Pengertian Headset Beserta Fungsi, Bagian-Bagian, Cara Kerja & Jenis-Jenis Headset

Headset yang sering kita jumpai saat ini, adalah gabungan dari 2 fungsi headphone dan mikrofon. Alat atau headset ini biasanya digunakan untuk mendengarkan suara dan berbicara dengan perangkat komunikasi atau komputer.

Pertumbuhan dan perkembangan teknologi headset pada saat ini sudah merambah ke dunia komunikasi, sebagai contoh umum khususnya pada teknologi telepon seluler.

Nah artikel kali ini akan membahas tentang Headset, seperti apa itu Headset? apa fungsi Headset? Cara kerja Headset? dan Bagian – bagian dari Headset. Yuk, mari kita simak artikel tentang Headset berikut

Pengertian Headset

pengertian Headset

Headset adalah perangkat audio yang sebenarnya memiliki dua device yang digabungkan menjadi satu, yaitu perangkat input mikrofon dan perangkat output yakni speaker telinga. Headset ini umumnya ditujukan untuk digunakan pada perangkat – perangkat yang lebih besar seperti laptop, komputer, atau pun hal lainnya namun serta bisa digunakan untuk perangkat kecil sebasis mobile dan sejenisnya.

Adapun secara desain, umumnya headset melingkar pada bagian kepala dan memiliki dua buah speaker yang menutup keseluruhan telinga pemakainya. Desain seperti itu tentu dimaksudkan agar suara yang dihasilkan lebih terdengar maksimal.

Dan headset juga cenderung digunakan untuk tujuan seperti video chat, video call, skype, dan lainnya. Sedangkan dibagian konektifitasnya ataupun port-nya, headset memiliki 2 buah jack berukuran 3,5 mm yang bisa dipasangkan pada soundcard PC.

Dua buah port jack tersebut memiliki fungsinya masing-masing, jack pertama berfungsi untuk input mikrofon, dan jack kedua berfungsi sebagai output speaker. Namun perkembangan teknologi canggih telah banyak membuahkan inovasi baru yang lebih efisien. Karena sebagian besar headset sudah tidak lagi menggunakan fitur konektifas dua buah jack, tapi justru banyak yang menggunakan fitur koneksi bluetooth dan USB yang terinegrasi di dalamnya.

Fungsi Headset

Fungsi Headset adalahFungsi utama headset adalah sebagai alat reproduksi suara, memang menjadikannya sebagai sebuah teknologi yang dapat menghasilkan suara atau audio yang lebih jernih.

Cara Kerja Headset

Cara kerja headset

Cara kerja headset adalah mengubah arus listrik menjadi gelombang suara yang dapat di dengar di telinga kita masing-masing.

Bagian – Bagian Headset

Bagian - Bagian Headset

Macam – Macam Headset

1. Headset

macam - macam headset

Headset adalah gabungan antara Headphone dan microphone. Alat ini berbentuk seperti bando dengan speaker kecil berbentuk lingkaran di ujungnya dan di salah satu sisinya terdapat microfon kecil. Alat ini sering digunakan untuk keperluan komunikasi misalnya digunakan oleh seorang customer service.

2. Headphone

headphone

Headphone berbentuk seperti Headset, namun pada alat ini tidak terdapat microphone. Biasa digunakan untuk mendengarkan musik, namun tidak bisa digunakan sebagai alat komunikasi. Alat ini biasanya lebih portable dibandingkan Headset.

3. Backphone

BACKPHONE

 

Alat ini sebenarnya sama saja dengan Headphone, namun penggunaanya saja yang sedikit berbeda. Alat ini tidak dilingkarkan diatas kepala namun dilingkarkan di belakang kepala. Alat ini lebih portable dibandingkan HEADPHONE dan biasanya digunakan untuk kegiatan olah raga.

4. Earphone

EARPHONE

Earphone sendiri berbentuk lebih kecil daripada headphone ataupun headset. Cara menggunakannya juga berbeda yaitu tidak dilingkarkan di atas kepala seperti bando, namun dimasukan atau ditempelkan pada lubang telinga.

