Pengertian Apache Beserta Fungsi, Kelebihan dan Kekurangan Apache yang Perlu Anda Ketahui

Pernahkah Anda menggunakan software XAMPP? Jika pernah, pasti sudah tidak asing dengan istilah Apache. Lalu, apakah apache itu? Apa saja yang dapat dilakukan Apache? dan apa saja kelebihan yang dimiliki oleh Apache.

Bagi Anda yang telah berkecimpung di dunia web, mungkin sudah memahami apa maksud dari Apache. Apache merupakan salah satu jenis dari banyaknya web server. Pada dasarnya, ketika pengguna internet mencari sesuatu hal melalui browser yang terdapat dalam perangkatnya, maka web browser dengan cepat membaca dan menampilkan informasi yang dibutuhkan penggunanya.

Nah, bagaimana hal itu bisa terjadi? Hal itu bisa terjadinya karena adanya web server. Awalnya, permintaan pengguna dalam browser tersebut diterima langsung oleh web server. Web server akan mengolah permintaan tersebut dengan cara mencari melalui database website tersebut. Kemudian, web server mengirim hasil dari prosesnya ke web browser pengguna secara transparan. Dengan begitu, setiap pengguna dapat dengan mudah menemukan segala sesuatu yang mereka butuhkan.

Oleh karena itu, pada artikel kali ini akan dijelaskan mengenai pengertian dari Apache, fungsinya, beserta kelebihan dan kekurangan yang dimiliki Apache. Dengan membaca artikel ini dapat membantu Anda menemukan dan menetapkan web server apa yang akan Anda gunakan untuk menghosting web yang telah Anda rancang. Langsung saja ke pembahasan pertama, yaitu pengertian Apache itu sendiri.

Pengertian Apache

kelebihan dan kekurangan apache Bagi Anda yang telah berkecimpung di dunia web development, pastinya juga mengetahui istilah Apache. Sebab, Apache adalah salah satu jenis web server yang dapat dijalankan di berbagai sistem operasi, seperti Microsoft Windows, Linux, Unix, Novell Netware serta platform lainnya yang digunakan untuk melayani dan melakukan pengaturan fasilitas web menggunakan sebuah protokol yang dikenal dengan HTTP (Hypertext Transfer Protocol). Nama Apache sendiri dipilih sebagai penghormatan terhadap suku Indian Apache yang menggunakan keterampilan dan strategis yang luar biasa dalam peperangan.

Pada awalnya, Apache merupakan software open source yang hanya digunakan sebagai alternatif web server Netscape. Namun, sejak April 1996, Apache menjadi web server yang populer. Hingga pada Mei 1999, Apache mulai banyak digunakan di berbagai web server dunia.

Kini, Apache menjadi salah satu software yang bersifat open source (terbuka), yaitu bahwa Apache didukung oleh para pengembang di seluruh dunia yang membuat Apache menjadi lebih terawat dan terus diperbarui secara teratur dengan fitur dan fungsionalitas baru untuk meningkatkan kualitas dalam pengiriman layanan HTTP.

Fungsi Apache

fungsi apache

Apache memiliki fungsi yang sama dengan fungsi web server pada umumnya, yaitu memperoleh berkas yang berisi permintaan (request) client melalui web browser, kemudian Apache akan memproses data tersebut dengan menghasilkan keluaran (output) yang diinginkan oleh client. Output didapat berdasarkan data yang tersimpan dalam database website tersebut.

Saat ini, Apache telah banyak digunakan diberbagai server dunia. Server Apache memungkinkan client untuk menjalankan berbagai skrip dan aplikasi didalamnya. Dengan begitu, setiap web yang dihosting ke server Apache menjadi dinamis, konten didukung oleh standar HTTP saat ini. Selain itu, Apache juga dilengkapi dengan berbagai fitur canggih, seperti adanya pesan kesalahan yang dapat dikonfigurasi, autentikasi pengguna, didukung oleh GUI (Graphical User Interface) sehingga dengan mudah dalam menangani server.

