Pengertian Homepage Beserta Fungsi dan Contohnya, Sudah Tahu?

Bagi anda yang sering beraktifitas dalam dunia internet (browsing) pasti sudah terbiasa membuka dan berinteraksi dengan banyak website seperti blog, e-commerce, dan lain – lain.

Namun pasti masih banyak pengguna internet yang belum memahami atau bahkan baru mendengar istilah Homepage. Padahal tanpa disadari homepage ini hampir selalu ada di semua jenis website, termasuk pada website yang sering kita kunjungi. Jika pada website sosial media mungkin seringkali disebut beranda atau halaman utama, pada dasarnya istilah – istilah yang digunakan itu adalah sama.

Pada kesempatan ini penulis akan mengulas mengenai homepage dan seberapa pentingkah fungsi homepage dalam suatu website serta contoh – contoh nya yang memang seringkali kita jumpai secara tidak sadar. Langsung saja ulasan lengkapnya dapat anda simak dibawah ini :

Pengertian Homepage

pengertian homepage

Homepage atau yang biasa juga disebut dengan beranda merupakan suatu halaman utama atau halaman pembuka yang ada dalam suatu website. Keberadaan homepage ini sangatlah penting karena merupakan halaman index atau yang pertama kali ditampilkan ketika domain dari website itu dipanggil.

Menurut Ivan sebagai salah satu ahli dalam dunia internet hompage didefinisikan sebagai salah satu web page namun memiliki keistimewaan yakni peletakannya sebagai web page pembuka atau yang pertama kali tampil saat pengunjung mengunjungi alamat web tersebut.

Penggunaan homepage ini hampir selalu ada di semua website, pada website berbasis sosial media biasanya lebih dikenal istilah beranda yang menjadi halaman utama pada masing – masing akun pengguna yang terdaftar. Pada jenis website jenis lainnya seperti company profile web dan e-commerce juga pastinya menggunakan homepage yang bertindak sebagai index ini. Sesuai namanya biasanya halaman homepage pada pembuatan website umumnya disebut index.php atau index.html dan nantinya aka nada web page lain dan terintegrasi sebagai satu website.

Fungsi Homepage

Pada setiap bagian dari website pastilah memiliki fungsi masing – masing, termasuk juga homepage yang bertindak sebagai halaman utama. Fungsi homepage ini selain sebagai halaman awal dari suatu website juga untuk menampilkan topik atau identitas dari website tersebut. Contohnya pada website yang memiliki fokus dalam dunia pendidikan tentunya pada homepage terdapat foto – foto yang berkaitan dengan pendidikan atau ringkasan penjelasan tentang topik yang dibawa website tersebut.

Selain itu kalau kita melihat pada blog atau web portal berita yang memiliki banyak sekali halaman biasanya memiliki halaman utama atau homepage yang memuat ringkasan dari beberapa berita. Fungsi homepage ini dimaksudkan untuk sedikit memberikan gambaran kepada pengunjung mengenai website tersebut tanpa harus menjelajahi dan membaca semua halaman nya.

Penggunaan search engine seperti Google, Yahoo dan lain – lain memang secara langsung memberikan efek berkurangnya penggunaan homepage. Hal ini dikarenakan ketika kita mencari informasi dan menuliskannya pada kolom search engine maka kita akan dibawa langsung ke halaman dengan informasi yang diinginkan tanpa harus melewati homepage. Namun tetap saja peran penting nya tidak akan bisa terlepas dari semua website bahkan blog sekalipun. Oleh karena itu homepage yang ada pada blog biasanya terisi daftar sebagian artikel yang dihimpun dengan berbagai kategori, mulai dari yang terbaru hingga yang paling terpopuler. Untuk contoh dari homepage bisa anda simak pada ulasan di bab selanjutnya.

Contoh Homepage

Seperti yang dijelaskan sebelumnya terdapat berbagai macam website, dan masing – masing jenis website pastilah memiliki tampilan homepage yang berbeda – beda. Mulai dari website jenis komersil (e-commerce), website forum/komunitas, sejenis blog, sosial media dan lain – lain. Dalam artikel kali ini kami akan memberi contoh homepage dari beberapa jenis website tersebut.

homepage Facebook

Halaman homepage pada website sosial media (Facebook)

Pertama adalah tampilan halaman utama pada Facebook sebagai contoh salah satu website sosial media yang paling digemari saat ini. Tampilan nya terlihat simple dengan dominasi warna biru dan putih keabu – abuan. Berisi logo Facebook, gambaran atau informasi dari kegunaan Facebook itu sendiri, serta terdapat bagian registrasi untuk mendaftar akun dan login untuk pengguna yang sudah mendaftar.

Tampilan homepage utama seperti diatas tidaklah sama dengan beranda yang muncul ketika pengguna sudah login. Tampilan homepage diatas lebih terfokus terhadap Facebook itu sedangkan jika beranda pada sosial media biasanya berisi aktifitas pengguna sesama sosial media agar anda dapat memulai interaksi serta komunikasi terhadap pengguna lain sesuai dengan tujuan adanya sosial media.

homepage Tokopedia

Halaman homepage pada website e-commerce (Tokopedia)

Sebenarnya ada banyak sekali website e-commerce namun kami mengambil contoh dari Tokopedia sebagai salah satu website e-commerce yang universal dan banyak dipakai. Desain tampilan utama nya juga cukup sederhana dengan menyediakan kolom untuk login, info promo, kategori serta beberapa barang yang dijual sengaja ditampilkan di homepage atau halaman muka serta logo perusahaan.

Terdapat juga fitur – fitur lain yang disediakan oleh Tokopedia selain belanja online namun untuk bisa melanjutkan segala jenis transaksi sepertinya harus login terlebih dahulu sebagai pengguna yang sudah terdaftar.

homepage NesabamediaTerakhir adalah contoh homepage yang ada pada salah website blog Nesabamedia yang membahas mengenai informasi seputar teknologi. Hampir sama seperti halaman utama pada blog lain, di homepage Nesabamedia ini menampilkan logo serta menubar yang ada pada heading sebagai link ke semua postingan artikel. Terdapat juga bagian yang menampilkan postingan terpopuler sebagai daya tarik pengunjung.

Leave a Reply

Send this to a friend