun 2008. Hughes juga merupakan penerbit dan editor di majalah The New Republic yang dibelinya pada 2012.

Begitulah ulasan singkat mengenai perjalanan hidup pada pendiri untuk mengembangkan facebook. Berkat keoptimisannya, mereka mampu memilih antara melanjutkan pendidikan atau mengembangkan proyek besar tersebut. Namun, mereka tidak sepenuhnya meninggalkan pendidikan.

Diantara mereka ada yang tetap melanjutkan kembali pendidikan setelah facebook mulai berkembang. Oleh karena itu, artikel ini memberitahu Anda mengenai para pendiri facebook dan perjalanan hidup mereka di facebook bersama dengan pendiri utama, Mark Zuckerberg. Walaupun saat ini, Mark Zuckerberg yang memegang kendali utama dalam situs jejaring facebook.

Ada pertanyaan atau komentar?

Send this to a friend