Bahaya Menggunakan Headset

  1. Sakit Telinga Permanen Jika Anda secara terus menerus menggunakan earphone dan mendengarkan suara yang terlalu keras bisa menyebakan masalah pada telinga. Selain itu, frekuensi pemakaian earphone yang terlalu lama juga dapat menimbulkan sakit serta kerusakan telinga secara permanen, seperti pecahnya gendang telinga hingga tuli.
  2. Kehilangan Pendengaran apabila Anda mendengarkan musik melalui earphone dengan volume tinggi dalam jangka waktu lama dan sudah dilakukan sejak usia muda, maka potensi kehilangan pendengaran dini akan semakin cepat terjadi.
  3. Infeksi Telinga Sangat besar kemungkinannya Anda bisa mengalami infeksi telinga.Anda belum tentu tahu apakah telingan orang lain yang menggunakan earphone tersebut bersih atau tidak.
  4. Penyumbatan Saluran Telinga Design earphone yang kecil dan menutupi telinga sepenuhnya membuat tertutupnya jalannya udara menuju telinga. Nah, jika Anda terlalu lama menggunakannya maka bisa menyebabkan infeksi telinga.
  5. Efek Pada Otak Hal ini karena perangkat ini juga bias memancarkan gelombang elektromagnetik serta radiasi pada saraf otak sehingga dapat memicu kerusakan pada otak.

Perbedaan Headset, Headphone, Backphone, dan Earphone

Dijaman sekarang siapa yang tidak tahu akan perangkat aksesories alat komunikasi ini. Hampir setiap pembelian sebuah handphone pasti ada tambahan perangkat ini dikarenakan memudahkan pengguna handphone dalam melakukan pembicaraan. Selain itu perangkat ini berguna untuk mendengarkan atau menikmati musik dari Smartphone.

1. Headset

Dari segi desain hampir menyerupai headphone, akan tetapi Headset mempunyai perangkat input/microphone yang biasanya terletak disebelah kanan. Headset lebih banyak dipergunakan dalam perangkat PC, dan dari segi konektor Headset mempunyai 2 buah jack yang dihubungkan dengan PC. Satu untuk microphone dan satu untuk output speaker. Biasanya Headset digunakan untuk video call, skype, video chat, conference dll.

2. Headphone

Headphone merupakan perangkat audio. Dari segi desainnya, Headphone mempunyai dua buah speaker yang didesain menutupi semua bagian dari telinga. Hal ini dimaksudkan agar suara yang dihasilkan bisa terdengar secara maksimal, dan dua buah spaeaker tadi dihubungkan oleh bando yang melinkar diatas kepala. Dijaman sekarang Headphone sedang booming kembali dan hadir dalam pilihan bentuk dan warna yang menarik.

3. Backphone

Sebenarnya backphone mempunyai desain seperti Headphone, tetapi perangkat ini mempunyai desain yang dipasangkan dikepal bagian belakang serta speaker dikaitkan di telinga. Istilah Backphone jarang sekali digunakan karena memenag bentuk desain yang menyerupai pernagkat Headphone.

4. Earphone

Perangkat ini sebenarnya berfungsi hampir sama dengan Headphone, hanya saja berbeda dari segi ukuran. Earphone mempunyai desain yang kecil dan ringkas hanya berupa bulatan speaker kecil.

Karena perangkat desain yang ringkas membuat Earphpne ini mudah dibawa ataupun dimasukan kedalam kantong, penggunaannya yang mudah dengan cukup memasukan speaker kedalam telinga bagian luar membuat earphone ini dapat digunakan saat santai ataupun dengan posisi tiduran. Biasanya perangkat ini disertakan dalam pembelian perangkat musik ataupun video portable.

Nesabamedia.com merupakan media online yang menyajikan konten menarik seputar komputer, internet, jaringan, android, website dan beberapa topik lain yang berhubungan dengan dunia komputer.

Leave a Reply

Send this to a friend