Pengalaman Saya Mendaftar Aplikasi Bibit untuk Pertama Kali

NESABAMEDIA.COM – Menyiapkan dana untuk masa depan adalah suatu keharusan untuk semua orang. Mengapa? Karena dengan menyiapkan uang untuk masa depan, kita dapat hidup dengan tenang tanpa memikirkan kondisi ekonomi dimasa yang akan datang.

Salah satu cara yang biasa digunakan oleh setiap orang untuk menyiapkan uang dimasa depan yaitu dengan cara menabung. Tetapi cara ini kurang efektif, karena di setiap tahunnya pertumbuhan ekonomi juga akan mengalami inflasi.

Uang yang kita tabung disetiap bulannya akan berjumlah sama dimasa yang akan datang, namun tidak mengikuti pertumbuhan inflasi. Contohnya seperti kita membeli sebuah sepeda saat ini yang harganya 3 juta rupiah, tetapi beberapa tahun kedepan harga sepeda sudah tidak ada lagi yang harganya 3 juta rupiah. Nah, itulah yang dimaksud dengan inflasi. Definisi sederhananya, inflasi adalah kenaikan harga dengan terus menerus didalam jangka waktu yang tertentu.

Kita dapat menabung tanpa mengkhawatirkan inflasi dimasa yang akan datang, caranya yaitu dengan menabung di investasi reksadana. Ada berbagai macam aplikasi investasi reksadana yang dapat Anda gunakan, pada artikel kali ini saya akan menceritakan pengalaman saya berinvestasi menggunakan aplikasi Bibit.

Pengalaman Saya Mendaftar Aplikasi Bibit

Bibit merupakan salah satu aplikasi investasi reksadana yang dapat membantu para investor pemula untuk memulai berinvestasi. Siapapun dapat langsung untuk berinvestasi dengan maksimal dan tentunya juga akan sesuaikan dengan level resikonya. Level resiko tersebut adalah tingkat toleransi seorang investor untuk melihat tinggi rendahnya return.

Aplikasi bibit juga sudah menggunakan teknologi dari riset yang memenangan Nobel Prize yaitu Modern Portfolio Theory. Dimana riset tersebut menyesuaikan investasi Anda ke reksadana yang sesuai dengan level resiko, usia, toleransi resiko dan keadaan dari finansial Anda.

Untuk mendaftar aplikasi Bibit, anda tidak perlu ribet karena aplikasi ini memiliki slogan yaitu berinfestasi tanpa harus bingung. Sehingga aplikasi ini akan sangat cocok untuk Anda yang ingin mulai berinvestasi reksadana. Istimewanya lagi, aplikasi ini juga memungkinkan Anda untuk berinvestasi reksadana mulai dari Rp.10.000 saja.

Berikut ini adalah pengalaman saya mendaftar aplikasi bibit yang dilengkapi dengan gambar dari setiap langkah-langkahnya.

Membuat Profil Resiko

Seperti yang sudah dijelaskan diawal, mendaftar aplikasi bibit dapat Anda dilakukan dengan sangat mudah. Kita dapat mendaftar sambil bersantai dan hanya memerlukan waktu dalam hitungan 4 menit saja. Disini saya sudah mendownload aplikasi Bibit di PlayStore, kemudian pada tampilan awal aplikasi saya scroll sedikit kebawah dan muncul tombol Register.

bibit

Setelah itu saya diminta untuk mengisi tanggal  lahir dan kemudian klik OK.

pengalaman bermain bibit

Untuk dapat meninjau profil resiko, aplikasi bibit juga memerlukan informasi mengenai status serta jumlah tanggungan keluarga. Nah, disini saya memilih pilihan belum, masih single. Kemudian klik Next. Pilihan ini harus disesuaikan dengan diri Anda apabila Anda ingin mendaftar aplikasi bibit juga.

bibit

Kemudian bibit juga akan meminta informasi mengenai pendapatan bulanan dalam rumah tangga. Disini Anda juga harus menyesuaikan dengan pendapatan bulanan Anda. Kemudian klik Next.

bibit

Lalu saya juga diminta untuk mengisi nilai tota kekayaan yang saya miliki. Setelah itu klik Next.

keuntungan menggunakan bibit reksadana

Nah, pada langkah untuk memilih keputusan yang satu ini akan menjadi salah satu patokan dari aplikasi bibit untuk menilai dan memberikan profil resiko kita. Dengan pertanyaan pada saat berinvestasi, apa yang lebih kita utamakan. Untuk menjawab pertanyaan tersebut, Anda harus menjawabnya murni dari keputusan Anda sendiri. Karena pertanyaan ini sangatlah penting.

