Pengertian Floppy Disk Beserta Sejarah, Fungsi dan Cara Kerja Floppy Disk

Kamu masih ingat dengan perangkat keras yang bernama Floppy Disk atau biasa kita sebut dengan disket? Mungkin pengguna di Indonesia atau di manapun sudah hampir tidak memerlukan perangkat keras ini, karena dengan kemajuan teknologi sekarang pengguna telah beralih pada perangkat baru yaitu Flashdisk, HDD External dan CD/DVD sebagai alat untuk menyimpan file/data.

Tahukah kamu tentang pengertian Floppy Disk? apakah fungsinya? dan bagaimana cara kerjanya? Dalam artikel ini saya akan mencoba menjelaskan tentang apa itu Floppy Disk, fungsi floppy disk, serta bagaimana cara kerja floppy disk.

Pengertian Floppy Disk

Pengertian Floppy Disk

Floppy Disk adalah salah satu dari sebagians  perangkat keras ( hardwere ) komputer yang berfungsi sebagai alat pembaca disket atau Floppy Disk, dimana pada dasarnya Floppy Drive ini memiliki fungsi yang sama dengan perangkat CD / DVD Rom. Tetapi untuk saat ini Floppy Drive sudah sangat jarang sekali penggunanya.

Floppy Disk adalah sebuah perangkat penyimpanan file atau data portable yang jaya pada era tahun 1990-an. Floppy Disk pernah populer karena mampu mengangkut file dari komputer ke komputer lain. Seiring dengan perkembangan zaman Floppy Disk perlahan bergeser dan berkembang pesat ke teknologi yang lebih maju. Dengan kata lain Floppy Disk adalah alat bantu bagi pengguna komputer untuk menyimpan data/file yang sangat penting.

Dimasa era jayanya perangkat keras ini merupakan sesuatu komponen yang bisa dikatakan wajib ada pada komputer, dimana pada waktu dulu para pengguna komputer masih menggunakan Floppy disk sebagai tempat untuk menyimpan data atau besar karena pada masa itu perangkat keras seperti flashdisk dan CD belum tercipta. Namun kekurangan dari penyimpanan Floppy disk ini adalah ruang penyimpanannya yang snagat minim sehingga para pengguna komputer pun tidak bisa leluasa untuk menyalin semua filenya ke dalam Floppy Disk.

Sejarah Floppy Disk

Floppy Disk pertama di ciptakan oleh IBM pada tahhun 1967 dan berukuran 8 inch. Kemudian di kembangkan menjadi 5.25 inch. Karena sifat kemasan yang fleksibel maka di beri nama dengan sebutan disket. Sebelum pertengahan era tahun 1980-an Floppy Disk terus berkembang menjadi 3.5 inch yang kemudian mengontrol pasar sepanjang era 90-an.

Di tahun 1971 IBM mempersembahkan memory disk pertama, yang kemudian terkenal dengan floppy disk atau disket. Floppy yang pertama adalah disk plastik yang di lapisi besi magnetik oksida, data di tulis dan di baca dari permukaan disk. Nama “floppy” di ambil karena sifatnya yang fleksibel.

Fungsi Floppy Disk

fungsi floppy disk

Seperti yang telah dijelaskan diatas bahwa Floppy Disk ini mempunyai persamaan dengan perangkat keras CD / DVD Rom, yaitu sebagai media pembaca sebuah perangkat penyimpanan data yang dibuat didalam bentuk disk, tetapi media yang digunakannya untuk penyimpanannya adalah Floppy Disk

Fungsi Floppy Disk adalah untuk menyimpan data dengan memori terbatas yang hanya mencapai 1.44 Mb saja. Data yang di simpan juga bisa di akses ke komputer lain yang bertujuan untuk mengangut data di dalam Floppy Disk untuk kemudian dapat di akses isinya.

Cara Kerja Floppy Disk

Cara kerja floppy disk

Disket dimasukkan ke dalam Floppy Disk drive, yaitu alat untuk menahan, memutar, membaca dan menulis data ke disket. Baca, berarti data di media penyimpan sekunder diubah ke dalam bentuk sinyal elektronik dan salinan data tersebut dan dikirimkan kepada memori komputer (RAM).

Sedangkan tulis berarti salinan informasi elektronik yang hasil proses komputer ditransfer ke penyimpan sekunder. Inilah detail bagian dari disket : Pengunci baca, Disket mempunyai pengunci baca agar disket tidak bisa ditulisi. Dengan kata lain, data yang ada di dalam disket bisa dilindungi. Caranya adalah dengan menggunakan jari jempol atau bisa juga menggunakan ujung pena untuk memindahkan pengunci baca ke arah bawah, sehingga lubang kotaknya terbuka.Track, sektor, dan cluster,

Pada disket, data disimpan dalam arah memusat yang dinamakan track. Berbeda dari gramofon, track-track di disket tidak memiliki  jalan atau lingkaran tunggal. Track di disket membentuk lingkaran-lingkaran terpusat. Saat disk diformat ,maka lokasi penyimpan terbagi menjadi sektor-sektor arah tertentu sehingga track-track di disket terbagi dalam bebarapa busur yang dinamakan sektor. Saat data dari komputer disimpan ke dalam disket, data kemudian disebarkan ke sektor dan track.

Oleh sebab itu, perangkat lunak sistem menggunakan titik irisan sektor dan track sebagai tempat penyimpan data dinamakan cluster. Cluster adalah sekumpulan sektor pada alat penyimpan. Istilah track, sektor, dan cluster juga dipakai pada hardisk.Head baca/tulis, ketika disket dimasukkan ke slot (drive gate atau drive door) pada bagian depan floppy drive, disket ditempatkan di atas kumparan mekanisme drive. Head baca atau tulis digunakan untuk mentransfer data antara komputer dengan disket.

Saat disket berputar di dalam plastik pembungkus, head baca atau tulis bergerak maju dan mundur melalui area akses data di disket. Dan saat disket tidak berada di drive, penutupnya yang terbuat dari logam atau plastik berfungsi untuk menutup area akses data tersebut. Lampu akses akan menyala ketika disket sedang bekerja.

Jika pemakaian telah selasai, disket dapat diambil dengan cara menekan tombol keluar di samping drive.Untuk menarik/mengambil disket sebaiknya dilakukan saat lampu drive sudah dalam keadaan mati atau ketika sudah tidak bekerja lagi pada sebuah file dari disket tersebut karena dapat mengakibatkan disket tersebut cepat rusak. Simpan dan juga tutup file sebelum menarik disket dari drive.

Kekurangan Ploppy Drive

Disk drive sangat mudah tertimpa debu ataupun kotoran yang terbawa oleh disket sehingga dapat menganggu fungsionalitas disk drive. Biasanya gejalagejala yang muncul akibat disk drive kotor adalah disket tidak dapat dibaca dan kadang-kadang error.

Leave a Reply

Send this to a friend