pengertian fiverr

Pengertian Fiverr Beserta Cara kerja, Kelebihan dan Kekurangan Fiverr

Di era digital saat ini, jenis pekerjaan semakin berkembang dan beragam. Profesi baru semakin banyak bermunculan. Bahkan dengan memanfaatkan teknologi, kita bisa bekerja dari mana saja yang penting mempunyai koneksi internet.

Seperti yang sedang terjadi saat ini, dengan adanya pandemi Work From Home menjadi solusinya. Para karyawan cukup bekerja dari rumah dan tidak perlu datang ke kantor lagi. Selain itu, pekerja lepas kini juga sedang populer yang biasa disebut sebagai freelancer.

Freelancer bisa bekerja dimana saja dan tidak terikat jam kerja alias bebas. Untuk memudahkan para freelancer mendapatkan klien, maka dibuatlah sebuah situs untuk mewadahi mereka, seperti Fiverr. Apa itu Fiverr?

Pengertian Fiverr

apa itu fiverr? pengertian fiverr adalah

Fiverr merupakan sebuah platform utama mikro-job di Internet. Fiverr merupakan tempat para freelancer dengan berbagai macam kemampuan. Fiverr adalah tempat dimana jutaan pembeli dan penjual saling bertemu dan bertukar layanan, barang, produk, atau apa pun yang bisa menghasilkan uang sebesar $5.

Sudah ada lebih dari 500.000 gigs yang berbeda yang sudah diterbitkan, Fiverr sudah menjadi tempat yang nyaman dan bagus bagi para pebisnis ataupun individu di seluruh dunia untuk tugas – tugas kecil outsourcing dengan jumlah uang tunai yang mungkin relatif kecil.

Di platform Fiverr Anda dapat dengan mudah mendapatkan freelancer yang Anda inginkan, misalnya Anda memiliki perusahaan pemasaran dari Jerman dan Anda sedang membutuhkan suara untuk mengisi video pendek yang Anda miliki dalam bahasa inggris untuk digunakan sebagai gambaran produk Anda.

Anda bisa mencari dan meyewa freelancer penerjemah profesional di Fiverr untuk melakukan pekerjaan tersebut, tapi harga yang akan Anda bayar kemungkinan cukup besar. Harga biasanya disesuaikan dengan kemampuan yang Anda cari. Anda juga bisa mendapatkan dengan harga $5 untuk melakukan pekerjaan dalam waktu singkat. Di Fiverr Anda dapat menemukan freelancer apa pun seperti yang Anda inginkan.

Fiverr didirikan oleh dua pengusaha muda yang berasal dari Israel, yaitu Micha Kaufman dan Shai Wininger. Mereka menciptakan situs ini didorong oleh gagasan bahwa kerja normal dengan waktu 9 jam bukan merupakan satu – satunya cara untuk mendapatkan penghasilan.

Mereka ingin menciptakan sebuah tempat, dimana orang bisa menjual keterampilan atau kemampuan yang mereka miliki untuk dunia, tanpa harus meninggalkan rumah mereka. Harga yang ditetapkan untuk memulai penawaran adalah $5 dolar. Jadi, mereka membuat segala sesuatunya di situs menjadi terjangkau untuk berbagai macam orang – orang dari seluruh dunia.

Situs ini (Fiverr) diluncurkan pada Februari 2010 dan kini sudah menjadi salah satu situs paling teratas di Internet saat ini. Pertumbuhan yang cukup cepat ini dicapai bukan hanya ide yang mereka miliki benar – benar inovatif, tetapi juga kesedehanaan yang dimiliki situs ini. Sebenarnya ada ribuan situs freelance lainnya, tetapi Fiverr menjadi favorit karena situsnya yang mudah dan cukup $5. Hal inilah yag menjadi salah satu keuntungan yang dimiliki situs Fiverr.

Cara Kerja Fiverr

pengertian fiverr dan cara kerja fiverr

Fiverr memiliki tujuan untuk menyediakan sebuah tempat dimana para pembeli atau pelaku usaha dapat menemukan atau mendapatkan karyawan lepas yang biasa disebut freelancer untuk menyelesaikan berbagai pekerjaan di bisnis atau perusahaan mereka dengan biaya yang cukup terjangkau.

Di dalam markeplace online untuk layanan para freelancer seperti Fiverr memiliki 4 elemen penting, yaitu:

  1. Buyer atau pembeli yaitu orang yang mempunyai pekerjaan yang harus diselesaikan (para pemilik perusahaan atau bisnis).
  2. Seller atau penjual yaitu orang yang menyelesaikan atau mengerjakan pekerjaan (freelancer).
  3. Pekerjaan atau Gigs yaitu deskripsi pekerjaan seperti apa yang harus diselesaikan.
  4. Platform marketplace online untuk layanan para freelancer (Fiverr).

Di dalam sebuah marketplace online untuk layanan para freelancer seperti Fiverr biasanya memiliki beberapa kategori pekerjaan yang besar atau seperti garis besarnya. Di situs Fiverr terdapat delapan kategori utama, yaitu:

  1. Graphics & Design
  2. Digital Marketing
  3. Writing & Translation
  4. Video & Animation
  5. Music & Audio
  6. Programming & Tech
  7. Business
  8. Fun & Lifestyle

Nah, di dalam masing – masing kategori juga terdapat beberapa sub kategori lagi, misalnya seperti logo design, web & mobile design, marketing strategy, creative writing, short video ads, voice over, wordpress, arts & crafts, dan lain sebagainya.

