Pengertian DFD (Data Flow Diagram) Beserta Fungsi dan Simbol-Simbol DFD

Untuk membuat suatu sistem, maka kita juga harus mengetahui alur dari sistem tersebut. Agar pada saat perancangannya, sistem tersebut dapat dengan mudah untuk dibuat. Tidak hanya itu, dengan alur perancangan juga dapat memungkinkan suatu sistem tergambar dengan jelas dan juga profesional.

Menggambar alur suatu sistem dapat dilakukan dengan Data Flow Diagram atau biasa disebut dengan DFD. Maka dari itu, Anda juga harus perlu mengenal lebih jauh mengenai apa yang dimaksud dengan Data Flow Diagram tersebut.

Dan pada artikel ini akan membahas mengenai pengertian Data Flow Diagram beserta dengan fungsi dan simbol-simbol dari Data Flow Diagram. Berikut penjelasan tentang pengertian DFD (Data Flow Diagram) beserta fungsi dan simbol-simbol DFD.

Pengertian DFD (Data Flow Diagram)

Pengertian DFD dan Fungsinya

Data Flow Diagram merupakan suatu model yang dapat memberikan suatu tampilan secara visual, yang mana pada model tersebut dapat menggambarkan suatu aliran data maupun informasi pada sebuah sistem.

Di dalam gambaran Data Flow Diagram tersebut akan menyatakan dari mana atau dari siapa orang yang telah terlibat pada proses suatu sistem yang dapat mendatangkan beberapa indormasi, dan kemudian akan dikirimkan kemana atau kepada siapa informasi tersebut dapat diperlkan untuk bisa diakses maupun disimpan.

Menggambarkan Data Flow Diagram biasanya menggunakan beberapa notasi untuk bisa menggambarkan suatu alur dari data sebutah sistem, yang mana dalam penggunaannya akan sangat bisa membantuk untuk dapat memahami sistem tersebut dengan logika, jelas dan juga terstruktur.

Dengan menggunakan DFD juga bisa dapat menjadi suatu alat bantu untuk Anda menjelaskan serta menggambarkan suatu sistem yang tengah berjalan secara logis.

Fungsi Data Flow Diagram

Fungsi Data Flow Diagram

Data Flow Diagram juga memiliki beberapa fungsi yang dapat berguna untuk kebutuhan sistem. Berikut ini adalah beberapa fungsi dari Data Flow Diagram yang dapat Anda lihat dibawah ini :

  1. Data Flow Diagram atau DFD merupakan suatu alat untuk membuat model yang memungkinkan suatu professional sistem untuk bisa menggambarkan suatu sistemnya menjasi sebuah jaringan proses fungsional. Dimana hal tersebut dapat dihubungkan dari satu dan lainnya dengan alur data, bisa dengan cara yang manual dan juga dengan komputerisasi.
  2.  Data Flow Diagram ini juga merupakan suatu alat untuk membuat model yang sangat sering digunakan oleh orang-orang, terkhusus ketika fungsi-fungsi sistem tersebut adalah bagian yang sangat penting dan juga kompleks dibandingkan dengan data yang sudah di manipulasikan oleh suatu sistem.
  3. Data Flow Diagram juga adalah salah satu alat yang dapat merancang suatu sistem yang berorientasi pada suatu alur data dengan konsep dekomposisi yang bisa digunakan untuk dapat menggambarkan analisa dan juga rancangan sistem yang lebih mudah untuk dapat dikomunikasikan oleh suatu profesional sistem ke pengguna maupun kepada si pembuat program tersebut.

Data Flow Diagram Logis merupakan suatu representasi grafif dari suatu sistem yang menampilkan beberapa proses di dalam suatu sistem tersebut dan juga aliran-aliran data yang ke dalam dan juga ke luar dari beberapa proses tersebut.

Kita bisa menggunakan Data Flow Diagram Logis untuk membuat suatu dokumentasi dari sebuah sistem informasi, dikarenakan Data Flow Diagram Logis bisa mewakili logika-logika tersebut, contohnya seperti pada apa yang akan dilakukan suatu sistem, tanpa perlu menjelaskan secara spesifik seperti dimana, bagaimana dan juga oleh siapa proses tersebut didalam sistem akan dilakukan.

Kelebihan dan keuntungan dari Data Flow Diagram Logis jika dibandingkan dengan Data Flow Diagram Fisik yaitu bisa memusatkan perhatiannya pada fungsi yang telah dilakukan oleh sebuah sistem.

Simbol-Simbol Data Flow Diagram

Untuk menggambarkan rancangan sistem menggunakan Data Flow Diagram memerlukan atau membutuhkan simbol-simbol. Dimana simbol-simbol tersebut memiliki arti yang akan mengarahkan kemana alur sistem itu akan mengalir.

Simbol-simbol Data Flow Diagram juga memiliki beberapa jenis. Berikut beberapa simbol dibawah ini adalah simbol-simbol dari Data Flow Diagram.

1. Simbol External Entity

Simbol-Simbol Data Flow Diagram - Terminator

External Entity atau biasa disebut juga dengan terminator adalah simbol yang bisa berupa suatu organisasi, orang, sekelompok orang, maupun perusahaan yang sama tetapi yang diluar kendali oleh sistem yang tengah dibuat modelnya.

Termonator ini juga bisa berupa suatu departemen, divisi maupun sistem yang terdapat di luar sistem yang akan berkomunikasi dengan suatu sistem yang tengah dikembangkan.

2. Simbol Process

Pengertian DFD dan Simbolnya

Diatas merupakan simbol dari proses. Sebuah proses yaitu aktivitas maupun kerja yang akan dilakukan oleh mesin, komputer maupun orang dan nantinya akan menghasilkan sebuah arus data yang akan masuk ke dalam suatu proses untuk bisa dilakukan arus data yang akan keluar dari proses tersebut.

Proses juga bisa ditunjukkan dengan sebuah simbol longkaran maupun dengan simbol persegi panjang yang memiliki garis tegak lurus di bagian dalamnya seperti pada gambar diatas.

3. Simbol Data Storedata store

Simbol diatas merupakan simbol dari Data Store. Data Store umumnya sangat berkaitan dengan storage atau penyimpanan , contohnya seperti database maupun file yang berkaitan dengan penyimpanan dengan komputerisasi. Dan Data Store juga sering diberikan nama yang sesuai dengan nama dari file penyimpanannya, contohnya yaitu seperti dosen, mahasiswa, matkul dan lain sebagainya.

4. Simbol Data Flow

arrow

Simbol diatas merupakan simbol dari Data Flow. Data Flow juga sering disebut dengan arus data, yang mana sering disimbolkan dengan tanda panah. Arus data tersebut juga mengalir diantara suatu proses, data store, dan juga terminator. Kegunaan arus data juga untuk menunjukkan suatu arus data yang bisa berupa masukkan untuk sebuah sistem maupun hasil dari suatu proses sebuah sistem.

5. Simbol Input atau Ouput

input/output

 

Diatas merupakan simbol dari input maupun ouput. Simbolnya yaitu berbentuk jajar genjang seperti pada gambar diatas. Simbol tersebut juga meupakan representasi dari input maupun output yang terdapat pada Data Flow Diagram.

Demikianlah artikel yang membahas mengenai pengertian DFD (Data Flow Diagram) beserta fungsi dan simbol-simbolnya. Semoga dengan artikel ini Anda dapat mengetahui lebih dalam mengenai fungsi dan simbol-simbol yang terdapat pada Data Flow Diagram.

Leave a Reply

Send this to a friend