Pengertian Freeware Beserta Fungsi, Kelebihan dan Contoh Software Freeware

Pengertian Freeware

Mendengar kata software tentunya sudah menjadi hal yang tidak asing lagi di telinga kita, apalagi yang sedang menggeluti dunia komputerisasi. Membahas tentang freeware juga tentunya tak lepas dari yang namanya software ini.

Hal ini dikarenakan pada hakikatnya software terbagi menjadi banyak jenis yakni freeware, shareware dan rentalware, lalu ada juga adware, open source dan lain – lain. Namun dalam artikel ini penulis akan membahas mengenai freeware, meliputi pengertian, fungsi dan kelebihan, serta contoh – contoh freeware yang mungkin saja sering kita jumpai.

Jika melihat dari segi bahasa, pengertian freeware adalah suatu software yang bersifat free atau gratis. Maksud dari free disini adalah anda bisa mendapatkan serta menggunakan aplikasi freeware namun tetap ada batasan hak pencipta. Berbeda dengan software open source, meskipun digratiskan namun pencipta freeware mempunyai kebijakan – kebijakan tertentu agar pengguna tidak bisa memodifikasi atau mengubah dalam bentuk apapun.

Fungsi dan Kelebihan Freeware

Pengertian Freeware adalah

Karena banyaknya software yang dijual dengan harga tinggi, maka keberadaan software bajakan dan crack menjadi hal yang biasa ditemui di internet. Hal ini tentunya tidaklah dibenarkan meskipun memang banyak kalangan menengah mengeluhkan mahalnya tarif yang ditetapkan para developer software. Inilah yang menjadi fungsi dan kelebihan dari aplikasi freeware, karena kehadirannya bisa mengurangi ketergantungan pada aplikasi bajakan serta dapat diperoleh secara gratis. Kalau memang ada freeware yang tidak berbayar, mengapa harus memilih software berbayar dengan fitur dan kualitas yang tidak jauh berbeda?

Kemudahan dalam penggunaan juga dapat menjadi kelebihan lain dari freeware. Selain tidak memerlukan biaya kita juga bisa mendapatkan versi asli dari freeware langsung dari website pembuatnya. Kita juga tidak perlu dipusingkan mencari crack atau serial number yang biasanya seringkali dilakukan untuk menyelesaikan instalasi software bajakan.

Bersifat gratis juga bukan berarti menurunkan standard atau kualitas pada aplikasi – aplikasi berjenis freeware. Karena beberapa dari mereka juga ada yang justru menjadi pilihan utama, contohnya adalah software bernama Opera yang sudah menjadi salah satu dari 3 besar peramban internet paling dinikmati.

Salah satu saingan Opera yakni Google Chrome juga termasuk freeware, yang satu ini pasti hampir semua orang sudah mengenal dan pernah menggunakannya. Terdapat juga jenis freeware yang memiliki fungsi untuk mengiklankan produk atau informasi lain, biasa disebut dengan adware (software gratis dengan iklan).

Contoh Software Freeware

Fungsi dan Kelebihan FreewareSoftware yang tergolong gratis atau freeware sebenarnya sangat banyak. Namun di kesempatan kali ini penulis ingin mencontohkan beberapa dan yang mungkin paling sering digunakan dalam kehidupan sehari – hari, yakni sebagai berikut :

1. Google Chrome

Software yang yang dikeluarkan oleh salah satu perusahaan raksasa bernama Google ini sekarang sudah menjadi salah satu peramban internet yang paling diminati. Fungsinya adalah untuk mengakses internet dengan search engine bawaan yakni Google Search yang memang saat ini juga menjadi mesin pencari terbaik.

Pada mobile phone aplikasi ini malah biasanya sudah disetting ada dan digunakan untuk mengakses internet dengan lebih stabil jika dibandingkan dengan Browser bawaan.

2. Avira Free Antivirus

Software freeware berikut juga menjadi salah satu yang terbaik dikelasnya. Sesuai namanya, Avira Free Antivirus adalah software penangkal virus untuk komputer anda. Meskipun tergolong software lama dan bersifat gratis namun kehandalan software yang satu ini tidak perlu diragukan.

3. Whatsapp

Whatsaap terdapat pada versi mobile phone dan PC, dan dua – duannya tergolong freeware atau software yang gratis. Meskipun ada Whatsapp untuk kelas business yang berbayar namun pengguna lebih menggemari versi yang biasa karena fungsi utamanya sebagai media komunikasi sudah sangat terpenuhi.

Untuk versi mobile anda sudah bisa mendapatkan Whatsapp di Play Store atau Google Play, sedangkan untuk versi PC juga bisa didapatkan gratis di website resmi Whatsapp. Dua – duanya memiliki fungsi dan tampilan yang nyaris sama.

4. Youtube Downloader

Salah satu perusahaan besar bernama Youtube juga menyediakan software freeware sebagai penunjang bagi pengguna yang ingin mendownload berbagai macam video yang disediakan oleh Youtube itu sendiri. Karena dibuat oleh Youtube software yang satu ini memang lebih diutamakan untuk mengunduh dari situs Youtube saja, namun hal ini tidaklah menjadi masalah karena memang situs Youtube menjadi yang terdepan dalam hal penyedia video di internet.

5. Opera

Sotfware freeware yang satu ini sudah sempat dibahas sebelumnya dan memang masih menjadi alternative bagi pengguna yang ingin mengakses internet. Sebagai peramban internet yang berstatus gratis Opera juga memiliki berbagai macam keunggulan, bisa dari segi kecepatan maupun keamanannya.

6. Foxit Reader

Penggunaan file berekstensi .pdf tentunya tidak akan lepas dengan software pdf viewer untuk melihat isinya. Foxit Reader hadir dengan menawarkan fungsi agar pengguna bisa membaca dokumen dengan ekstensi .pdf, .ppdf, fdf, xfdf, dan xdp. Penggunaan nya gratis karena tergolong software freeware dan cukup cepat membuat Foxit Reader saat ini mampu bersaing dengan aplikasi seperti Adobe Reader.

7. GOM Player

Bagi penikmat audio video atau mungkin yang menggeluti dunia multimedia pasti tidak asing dengan freeware yang satu ini, yakni GOM Player. Freeware GOM Player ini memiliki fungsi utama sebagai perangkat yang dapat melihat atau mendengarkan berkas audio maupun video dan bahkan bisa diberikan efek khusus. Sebagai media player gratis, software ini ternyata bisa memainkan file berformat AVI, MPEG, DivX, DAT, VOB, MP4, 3GP, RMVB, FLV, dan MOV.

Itulah tutorial pengertian freeware beserta fungsi, kelebihan dan contoh freeware yang perlu diketahui. Semoga bermanfaat dan mudah dipahami.

Leave a Reply

Send this to a friend