Pengertian Amazon.com Beserta Fungsi dan Kelebihan Amazon.com

Makin berkembangnya teknologi informasi memberikan kemudahan dalam berbagai hal, salah satunya termasuk dalam transaksi jual beli online, seperti yang sedang marak di negara kita sekarang ini.

Dengan keberadaan toko online, untuk bertransaksi membeli barang atau jasa orang tidak perlu keluar rumah, cukup dengan menggunakan gadget yang terhubung internet saja orang sudah bisa membeli barang atau jasa yang diinginkan. Beberapa toko online sudah menjamur di negeri kita ini, diantaranya OLX, Bukalapak, BliBli, dan Tokopedia.

Di negara lain pun ada bermacam-macam toko online serupa. Salah satu kisah sukses pendirian toko online dari luar negeri, berasal dari negera adidaya Amerika Serikat. Di sana terdapat sebuah nama toko online yang sangat terkenal yaitu Amazon.com. Situs ini merupakan salah satu toko online yang didirikan pada tahun 1994 dan sudah berhasil menguasai pasar online di dunia.

Pengertian Amazon.com

Pengertian Amazon

Mengutip dari Wikipedia.com, Amazon.com, Inc. (Amazon) adalah sebuah perusahaan dagang elektronik multinasional yang kantor pusatnya berada di Seattle, Washington, Amerika Serikat. Amazon juga merancang dan membuat perangkat elektronik berupa pembaca buku elektronik Amazon Kindle dan komputer tablet Kindle Fire, selain itu Amazon juga menyediakan jasa layanan komputasi cloud.

Amazon mempunyai sejumlah situs web retail untuk Amerika Serikat, Kanada, Inggris (Britania Raya), Perancis, Jerman, Italia, Spanyol, Jepang, dan Cina, dengan pengiriman internasional sebagian produknya ke negara-negara lain. Amazon juga akan meluncurkan situs web terpisah di Polandia, Brasil, Belanda dan Swedia.

Jeff Bezos mendirikan Amazon.com, Inc. (dengan nama Cadabra) pada bulan Juli 1994, kemudian situsnya online dengan alamat URL amazon.com sejak tahun 1995. Awalnya Amazon.com memulai usahanya sebagai toko buku online, lalu menjadi penjual DVD, CD, MP3, software, video game, perangkat elektronik, furnitur, makanan, mainan, perhiasan, dan sebagainya.

Perusahaan ini diberi nama sesuai sungai Amazon, sebuah sungai terbesar di Amerika Selatan. Amazon juga merupakan sebuah nama bangsa prajurit wanita legendaris dalam mitologi Yunani.

Sejarah Amazon.com

Sejarah Amazon

Amazon.com, Inc didirikan oleh Jeff Bozes pada tahun 1994 dan mulai dipublikasikan pada tahun 1995, setahun kemudian. Pada awalnya nama online shop ini adalah ‘Cadabra’, rilis pada tanggal 5 Juli 1994. Setelah dikaji ulang kembali, pada tahun 1995 nama ‘Cadabra’ diubah. Pergantian nama ini dilakukan karena nama tersebut terdengar horor dan kurang menjual.

Ketika nama ‘Cadabra’ diubah menjadi Amazon.com menjadi terdengar lebih istimewa, dan tentu akan lebih mudah dicari karena dimulai dengan awalan huruf A, dengan harapan akan berada dalam daftar pencarian paling atas sendiri. Selain itu, pemilihan nama ini menjadi simbol harapan besar oleh pendirinya agar perusahaan ini menjadi besar seperti sungai terpanjang dan eksotis yang ada di Amerika Selatan.

Amazon.com, Inc yang bermarkas di Seattle, Washington, Amerika Serikat ini didirikan dengan dasar analisis yang konkrit dan mendalam. CEO pertama perusahaan ini melihat peluang pasar online yang besar berkaitan dengan prediksi perkembangan teknologi internet yang akan terjadi di masa depan. Terbukti saat ini perusahaannya tersebut sudah berkembang begitu pesat.

