Pengertian BMP Beserta Kelebihan, Kekurangan dan Contoh Gambar BMP

BMP? Apa itu BMP? Yah mungkin banyak orang awam yang asing dengan isitilah ini, BMP atau yang banyak di kenal dengan bitmap merupakan salah satu format gambar.

Dan istilah nya saja yaitu BMP atau Bitmap maka dapat di ambil pengertian dari bitmap yang berarti titik, maka dapat di artikan bahwa bitmap merupakan gambar yang tersusun dari titik-titik. Nah lalu seperti apa itu gambar BMP ? Untuk lebih jelasnya lagi, yuk simak ulasan di bawah ini mengenai pengertian BMP.

Pengertian BMP

Pengertian BMP adalah

BMP file format, atau kadang-kadang disebut dengan DIB (Device Independent Bitmap) file format adalah gambar yang mirip dengan gambar aslinya, dimana didalam gambar ini tersusun dari kumpulan pixel-pixel yang tersusun membentuk gambar pada monitor.

Semakin banyak pixel yang ada dalam gambar tadi maka akan semakin halus gambar itu terlihat, dan sebaliknya jika semakin sedikit pixelnya maka gambar tersebut akan terlihat pecah (kualitasnya buruk). Format file fatau ekstensi gambar bitmap ini adalah .jpg, .png, .bmp, .gif, .pix dan masih banyak lagi.

BMP merupakan file gambar yang tidak terkompresi. Dan karena itu ukuran file BMP biasanya besar. Di internet sendiri apabila terdapat File berukuran besar tidak tepat untuk melakukan proses transfer karena akan memenuhi bandwidth dan menjadi lambat.

Tipe file BMP yang umum digunakan pada sistem operasi Windows dan OS/2. File BMP memiliki ukuran yang jauh lebih besar dari pada tipe-tipe yang lain.Kelebihan tipe file BMP adalah dapat dibuka oleh hampir semua program pengolah gambar. Baik file BMP yang terkompresi maupun tidak terkompresi.

Bitmap merupakan representasi dari citra grafis yang terdiri dari susunan titik- titik yang tersimpan di dalam memori komputer. Dikembangkan oleh Microsoft dan nilai setiap titik diawali oleh satu bit data untuk gambar hitam putih dan untuk gambar berwarna lebih dari satu bit. Ukuran sebenarnya adalah n-bit (2n warna) bitmap dalam hitungan byte.

Kerapatan titik-titik ini dinamakan resolusi, dimana menunjukkan seberapa tajam gambar ini ketika ditampilkan, ditunjukkan dengan jumlah baris dan kolom, sebagai contohnya 1024×768. Untuk mencetaknya pada printer atau untuk menampilkan citra bitmap pada monitor , komputer menterjemahkan bitmap ini menjadi pixel (pada layar) atau titik tinta (pada printer). Beberapa format file bitmap yang populer adalah TIFF, PCX dan BMP.

Tampilan bitmap sering disebut sebagai gambar raster yaitu tampilan gambar yang terdiri dari titik – titik atau piksel. Masing – masing piksel atau titik-titik ini mempunyai lokasi serta warna tersendiri yang secara keseluruhan membentuk sebuah tampilan gambar pada saat gambar tersebut diperbesar. Kehalusan pada tampilan gambar ini sangat tergantung pada resolusi serta titik atau piksel yang membentuk gambar tersebut.

Apabila gambar ini diperbesar maka ini kelihatan kotak-kotak, semakin besar tampilan gambar maka semakin besar pula kotak-kotak tersebut, yang sebetulnya merupakan tampilan  piksel yang di perbesar. Contoh gambar bitmap antara lain photo, gambar – gambar hasil scanner atau  gambar- gambar yang dihasilkan melalui software grafis seperti Adobe Photoshop, PHOTO-PAINT dan Corel.

