• Our Partners:

Pengertian Breadboard Beserta Prinsip Kerja, Jenis dan Harga Breadboard

Pengertian Breadboard

Pernah mengenal istilah breadboard? Breadboard merupakan sebuah board atau papan yang berfungsi untuk merancang sebuah rangkaian elektronik sederhana. Breadboard tersebut nantinya akan dilakukan prototipe atau uji coba tanpa harus melakukan solder.

Salah satu keuntungan menggunakan breadboard adalah komponen-komponen yang dirakit tersebut tidak akan mengalami kerusakan. Komponen tersebut juga masih bisa dirangkai kembali untuk membentuk rangkaian yang lainnya.

Umumnya breadboard terbuat dari bahan plastik yang juga sudah terdapat berbagai lubang. Lubang tersebut sudah diatur sebelumnya sehingga membentuk pola yang didasarkan pada pola jaringan di dalamnya. Selain itu, breadboard yang bisa ditemukan di pasaran umumnya dibagi menjadi 3 ukuran. Pertama dinamakan sebagai mini breadboard, kedua disebut medium breadboard, dan yang terakhir dinamakan sebagai large breadboard. Untuk mini breadboard, ia memiliki kurang lebih 170 titik.Pengertian Breadboard adalah

Sementara untuk medium breadboard sudah dilengkapi dengan kurang lebih 400 titik. Large breadboard memiliki lubang kurang lebih 830. Seperti gambar yang sudah ada di atas, bahwa mini breadboard memiliki 200 titik hubung. Di bagian kanan sudah bisa dilihat pola layout yang digambarkan dengan garis biru. Di sini bisa dilihat beberapa tulisan mulai dari A sampai dengan J.

Setelah itu masih ada angka 1,5, 10, 15, maupun 20. Perpaduan antara huruf dan juga angka tersebut merupakan sebuah koordinat. Misalnya, A1, B1, sampai dengan E1 saling terkoneksi berdasarkan pola koneksinya (Bisa dilihat pada gambar berwarna biru). Sementara untuk A2 sampai dengan E2, A3 sampai dengan E3, F1 sampai dengan J1, dan seterusnya. Dengan memahami pola tersebut, maka kita nanti bisa membuat sebuah prototipe sehingga kita tidak bingung ketika harus menempatkan komponen-komponen elektronik tersebut sesuai dengan tempatnya masing-masing.medium breadboard

Sementara itu, pada gambar di atas merupakan contoh dari medium breadboard. Seperti yang sudah kami jelaskan bahwa breadboard memiliki titik sebanyak 400 yang juga membuatnya dinamakan sebagai half breadboard. Gambar di atas menunjukkan suatu pola atau layout pada medium breadboard. Dengan mengetahui jumlah lubang dan model atau layout dari medium breadboard, maka Anda tidak akan mengalami kesulitan ketika harus meletakkan komponen-komponen elektronik di atasnya.

Prinsip Kerja Breadboard

Setelah Anda memahami pengertian dan seperti apa macam-macam breadboard, maka Anda juga harus paham tentang cara kerja dari board ini. Dikarenakan breadboard merupakan sebuah papan yang tanpa disolder alias solderless, maka Anda bisa menggunakannya kembali.

Anda juga bisa melakukan eksperimen berbagai sirkuit elektronika. Salah satu contoh yang bisa Anda terapkan adalah rangkaian pada lampu disko dan juga rangkaian pada flip-flop. Adapun secara umum, breadboard mempunyai jalur yang akan kami jelaskan seperti gambar di bawah ini:

Pengertian Breadboard dan Prinsip Kerjanya

Setelah Anda mengamati gambar di atas, maka Anda akan tahu bahwasanya breadboard memiliki prinsip kerja sebagai berikut:

  • 2 pasang pada jalur bawah dan atas terkoneksi secara horizontal sampai menuju ke bagian tengah pada breadboard. Biasanya, ia akan difungsikan sebagai jalur dari tombol power maupun juga jalur sinyal. Beberapa contohnya adalah digunakan untuk jalur komunikasi maupun clock.
  • 5 lubang yang terdapat di komponen bagian tengah digunakan sebagai lokasi untuk melakukan perakitan komponen. Jalur kelima tersebut terkoneksi secara vertikal sampai menuju ke bagian tengah pada breadboard.
  • Pembatasan pada bagian tengah breadboard biasanya akan difungsikan sebagai tempat untuk menancapkan IC component.

Jenis-Jenis Breadboard

Sekilas tadi sudah kami jelaskan mengenai jenis-jenis breadboard. Perbedaan masing-masing breadboard biasanya akan terlihat dari perbedaan jumlah lubang koneksi yang ada padanya. Terdapat 3 jenis breadboard yang umum ditemukan di pasaran. Penjelasannya akan kami berikan secara lengkap pada penjelasan di bawah ini:

1. Mini Breadboard

Mini breadboard merupakan jenis terkecil dari papan elektronil solderless yang satu ini. Mini breadboard digunakan untuk membuat sebuah rangkaian mini yang tidak membutuhkan komponen elektronik dalam jumlah banyak. Jumlah lubang koneksi yang dimiliki oleh mini breadboard adalah kurang lebih 170 titik. Titik koneksi digunakan sebagai jalur koneksi dari komponen-komponen elektronik tersebut.

2. Medium Breadboard

Medium breadboard merupakan breadboard yang juga dinamakan sebagai half breadboard. Hal ini karena jumlah lubang koneksinya merupakan setengah dari jumlah lubang yang dimiliki oleh jenis yang paling besar. Titik koneksi yang dimiliki oleh breadboard yang satu ini kurang lebih sebanyak 400.

3. Large Breadboard

Untuk jenis breadboard yang ketiga ini merupakan jenis yang paling besar. Bagi Anda yang ingin membuat sebuah koneksi komponen elektronik dalam jumlah besar, maka Anda bisa menggunakan large breadboard. Jumlah titik yang dimiliki adalah sebanyak 830 titik.

Harga Breadboard

Jika mempelajari breadboard, tidak lengkap jika Anda tidak mengetahui harga dari setiap breadboard tersebut. Di bawah ini akan kami informasikan mengenai harga breadboard dengan berdasarkan jenisnya.

  • PCB Breadboard atau Project Breadboard GL12 dijual dengan harga kurang lebih Rp. 30.000. Dengan harga tersebut Anda sudah sudah bisa mendapatkan breadboard dengan ukuran 175 x 67 x 8 mm. Tipe yang satu ini biasanya sering dipakai di SMK. Breadboard yang satu ini biasanya digunakan untuk diode, transistor, capasitor, resistor, LED, dan lain sebagainya.
  • Breadboard warna hitam dengan ukuran 47 x 35 x 8.5 mm dengan jumlah pin sebanyak 170 dijual dengan harga Rp. 12.000. Dikarenakan konduktornya menggunaka bahan tembaga, maka kualitas konduktornya tersebut menjadi salah satu yang terbaik. Mudah dipasang di atas robot yang bergunan sebagai modul tambahan.
  • Breadboard SYB 130 dengan 760 pin dibandrol sebesar Rp. 16.000. Breadboard yang satu ini mempunyai dimensi 12 x 65 baris. Breadboard ini memiliki fungsi seperti PCB.

Itulah pengertian Breadboard beserta prinsip kerja dan jenis-jenis Breadboard yang perlu diketahui.

Leave a Reply