Awalnya, Bozes merancang 20 daftar jenis barang yang ingin dipasarkannya, namun kemudian dipersempit menjadi 5 jenis saja yang dianggap paling memberi peluang profit. Kelima jenis produk tersebut yaitu buku, software, hardware, video, dan CD (compact disc). Dari lima jenis produk tersebut Bozes memilih untuk menjual buku pada mulanya. Pada awal penjualannya, Amazon.com berkembang begitu pesat karena permintaan buku yang sangat banyak.

Pada awal perkembangan Amazon.com, Inc, banyak investor yang membeli saham perusahaan ini. Sayangnya, empat tahun setelahnya Amazon.com dinilai sangat lambat pertumbuhannya, sehingga beberapa investor mengeluhkan penurunan prestasi ini dan kemudian menjual sahamnya.

Di awal abad 21 banyak toko online yang gulung tikar, dan salah satu yang hampir terkena dampaknya adalah perusahaan Amazon.com, Inc milik Bozes ini. Untungnya, perusahaan ini masih bisa terselamatkan dari krisis dan bisa bangkit kembali. Hal tersebut adalah akibat dari krisis moneter dunia di awal abad 21. Perlahan-lahan perusahaan bangkit kembali dan menghasilkan keuntungan yang menjanjikan. Bahkan, diklaim bahwa perusahaan Amazon.com inilah yang mempopulerkan kepada masyarakat dunia agar berbelanja secara online.

Kelebihan Amazon.com

Kelebihan Amazon

Melalui Amazon.com disediakan banyak layanan yang bisa diberikan oleh pelanggannya, mulai dari pelayanan berupa jual beli barang elektronik, hingga layanan penjualan material atau bahan yang tidak tahan lama / cepat busuk seperti sayur dan buah.

Sebagai sebuah online shop besar, Amazon.com menawarkan layanan transaksi diantaranya jual beli barang retail, software dan lisensinya, konten digital, video game, dan barang yang bernilai seni. Banyak jenis dan fitur layanan yang disediakan situs ini untuk membuat para penggemar belanja online merasa puas. Berikut ini penjelasan beberapa barang yang dapat dijual dan pelayanan yang ditawarkan di situs ini.

  1. Penjualan barang retail, merupakan konsep awal perusahaan ini yaitu menjual barang retail secara online. Ada banyak pilihan barang mulai dari buku, peralatan rumah tangga, elektronik, dan berang retail lainnya, untuk lebih jelasnya bisa Anda jelajahi sendiri situs tersebut.
  2. Amazon merupakan software untuk berbagai perangkat, Amazon.com tidak hanya dapat diakses melalui komputer melainkan juga melalui smartphone. Dengan demikian pengguna bisa mengakses dan memesan dengan menggunakan perangkat / gadget miliknya.
  3. Konten digital, selain menjual produk-produk fisik Amazon.com juga menjual konten digital seperti software, file PDF, file musik, file film, dan sebagainya. Konten digital tersebut bisa langsung diunduh dan dibayar menggunakan pulsa maupun via transfer.
  4. Amazon game, fitur ini memberikan kemudahan bagi yang ingin membeli game PC maupun gadget. Selain menjual game, Amazon.com juga mengembangkan game untuk berbagai platform diantaranya Windows, Android, Mac, dan Kindle Fire. Beberapa game yang dijual disini merupakan hasil pengembangan dari para ahli game yang bekerja di perusahaan ini.
  5. Amazon art, sejak Agustus 2013 Amazon.com merilis pasar online seni. Barang yang dijual melalui kanal ini adalah karya seni asli dan juga yang terbatas di beberapa galeri yang terpilih.

Penutup

Amazon.com, Inc. merupakan sebuah perusahaan toko online yang bermarkas di Amerika Serikat. Amazon.com menyediakan fitur dan layanan yang umum ada pada online shop dengan berbagai kelebihannya.

Diantara kelebihan-kelebihan Amazon.com adalah ia dapat melakukan transaksi yang mencakup wilayah internasional, sehingga pengguna dari suatu negara dapat melakukan transaksi dengan pengguna dari negara lain dengan syarat dan ketentuan yang diberlakukan di Amazon.com.

Leave a Reply

Send this to a friend