Kelemahan dari gambar jenis bitmap yaitu gambar akan terlihat “kotak-kotak”  (Jagged) dan menjadi pecah apabila gambar tersebut di perbesar atau dicetak menggunakan resolusi yang lebih kecil dari pada nilai resolusi aslinya. Dibandingkan dengan format vektor, format bitmap ini memerlukan ruang penyimpanan data yang lebih besar .

Kelebihan dan Kekurangan BMP

Kelebihan BMP (Bitmap)

  1. Gambarnya terlihat nyata (yang saya maksud disini adalah gambar hampir sama dengan benda aslinya)
  2. Gambar bitmap mampu menangkap nuansa warna dan bentuk yang natural.
  3. Gambar bitmap dapat di transfer secara langsung dari file ke layar monitor sehingga lebih cepat dan lebih sesuai untuk ditampilkan ke layar monitor.
  4. Gambar Bitmap dapat ditambahkan efek khusus tertentu sehingga dapat membuat objek yang tampil sesuai yang di inginkan.
  5. Dibandingkan gambar vector, kategori gambar bitmap lebih jernis dan lebih realistis.
  6. Gambar kategori Bitmap sudah mendukung 32 bits colours.
  7. Dapat menghasilkan objek gambar bitmap dari objek ambar vector dengan cara mudahdan cepat, saat dicetak pada resolusi yang lebih rendah
  8. Pemakaian memori yang lebih kecil

Kekurangan BMP (Bitmap)

Walaupun bitmap memiliki kelebihan, akan tetapi gambar jenis ini juga memiliki beberapa kekurangan, diantaranya :

  1. Ketika gambar bitmap diperkecil ukurannya, maka kualitas gambarnya akan berkurang (maksudnya adalah pixel-pixelnya akan terlihat sehingga mengakibatkan gambar akan terlihat pecah-pecah)
  2. Ukuran file gambar jauh lebih besar dari pada gambar vektor, besar kecilnya ukuran file bitmap ini tergantung berapa banyak pixel / titik-titik yang ada dalam gambar.
  3. Ketika gambar ini mengalami perubahan ukuran (pembesaran / pengecilan) maka kualitas gambar juga akan ikut berubah.
  4. Pada saat dicetak pada resolusi yang lebih rendah efek yang didapat dari objek berbasis bitmap akan terlihat pecah atau berkurang detailnya.
  5. Jika gambar tampilan bitmap berresolusi tinggi di tampilkan pada monitor yang berresolusi rendah akan mengakibatkan gambar terlihat kasar , bahkan terlihat kabur berbentuk kotak-kotak (juggy) jika dilakukan pembesaran gambar.
  6. Warna dan detail gambar yang ada pada tampilan bitmap bergantung pada banyaknya pixel warna ataupun resolusi yang membentuk gambar tersebut.

Contoh Gambar BMP

Pada saat gambar BMP mengalami perubahan ukuran misalnya diperbesar atau di perkecil maka kualitas gambarnya juga akan berubah. Kualitas gambar bmp akan terlihat tidak jelas dan terlihat kabur berbentuk kotak-kotak (juggy) jika dilakukan pembesaran gambar.

Kelebihan dan Kekurangan BMP

Gambar bitmap dikatakan juga sebagai gambar raster karena seperti terlihat pada gambar di atas terlihat pada saat gambar tersebut diperbesar maka hanya akan terlihat titik-titik. Raster adalah tampilan gambar yang terdiri dari titik – titik atau piksel. Pada saat gambar diperbesar masing – masing piksel ini mempunyai lokasi serta warna tersendiri yang secara keseluruhan membentuk sebuah tampilan gambar .

Contoh Gambar BMP

Pada gambar di atas dapat dilihat perbedaan antar gambar bitmap dan vector. Huruf A pada bagian atas merupakan jenis vector, sedangkan huruf A yang terbentuk dari titik-titik merupakan format gambar bitmap (BMP).

Nah itulah ulasan lebih dalam mengenai apa itu pengertian BMP, kelebihan dan kekurangannya serta contoh gambar bitmap (BMP) Semoga artikel ini bermanfaat dan dapat membantu banyak orang. Terimakasih 🙂

Leave a Reply

Send this to a friend