bibit

Sama seperti pertanyaan yang sebelumnya, pertanyaan yang pada gambar dibawah ini juga memiliki pengaruh yang kuat untuk aplikasi bibit menilai profil resiko kita. Saya memilih jawaban Beli lagi, karena saya berinvestasi untuk jangka panjang. Dan nilai investasi yang turun tersebut merupakan kesempatan emas bagi saya untuk top up kembali.

bibit

Nah, disini saya sudah menerima hasil profil resiko saya. Dan saya termasuk kedalam kategori investor Agresif. Saya juga dapat melihat alokasi dana yang akan saya top up akan dibelikan investasi apa saja sesuai dengan jenis reksadana tersebut. Setelah itu saya klik button Lanjut Registrasi.

pengalaman investasi di aplikasi bibit

Tahap Registrasi

Tahap registrasi pada aplikasi bibit juga sangat mudah dilakukan, saya hanya memerlukan waktu sekitar 2 menit saja untuk selesai registrasi pada aplikasi bibit. Pada tahap registrasi juga memerlukan informasi nomor handphone. Berikut langkah-langkahnya.

Aplikasi bibit meminta untuk memasukkan nomor handphone. Setelah itu klik Lanjutkan.

bibit

Selanjutnya aplikasi bibit akan meminta kode verifikasi yang sudah dikirimkan melalui nomor handphone yang sudah diisi sebelumnya. Setelah itu klik button Lanjutkan.

simulasi reksadana bibit

Lalu tahap Registrasi dilakukan dengan mengisi seluruh form data yang diminta oleh aplikasi bibit contohnya seperti pada gambar. Alamat email harus diisi dengan nama alamat email yang benar dan masih aktif. Karena nantinya aplikasi bibit akan mengirimkan pemberitahuan atau informasi melalui alamat email.

bibit

Selanjutnya Anda juga harus mengisi nama bank, nomor rekening dan nama pemilik rekening. Disini harus diisi dengan baik dan benar. Jangan sampai nama pemilik rekening atau nomor rekening diisi dengan salah. Karena nomor rekening tersebut berguna apabila kita ingin menjual reksadana yang kita miliki. Nantinya dana penjualan tersebut akan dikirimkan melalui rekening yang kita isi.

kasus bibit reksadana

Pada tahap registrasi juga memerlukan Foto KTP, Foto selfie dengan KTP dan Tanda tangan digital. Ini berguna untuk validasi data yang diinput. Pastikan tanda tangan yang dilakukan di form tanda tangan sama dengan tanda tangan yang ada di KTP. Jika tidak, maka aplikasi bibit akan menolak registrasi Anda. Jika sudah dipastikan semua data benar, kemudian klik Daftar.

bibit

Tahap Verifikasi

Pada tahap verifikasi akan melalui 3 tahap yaitu tahap verifikasi email, verifikasi oleh tim bibit serta verifikasi oleh KSEI. Tahapan seluruh verifikasi tersebut akan memakan waktu 1×24 jam. Oleh karena itu, harus bersabar sedikit untuk waktu verifikasi selesai.

bibit

Selesai

Jika seluruh proses telah dilakukan maka, proses pendaftaran akan masuk ke tahap selesai. Nah, disini kita sudah dapat membeli reksadana dan memilih reksadana yang akan kita beli nantinya. Kita juga dapat membuat portofolio sesuai dengan keinginan kita. Seperti ingin membuat portofolio dana pensiun, dana darurat, maupun dana tabungan.

Penilaian saya terhadap aplikasi bibit sangat memuaskan, karena penggunaannya yang cepat, mudah dan tidak menyulitkan pengguna dalam proses pendaftaran. Semua hal dapat kita lakukan secara digital tanpa harus ribet kesana-kemari. Oleh karena itu, aplikasi ini saya nilai sangat cocok untuk para millenial apabila ingin belajar berinvestasi tanpa harus ribet.

Segala proses yang dilakukan juga sangatlah cepat, saya mengisi data hanya dengan hitungan menit saja. Data-data yang diisi juga sangat mudah didapatkan. Karena kita tidak perlu membuka berkas atau file yang ribet dan susah untuk didapatkan.

Demikianlah pengalaman saya dalam mendaftar aplikasi bibit. Semoga apa yang saya tulis sapat bermanfaat untuk Anda apabila Anda juga ingin mendaftar aplikasi bibit.

Leave a Reply

Send this to a friend