Pengertian Hyperlink Beserta Fungsi dan Jenis-Jenisnya, Yuk Disimak!

Pengertian Hyperlink

Apa itu hyperlink? Hyperlink juga dinamakan sebagai pranala yang dijadikan sebagai acuan antara dokumen hyperteks ke dokumen yang lain. Artinya, hyperlink merupakan sebuah cara yang digunakan untuk menghubungkan antara bagian tertentu yang terdapat dalam slide, program, file dokumen, maupun juga halaman web ke bagian yang lain. Hyperlink berperan penting sebagai jembatan untuk mengubungkan antar file maupun program agar bisa terkoneksi dengan file atau program yang lainnya.

Ketika Anda mengklik hyperlink, maka otomatis Anda akan dibawa ke halaman, file, atau program yang terkoneksi atau terhubung dengan hyperlink tersebut. Jadi, Anda tidak perlu mencari file tersebut, apalagi jika posisinya berada di folder yang rumit. Dengan hyperlink, Anda tinggal sekali klik dan langsung dibawa ke tempat tujuan Anda.

Hyperlink juga akan dengan mudah membantu ketika hendak pindah antara satu tempat ke tempat yang lain. Perpindahan tersebut tidak harus selalu memanfaatkan koneksi internet. Proses perpindahan yang dilakukan terbilang simpel dan efektif serta tidak akan memakan banyak waktu.

Fungsi Hyperlink

Pengertian Hyperlink Adalah

Lalu sebenarnya apa fungsi hyperlink? Seperti yang sudah disinggung di awal bahwa fungsi yang dimiliki oleh hyperlink adalah sebagai jembatan untuk menghubungkan antara program, file, maupun juga halaman yang satu ke halaman yang lainnya. Perpindahan yang dilakukan hanya cukup dengan menekan satu klik saja. Selain itu, hyperlink adalah sebuah fungsi yang berada di dalam HTML atau Hypertext Markup Language) yang merupakan shortcut atau jalan pintas agar bisa mencapai atau menuju informasi yang lain.

Perlu Anda tahu bahwa biasanya teks yang di dalamya memiliki hyperlink akan berbeda dengan teks biasa yang ada di dalam halaman presentasi atau website. Biasanya warna teks tersebut berwarna biru seperti warna URL. Pada saat kursor atau pointer mouser diarahkan ke teks tersebut, maka akan terlihat jelas hyperlink, warna teks pun juga akan otomatis berubah.

Ketika teks tersebut diklik, maka hyperlink akan membawanya ke tempat tujuan yang diinginkan sesuai dengan pengaturan hyperlink di awal (sebelum ditampilkan). Hyperlink juga bisa Anda masukkan ke dalam teks maupun juga gambar dengan sangat mudah. Ketika gambar maupun teks tersebut diklik, maka otomatis pembaca dibawa ke teks maupun gambar yang diinginkan.

Jenis-Jenis Hyperlink

Setelah Anda memperoleh informasi terkait pengertian dan fungsi hyperlink. Maka di bawah ini kami juga sudah memiliki informasi yang tidak  kalah penting, yaitu berkaitan dengan jenis-jenis hyperlink.

1. Absolute Address

Jenis absolute address adalah hyperlink yang membutuhkan koneksi internet agar bisa digunakan. Hyerplink yang satu ini digunakan untuk membuat sebuah jalan pintas berupa URL yang ketika diklik akan langsung dibawa menuju URL tersebut. Shortcut tersebut akan secara mutlak berupa alamat URL yang harus dituli dengan lengkap yang didalamnya berupa protokol, path, nama file, dan juga network location.

Anda akan dengan mudah menemukan jenis hyperlink ini di berbagai situs internet yang akan langsung terhubung dengan link tertentu ketika Anda mengkliknya. Hal ini bermanfaat di dalam meningkatkan jumlah pengunjung website tersebut.

2. Relatif Address

Sebenarnya untuk relatif address tidak jauh berbeda dengan jenis hyperlink yang sudah kami sebutkan sebelumnya. Meskipun sama dalam hal fungsi, namun relatif address memiliki cara penggunaan yang cukup berbeda. Alamat URL yang dicantumkan nanti adalah alamat URL yang bersifat relatif. Alamat tersebut tidak akan menyebutkan protkol dan juga network locationnya. Lalu apa yang ditampilkan? Adapun yang ditampilkan hanya nama file dan juga path saja.

3. Link Section

Untuk jenis hyperlink yang ketiga ini merupakan jenis  hyperlink yang paling banyak digunakan, khususnya bagi mereka yang hendak membuat section yang terdapat di dalam berbagai dokumen perusahaan. Dengan menggunakan jenis hyperlink ini, maka dokumen tersebut akan langsung tertaut dengan dokumen maupun juga file yang lainnya. Dengan begitu, maka pengguna bisa langsung menemukan dokumen yang diinginkan dengan sangat mudah.

Sekedar tambahan informasi bahwa untuk fitur-fitur yang dimiliki oleh hyperlink sudah tersedia secara default pada Ms. Word, Ms. Power Point, atau juga Ms. Excel. Dengan menggunakan hyperlink, Anda bisa membuat sebuah kamus pribadi yang nanti bisa Anda gunakan untuk menghubungkan atau membuat tautan hyperlink terhadap berbagai macam istilah asing yang ada di dalam file maupun juga dokumen sehingga pembaca atau audiens bisa mengetahui maksud dari istilah asing tersebut.

Cara Membuat Hyperlink

Pengertian Hyperlink dan Cara Membuatnya

Informasi yang tak kalah penting adalah memahami bagaimana cara membuat hyperlink. Di bawah ini kami akan menjelaskan kepada Anda tentang bagaimana cara membuat hyperlink yang bisa Anda lakukan sendiri. Sekedar informasi bahwa Anda bisa membuat hyperlink, baik melalui Ms. Excel maupun Ms. Power Point.

  • Langkah pertama yang harus Anda lakukan adalah dengan memblok bagian teks tertentu di dalam file excel, word, atau power point yang nanti hendak Anda tautkan ke file yang lainnya.
  • Langkah kedua, Anda harus memilih menu insert dan kemudian Anda klik hyperlink. Nanti secara otomatis Anda akan langsung diarahkan menuju file manager. Kemudian Anda tinggal menentukan file mana saja yang ingin Anda sisipkan hyperlink.
  • Ketika sudah selesai membuat hyperlink. Klik OK.

Bagiamana mudah kan? Sekarang Anda sudah bisa membuat hyperlink yang akan sangat berguna ketika Anda presentasi dimana Anda tidak harus membuka folder untuk menunjukkan dokumen atau file kepada audiens.

Demikian penjelasan dari kami terkait pengertian hyperlink beserta fungsi, dan berbagai jenis dari hyperlink. Semoga informasi ini bermanfaat dan bisa membantu mempermudah Anda ketika hendak membuat hyperlink.

Leave a Reply

Send this to a friend