Pengertian Adobe Reader Beserta Fungsi, Kelebihan dan Kekurangannya

Pengertian Adobe Reader

Pengertian Adobe Reader Adalah

Apa itu Adobe Reader? Pengertian Adobe Reader merupakan salah satu aplikasi yang digunakan untuk membaca sebuah dokumen yang berada dalam format PDF atau Portable Document Format. Untuk versi terbaru dari aplikasi ini adalah Adobe Reader IX yang hadir dengan beragam kelebihan yang bisa dinikmati oleh para pengguna. Memang aplikasi pembaca dokumen PDF bukan hanya Adobe Reader. Ada banyak aplikasi lain dengan fungsi dan cara kerja yang tak jauh berbeda.

Akan tetapi, Adobe Reader termasuk ke dalam salah satu aplikasi pembaca dokumen PDF yang paling populer. Ketika Adobe Reader merilis versi terbaru mereka, salah satu hal yang ditunjukkan adalah hadirnya Adobe Reader versi beta. Artinya, para pengguna bukan hanya dapat membaca dokumen PDF saja, melainkan mereka juga bisa membuat dokumen PDF itu sendiri secara online dengan berbagai fasilitas yang telah disediakan oleh aplikasi ini.

Perlu Anda tahu bahwa Adobe Reader merupakan sebuah software aplikasi yang berjalan dengan optimal pada perangkat Windows XP, Windows 8, Windows 10, maupun versi yang lainnya. Beberapa toolbar yang terdapat pada aplikasi ini tidak jauh berbeda dengan aplikasi untuk membaca dokumen yang lainnya, seperti file, view, edit, help, dan lain sebagainya.

Bagi Anda yang ingin menggunakan Adobe Reader, Anda bisa mengunduh aplikasi ini di berbagai situs di internet yang memang menyediakan link untuk download aplikasi tersebut. Namun sebelum Anda mendownload, kami menyarankan untuk menyesuaikan kebutuhan aplikasi ini dengan komputer Anda apakah membutuhkan Adobe Reader yang 32 bit atau 64 bit.

Fungsi dan Kegunaan Adobe Reader

Pengertian Adobe Reader dan Kegunaan Adobe Reader

Hadirnya aplikasi ini juga bukan tanpa fungsi. Ada beberapa kegunaan dibalik kemunculan Adobe Reader, diantaranya:

1. Membaca dokumen PDF

Fungsi dan kegunaan dari Adobe Reader seperti yang sudah kami jelaskan adalah untuk membaca sebuah dokumen yang memiliki format PDF atau Portable Document Format. Format ini tidak bisa dibaca oleh sembarang aplikasi. Namun ada beberapa aplikasi pembaca dokummen tersebut yang memang memiliki fungsi dan bisa digunakan untuk membaca file tersebut.

2. Menulis dokumen PDF

Jika fungsi awal dari Adobe Reader hanya sebagai aplikasi pembaca dokumen PDF, namun sekarang aplikasi ini sudah bisa Anda manfaatkan untuk menulis dokumen Anda sendiri dan kemudian menyimpannya dalam bentuk PDF. Akan tetapi, untuk bisa melakukannya biasanya Anda harus terhubung dengan internet alias harus online terlebih dahulu.

3. Melindungi hak cipta

Terkadang Adobe Acrobat Reader juga bisa digunakan untuk melindungi file Anda agar tidak dicopy atau ditiru oleh orang lain secara sembarangan. Tidak jarang kasus plagiarisme ini dilakukan dan tentunya akan memberikan kerugian terhadap orang yang memiliki pernyataan atau data maupun penemuan tertentu. Maka dari itu, untuk melindungi tulisan Anda, maka Anda bisa menyimpannya dengan format PDF dimana nanti Anda bisa melakukan beberapa pengaturan.

Di Adobe Reader telah disediakan sebuah fitur yang mana Anda bisa menulis kata tertentu sebagai background halaman yang membuktikan bahwa dokumen tersebut milik Anda. Selain itu, Anda juga bisa menonaktifkan sebuah tombol blok alias CTRL + A agar supaya orang lain tidak bisa langsung mengcopy tulisan Anda. Dengan begitu, maka dokumen yang Anda miliki akan terlindung hak ciptanya dan tidak sampai ada orang yang melakukan plagiarisme terhadap tulisan Anda tersebut.

Kelebihan dan Kekurangan Adobe Reader

adobe reader

Apa saja kelebihan dan kekurangan Adobe Reader? Berikut ini kami sudah memiliki jawabannya untuk Anda.

Kelebihan Adobe Reader

1. Aplikasi populer untuk membuka file PDF

Seperti yang telah kami jelaskan bahwa memang ada banyak aplikasi yang memiliki fungsi untuk membaca file PDF. Namun Adobe Reader merupakan salah satu aplikasi terpopuler sehingga tidak heran jika aplikasi ini banyak yang mendownload dan menggunakannya.

2. Aplikasi yang ringan

Alasan lain mengapa orang menggunakan Adobe Reader adalah karena aplikasi ini tergolong aplikasi yang ringan ketika dioperasikan. Terkadang ada beberapa aplikasi yang meskipun memiliki fungsi canggih dan memang dibutuhkan kita, ternyata aplikasi tersebut cenderung lemot pada saat digunakan.

Kemungkinan permasalahannya adalah karena ukuran file-nya yang terlalu besar. Berbeda dengan Adobe Reader, aplikasi ini tidak memiliki ukuran yang terlalu besar sehingga perangkat Anda juga tidak akan lemot ketika menggunakannya. Namun tentunya hal ini harus menyesuaiakan dengan spesifikasi komputer Anda.

3. Sebagai aplikasi global untuk membuka PDF

Kelebihan ketiga dari Adobe Reader adalah aplikasi ini merupakan sebuah aplikasi global yang bisa digunakan untuk semua file berformat PDF. Anda bisa menggunakan aplikasi ini bukan hanya sekedar membaca file, melainkan juga bisa dimanfaatkan untuk menulis, verifikasi, digital sign, mencetak, maupun juga melakukan kolaborasi dengan file PDF yang lainnya.

Kekurangan Adobe Reader

Dengan semua kelebihan yang dimiliki oleh Adobe Reader, ternyata masih ada beberapa kekurangannya yang akan kami sebutkan di bawah ini.

1. Ukuran yang terlalu besar

Untuk perangkat yang memiliki spesifikasi baik, membuka Adobe Reader tidak akan menimbulkan masalah. Namun bagi komputer atau laptop yang spesifikasi standar atau bahkan di bawah standar, maka aplikasi ini tidak jarang membuat komputernya menjadi lemot.

2. Semakin tidak nyaman

Kekurangan yang kedua ini disebabkan karena terlalu seringnya muncul versi terbaru dari aplikasi ini. Munculnya versi terbaru dari sebuah aplikasi memang bermaksud untuk memberikan sentuhan baru dan mengurangi kelemahan yang ada pada versi sebelumnya. Bagi sebagian orang, hadirnya versi terbaru dari Adobe Reader malah membuat aplikasi ini lebih lambat dan malah terkesan kurang begitu nyaman ketika dioperasikan.

3. Memakan memori banyak

Kekurangan yang terakhir adalah Adobe Reader termasuk aplikasi yang akan memakan memori cukup banyak. Terlebih lagi jika di dalamnya berisi banyak gambar. Namun kekurangan ini dikembalikan dengan spesifikasi yang ada pada komputer Anda.

Itulah pengertian Adobe Reader dan fungsinya yang perlu diketahui. Semoga bermanfaat dan mudah dipahami!

Leave a Reply

Send this to a friend