Pengertian Adware Beserta Bahaya, Cara Mencegah dan Mengatasinya

Pengertian Adware

Apa itu Adware? Pengertian Adware Adalah

Apa itu adware? Adware sebenarnya merupakan sebuah singkatan yang berasal dari kata dalam bahasa Inggris, yaitu Ad yang artinya Iklan dan Ware yang berarti Perangkat. Sebenarnya kemunculan adware tidak lain adalah untuk memberikan keuntungan bagi semua pihak. Namun sebenarnya adware merupakan kerabat dengan spyware.

Jika ditanya tentang pengertian adware adalah sebenarnya ia merupakan software atau perangkat lunak yang diinstall pada komputer Anda dengan maksud untuk memunculkan iklan. Namun penggunaan adware malah dapat membuat kinerja komputer Anda menjadi lambat. Hal ini karena adware menggunakan RAM cukup banyak dan juga siklus CPU.

Selain itu, penggunaan adware juga akan berdampak pada menurunnya kecepatan internet karena perangkat lunak ini membutuhkan bandwidth yang besar dan stabil untuk bisa menjalankan tugasnya dengan baik. Bahkan penggunaan adware malah membuat sistem komputer menjadi tidak stabil sehingga rentan terhadap berbagai permasalahan yang dapat merugikan Anda.

Belum lagi nanti adware malah membuat Anda kesulitan di dalam memunculkan mana iklan yang memang Anda inginkan dan mana yang tidak, dimana nanti Anda diminta untuk menutup iklan tersebut sebelum Anda bisa menggunakan komputer Anda seperti biasa. Kondisi ini akan sangat menggangu dan menyita waktu dan konsentrasi Anda.

Apa Saja Bahaya Adware?

pengertian adware

Lalu muncul pertanyaan, kita-kira seberapa bahaya sih adware itu? Pertanyaan ini memang kerap muncul, khususnya bagi orang yang mulai menggunakan atau belajar tentang adware.

Pada dasarnya, penggunaan adware bisa dibagi menjadi dua. Ada yang adware baik dan ada yang buruk. Artinya, tidak semua adware malah berbahaya karena tidak sedikit yang bermanfaat bagi Anda karena seperti penjelasan di awal bahwa pada dasarnya adware ada untuk memberikan keuntungan bagi semuanya.

Beberapa perbandingan antara adware yang baik dan yang buruk akan kami jelaskan di bawah ini:

  • Ada adware yang malah akan dibagikan dan disebarkan dengan gratis. Browser seperti Opera dan juga klien akan berbagi file secara peer to  peer KaZaA yang merupakan sebuah contoh adware yang baik. Sementara itu, adware yang baik juga hanya akan memasang programnya sendiri pada komputer Anda jika sebelumnya Anda telah memberikan izin.
  • Namun untuk adware buruk malah Anda nanti bisa terinstall secara otomatis bahkan Anda sendiri tidak tahu karena Anda tidak pernah mengizinkan aplikasi tersebut untuk terpasang. Di sisi lain, adware yang baik malah bisa memungkinkan dirinya agar tidak dipasang di komputer. Maka dari itu, Anda akan menemukan tombol Hapus dan Tambah yang terdapat pada Control Panel di Microsoft Windows.
  • Berbanding terbalik, adware buruk malah tidak bisa dihapus karena Anda akan kesulitan menemukan menu yang memang diperuntukkan untuk menghapus aplikasi tersebut. Pada adware buruk Anda tidak akan menemukannya sehingga aplikasi ini akan terus berada di komputer Anda sampai Anda benar-benar tahu bagaimana cara menghapusnya.
  • Adware yang baik hanya akan memunculkan iklan yang tidak akan menggangu aplikasi tersebut. Sementara adware yang buruk malah akan secara otomatis terinstall sendiri pada aplikasi lain yang malah sering ditemukan kasus bahwa hal ini malah berakibat pada pembajakan pengaturan browser dengan tujuan untuk membuat browser tersebut dapat menampilkan banyak iklan.

Cara Mencegah Adware

Ketika Anda sudah mempelajari tentang pengertian dan seberapa bahayakah adware itu, maka berikut ini kami juga sudah menyiapkan informasi menarik tentang bagaimana cara mencegah adware. Cara yang kami bagikan kali ini tidak akan membuat Anda kesulitan melakukannya.

  • Jangan sembarangan masuk ke situs yang tidak dikenal
  • Jangan sembarangan ketika menginstall program ke komputer
  • Anda harus mengecek apakah ada program yang mencurigakan
  • Selalu scan dengan antivirus secara rutin dan jangan lupa update antivirus Anda

Cara Mengatasi Adware

pengertian adware

Sebenarnya, langkah utama bisa dan harus Anda lakukan adalah dengan melakukan pengecekan terhadap keberadaan adware di browser Anda. Anda harus membuka browser yang sering, jarang, atau bahkan yang tidak Anda gunakan sama sekali. Setelah itu, Anda perhatikan pada bagian extension atau add-ons yang menurut Anda mencurigakan.

Untuk langkah-langkah selengkapnya mengenai bagaimana cara mencegah adware bisa Anda lakukan dengan beberapa cara yang aka kami bagikan di bawah ini:

1. Hapus progam melalui sistem

Cara pertama yang bisa Anda lakukan adalah dengan melakukan penghapusan dengan melalui sistem. Terkadang adware tidak bisa hanya sekedar dihapus dengan cara yang biasa. Anda harus masuk ke pengaturan sistem dan barulah Anda bisa menghapus dari sini. Yang harus Anda lakukan adalah masuk ke control panel dan kemudian carilah program yang mencurigakan tersebut.

Jika sudah, maka Anda tinggal menghapusnya dengan cara remove program tersebut. Setelah itu, kami menyarankan agar Anda melakukan restart terhadap komputer agar supaya kinerja komputer Anda bisa kembali normal seperti sebelumnya.

2. Mereset browser

Cara kedua yang juga bisa menjadi pilihan Anda adalah dengan melakukan reset pada browser Anda tersebut. Perlu dipahami bahwa langkah mereset browser bisa berbeda-beda antara yang satu dengan yang lain. Namun perbedaan ini tidak terlalu menonjol sehingga kami yakin bahwa Anda tidak akan mengalami kesulita kesulitan ketika harus melakukan reset browser.  Perlu diingat bahwa cara ini juga efektif menghapus semua history yang pernah Anda buka.

3. Hapus manual

Cara ketiga sebagai tindakan pencegahan agar adware tidak semakin menyebar adalah dengan langsung melakukan penghapusan terhadap browser tersebut. Anda bisa masuk ke program files yang ada di hardisk C dan langsung cari browser yang ingin Anda hapus. Jangan lupa setelah ini Anda harus merestart komputer Anda.

Itulah pengertian adware beserta bahaya dan cara mencegah adware yang perlu kita ketahui agar perangkat kita tidak terifeksi dengan yang namanya adware. Semoga artikel bermanfaat dan mudah dipahami!

Leave a Reply

Send this to a friend