Lalu, bagaimana caranya menjadi freelancer di situs Fiverr? Berikut ini langkah – langkahnya:

  1. Pertama, pastikan Anda mendaftar sebagai seller di situs www.fiverr.com
  2. Lengkapi profil dan semua data pribadi yang diminta.
  3. Buat gig. Gig adalah sebutan untuk jualan atau jasa yang akan Anda jual di fiverr.
  4. Pasang portofolio. Jika Anda sudah pernah mengerjakan dan memuat sesuatu, silahkan pasang di portofolio Anda. Seperti, screenshot atau cuplikan video pendek tentang pekerjaan Anda yang sebelumnya. Hal ini akan meningkatkan kepercayaan calon pembeli dan kredibilitas Anda tentunya.
  5. Lalu, pembeli akan membuat order di Gig Anda.
  6. Kerjakan apa yang di order , lalu kirimkan hasil pekerjaan Anda. Selalu jaga komunikasi Anda dengan pembeli. Tanyakan apa yang mereka inginkan, lalu konfirmasikan apa yang Anda pahami dari keinginan mereka.
  7. Jika pembeli puas terhadap pekerjaan Anda, order Anda akan dianggap selesai. Pembeli akan memberikan testimoni yang bagus jika merasa puas. Semakin banyak testimoni yang baik atau puas, maka semakin banyak yang akan order dengan gig Anda. Selain itu, kemungkinan mereka akan kembali order gig Anda.
  8. Lalu, uang akan masuk ke saldo fiverr, dan siap untuk di transfer ke rekening Anda setelah 14 hari.
  9. Dan Anda dapat menarik saldo fiverr ke paypal dan pastinya akan ada biaya administrasi.

Mungkin Anda berpikir kenapa harga penawaran di Fiverr relatif murah yaitu mulai $5? Berarti penghasilan freelancer sedikit dong? Jangan khawatir, $5 itu hanya strategi marketing dari pihak Fiverr. Harga $5 dollar adalah tripwire Anda, produk berharga murah yang tidak murahan.

Pengunjung website Fiverr dalam sebulan mencapai 35 jutaan, Anda dapat mengubah trafik ini menjadi leads untuk Gig Anda dengan jasa atau produk yang harganya $5 ini. Produk dengan harga $5 akan melatih para pembeli untuk membeli dari Anda, menggunakan dan merasakan pelayanan dari jasa Anda.

Jika saja produk $5 Anda bagus, kemungkinan besar mereka akan membeli Gig Anda kembali, atau bahkan membeli produk dengan harga yang lebih mahal. Lima dollar adalah harga pemulaan, perkenalan dengan buyer pertama Anda. Anda dapat mengumpulkan banyak testimoni dari para pelanggan.

Sehingga akan banyak orang yang merasa lebih aman dan percaya dengan Anda walaupun Anda memasang harga premium (lebih mahal), karena memang di dukung dengan banyak gigs yang sukses, testimoni positif, dan portofolio Anda.

Situs Fiverr sendiri tidak pernah membatasi para freelancer untuk menjual gig dengan harga $5 saja. Harga gig bisa bervariasi sesuai dengan keahlian dan pekerjaannya. Anda bisa saja menjual dengan harga yang lebih tinggi, seperti $10, $100, $500. Harga paket diserahkan kepada para penjual.

Biasanya semakin tinggi peringkat si penjual, maka harga gig yang mereka berikan juga semakin tinggi. Di Fiverr ada 4 tahap seller atau penjual, yaitu:

  1. New Seller
  2. Level One Seller
  3. Level Two Seller
  4. Top Rated Seller

Kelebihan dan Kekurangan Fiverr

kelebihan dan kekurangan fiverr

Setelah Anda mengetahui cara kerja di Fiverr dan cara bagaimana menjadi freelancer di Fiverr, Anda juga harus mengetahui apa saja kelebihan dan kekurangan dari Fiverr itu sendiri. Berikut ini beberapa kelebihan dan kekurangan Fiverr.

Kelebihan :
  • Tidak harus mengeluarkan modal alias Free ( hanya menggunakan komputer dan koneksi internet)
  • Situs yang aman dan terpercaya sehingga tidak ragukan lagi untuk sistem pembayarannya
  • Sistem mudah untuk dimengerti dan mudah digunakan
Kekurangan :
  • Setiap orderan dipotong sebesar 20% dari pihak Fiverr sebesar ( Jika Anda membuat jasa dengan harga minimal $5 orderan tersebut diselesaikan, maka Anda hanya akan menerima total $4 saja)
  • Saldo di akun baru dapat dicairkan (transfer kePaypal ) setelah 14 hari setelah pekerjaan selesai dan mendapat review
  • Saldo dari fiverr yang dapat dicairkan akan masuk ke Paypal. Lalu, dari Paypal ke akun rekening Bank Anda akan membutuhkan waktu 2-4 hari selama hari kerja.

Sekian artikel kali ini yang membahas tentang pengertian fiverr, beserta cara kerjanya, dan kelebihan serta kekurangan fiverr. Semoga artikel ini dapat membantu Anda. Terimakasih 🙂

Leave a Reply

Send this to a friend