Kelebihan dan Kekurangan Apache

Ketika Anda mengunjungi suatu website, maka website tersebut mengandalkan web server untuk melakukan transfer data dari host ke browser yang terdapat dalam komputer atau perangkat elektronik Anda. Untuk itu, pemilik website akan memilih berbagai web server berdasarkan kelebihan yang dimilikinya.

kelebihan dan kekurangan apache

Bersifat open source menjadi salah satu kelebihan Apache

Seperti yang diketahui bahwa dari awal pembuatannya, Apache menjadi salah satu web server yang paling sukses di dunia. Berdasarkan survey yang dilakukan oleh Netcraft, Apache menjadi suatu seri yang populer di dunia, hampir 67% web server di dunia menggunakan Apache. Namun, siapa sangka Apache memiliki kelebihan dan kekurangannya sendiri. Berikut akan dijelaskan mengenai beberapa kelebihan dan kekurangan dari Apache.

Kelebihan Apache

  1. Apache merupakan jenis web server yang bersifat open source. Maksudnya adalah kode program yang tersedia dalam server tersebut dapat dimodifikasi dan diperbarui sesuai dengan kebutuhan Anda. Dengan begitu, para pengembang dari seluruh penjuru dunia dapat memberikan kontribusi terhadap perkembangan dari server Apache.
  2. Pada umumnya, setiap software yang bersifat open source, maka kode program dapat diperoleh dengan mudah dan bebas. Dengan begitu, Anda dapat mengunduh modul Apache di perangkat Anda tanpa harus memikirkan biaya lisensi.
  3. Walaupun menggunakan Apache tidak mengeluarkan biaya apapun bukan berarti Apache tidak dapat bersaing dengan jenis web server lainnya. Justru Apache menjadi web server yang dilengkapi dengan berbagai fitur yang lebih handal dibanding dengan jenis lainnya.
  4. Apache menjadi salah satu web server yang dapat digunakan di berbagai sistem operasi, seperti Linux, Unix, Windows NT, MacOS, Microsoft Windows, Unix dan sistem lainnya. Dengan begitu, Anda dapat memodifikasi atau menambah server Apache sesuai dengan kemampuan yang dimiliki sistem operasi Anda. Apache juga didukung oleh beberapa bahasa pemrograman, seperti PHP, Perl, Python dan lainnya. Selain itu, Apache dilengkapi dengan SSL (Secure Socket Layer) dan TLS (Transport Layer Security) untuk meningkatkan keamanan situs web.
  5. Ketika sebuah bug baru ditemukan, maka para pengembang yang tergabung dalam komunitas pengguna dapat memperbaiki dan membagi solusi tersebut secara gratis di forum atau situs web sosial media.
  6. Dengan menggunakan Apache web server ini, Anda dapat menjadikan Apache sebagai virtual host di server. Maksudnya, Apache dapat menggunakan alamat IP yang sama untuk menghasilkan host yang berbeda. Lebih singkatnya, Anda dapat menjalankan beberapa situs web menggunakan sebuah server.

Kekurangan Apache

Seperti yang diketahui bahwa Apache bersifat open source, yang memungkinkan setiap pengguna untuk melakukan modifikasi atau perubahan terhadap server tersebut. Ternyata hal itu menyebabkan ancaman yang serius terhadap keamanan jika tidak langsung ditangani dengan tepat. Oleh karena itu, walaupun Apache memiliki banyak Kelebihan juga terdapat kekurangan didalamnya, diantaranya sebagai berikut :

  1. Dengan kemampuan Apache yang membiarkan Anda memilih dan menonaktifkan layanan yang Anda butuhkan, itu dapat menyebabkan ancaman yang serius jika tidak ditangani.
  2. Jika terjadi proses bug, tidak ada kebijakan khusus untuk mengatasinya. Anda hanya dapat menanyakan solusi di forum komunitas pengguna. Jika masalah yang Anda hadapi sama dengan masalah yang dihadapi pengguna lain, kemungkinan Anda dapat menemukan solusi dari masalah tersebut.

Itulah penjelasan mengenai pengertian Apache, fungsinya, serta kelebihan dan kekurangan dari Apache. Dengan begitu, Anda dapat memahami dengan jelas tentang pengertian Apache dan dapat memilih web server berdasarkan kelebihan yang dimilikinya.

Leave a Reply

Send this to a friend