Pengertian Gadget Beserta Fungsi dan Macam-macam Gadget

Saat ini teknologi berkembang dengan sangat pesat, sehingga tidak mengherankan bahwa akhir – akhir ini sering bermunculan istilah piranti atau perangkat baru. Hal ini sangatlah wajar mengingat hampir sebagian besar masyarakat mendambakan kemudahan dan salah satu wujudnya adalah dalam bentuk kecanggihan teknologi yang digunakan.

Salah satu istilah yang cukup ramai diperbincangkan adalah gadget. Meskipun sering menjadi pembicaraan namun ternyata masih banyak yang kurang mengetahui definisi sebenarnya dari gadget ini. Seperti apa contoh dari gadget dan fungsi apa saja yang bisa kita peroleh dari gadget itu sendiri.

Menanggapi hal itu dalam kesempatan kali ini penulis bermaksud ingin membahas lebih jauh mengenai pengertian gadget beserta sejarah singkat terbentuknya dan fungsi yang dapat kita peroleh. Tidak lupa juga kami akan memberi gambaran dari peralatan yang masuk dalam klasifikasi gadget. Dengan pemahaman yang benar tentunya kita dapat lebih bijak menyikapi perkembangan teknologi saat ini. Langsung saja ulasan lengkapnya dapat anda simak dibawah ini :

Pengertian Gadget

pengertian gadget dan fungsi gadget

Kemajuan zaman yang sangat pesat saat ini memunculkan berbagai macam fenomena – fenomena perkembangan teknologi yang ditujukan untuk memberi kemudahan bagi penggunanya. Contohnya adalah ketika zaman dahulu kita hanya bisa mendengarkan musik melalui radio dimana lagu yang diputar tidak selalu yang kita inginkan, tapi saat ini sudah ada Mp3 Player dengan berbagai macam lagu koleksi kita dan dapat dimainkan kapanpun. Lalu ada juga perangkat komputer yang hampir selalu kita temui dalam berbagai aktivitas sehari – hari.

Beberapa contoh diatas adalah wujud dari penggunaan gadget. Definisi dari gadget sendiri adalah suatu alat atau perangkat yang dirancang dengan teknologi canggih dengan fungsi yang lebih spesifik serta bersifat praktis atau memudahkan bagi para pengguna – penggunanya. Salah satu gadget yang keberadaannya paling penting dan semakin berkembang pesat dari dulu hingga saat ini adalah handphone atau yang biasa dikenal dengan smartphone.

Pada awalnya handphone atau ponsel digunakan sebagai alat komunikasi jarak jauh tanpa perantara namun dengan berbagai macam pengembangan suatu smartphone juga dapat digunakan untuk keperluan internet, mendengarkan audio video, game, sebagai komponen media sosial, untuk memfoto dan masih banyak lagi. Hal ini juga merupakan wujud dari peran vital gadget bagi masyarakat luas.

Sejarah Singkat Gadget

sejarah gadget

Sejarah atau awal mula kemunculan gadget sebenarnya tidak terlalu dapat dijelaskan secara menyeluruh mengingat kata gadget ini tidak menyimbolkan suatu benda atau barang, melainkan suatu klasifikasi dari beberapa jenis komponen seperti handphone. Oleh karena itu ketika kita membahas sejarah atau awal mula gadget maka sama halnya kita membahas sejarah dari perangkat handphone itu sendiri.

Pada awalnya belum dikenal istilah handphone, karena alat komunikasi masih menggunakan perantara kabel (telephone) atau menggunakan sinyal radio dengan istilah Handy Talkie (sekarang Walkie Talkie). Saat itu perangkat telephone belum bisa disebut gadget sepenuhnya karena penggunaannya yang masih terkesan sulit, bobotnya pun saat itu mencapai sekitar 35 pon sehingga kurang efektif. Dan akhirnya pada generasi ke 1 dan ke 2 perangkat telepon mulai dimodifikasi lebih ringan dan menggunakan antena mini dengan sinyal radio yang rendah sehingga aman bagi kesehatan pengguna.

Dan pada akhirnya setelah memasuki generasi ke 3 sudah mulai dikenalkan adanya sistem operasi pada handphone (Java, Symbian dan Android). Disini penggunaan internet juga mulai digencarkan, bisa dibilang fungsi handphone semakin mendekati PC. Dan ketika memasuki generasi ke 4 hingga saat ini mulai muncul istilah smartphone dengan teknologi sinyal 4G

Fungsi Gadget

fungsi gadget adalah

Sebelumnya sudah sempat dibahas bahwa fungsi utama dari kehadiran gadget adalah agar memudahkan segala pekerjaan kita. Contohnya seperti kemudahan dalam hal berkomunikasi, mencari informasi atau bahkan aktivitas lainnya.

Dengan pemanfaatan yang benar suatu gadget juga dapat mendorong produktivitas dari pekerjaan anda. Sudah tidak terhitung banyaknya bidang pekerjaan yang secara langsung maupun tidak langsung melibatkan penggunaan dari gadget.

Namun adakalanya sesuatu yang baik juga dapat berubah menjadi tidak baik karena diakibatkan pemanfaatan yang kurang bijak, hal ini juga terjadi pada gadget khususnya bagi anak – anak. Saat inipun gadget tengah menjadi sorotan dikarenakan banyak anak – anak yang salah mengartikan fungsi gadget dan terlalu sering menggunakannya (kecanduan). Padahal seorang anak memiliki tugas utama yakni belajar, dan dengan terlalu sering berinteraksi dengan gadget juga dapat berdampak negatif bagi mereka.

Macam – Macam Gadget

contoh gadget dan macam-macam gadget

Sebagai suatu bentuk klasifikasi dari beberapa komponen, kali ini penulis akan menyebutkan satu persatu macam – macam gadget secara umum beserta definisi singkatnya dibawah ini :

1. Handphone

Perangkat yang satu ini merupakan yang paling populer di hampir semua kalangan masyarakat bahkan pada anak – anak sekalipun. Fungsi utamanya adalah sebagai alat telekomunikasi namun seiring berkembangnya zaman terdapat banyak fungsi lain seperti untuk mencari informasi, game, kamera dan masih banyak lagi.

2. Laptop

Gadget yang satu ini merupakan bentuk modifikasi dari komputer PC sehingga menjadi lebih simple dan mudah dibawa kemana – mana. Sama halnya pada handphone, perkembangan di laptop juga semakin digencarkan sehingga banyak bermunculan merk – merk baru dengan teknologi yang semakin ditingkatkan.

3. Camera Digital

Perangkat yang satu ini memiliki fungsi utama untuk melakukan potret ke objek yang diinginkan. Terdapat beberapa upgrade juga yang dilakukan seperti penyediaan lensa yang semakin canggih dan bahkan mulai terdapat kemuculan istilah Action Cam.

4. Tablet

Jika laptop merupakan bentuk modifikasi dari komputer PC, maka pada Tablet bisa dibilang menjadi bentuk modifikasi dari Laptop. Bentuknya yang sangat mini dan simple serta mudah dibawa kemana – mana namun memiliki peran yang sangat kompleks seperti Laptop.

Sekian pembahasan mengenai pengertian gadget beserta fungsi dan macam-macam gadget yang perlu anda ketahui. Pemanfaatan yang benar suatu gadget juga dapat mendorong produktivitas dari pekerjaan anda, salah satunya untuk memangkas waktu ketika mengerjakan tugas.

Nesabamedia.com merupakan media online yang menyajikan konten menarik seputar komputer, internet, jaringan, android, website dan beberapa topik lain yang berhubungan dengan dunia komputer.

Leave a Reply

Send this to a friend