Pengertian Iklan Beserta Tujuan, Fungsi, Ciri-Ciri dan Jenis-Jenis Iklan

Pengertian Iklan

Kita seringkali menemukan berbagai macam iklan yang banyak menawarkan berbagai macam produk di jalan. atau saat menonton TV ada jeda berupa iklan yang ditampilkan agar masyarakat tertarik untuk membeli.

Nah, tentu kita telah memahami apa guna iklan tersebut, namun jika ditelaah ada beberapa orang yang justru tidak mengetahui pengertian iklan. Untuk itu kita perlu mengetahui pengertian iklan. Yuk, simak penjelasan berikut ini.

Apa yang dimaksud dengan iklan? Iklan adalah suatu bentuk informasi atau pesan yang disampaikan oleh seseorang, instansi atau lembaga perusahaan yang isinya berupa produk berupa barang dan jasa dengan sasaran masyarakat.

Iklan ini mendorong atau mengajak masyarakat untuk membeli produk tersebut. Biasanya iklan ini dapat dipromosikan dalam TV, majalah, koran, media sosial, situs internet, blog, maupun di tempat umum.

Pengertian Iklan Menurut Para Ahli

Pengertian Iklan adalah

Untuk lebih memahami pengertian iklan maka kita dapat melihat pendapat dari beberapa ahli. Berikut ini adalah pengertian iklan menurut para ahli:

1. Rhenald Kasali

Menurut Rhenald Kasali, iklan adalah suatu pesan yang menawarkan produk yang ditujukan kepada masyarakat melalui sebuah media.

2. Philip Kotler

Menurut Philip Kotler, iklan adalah sebuah bentuk penyajian dan promosi suatu barang, jasa ataupun ide secara non-personal oleh sponsor tertentu, dimana biasanya penayangan iklan tersebut harus membayar suatu media.

3. Rachmat Kriyantono

Menurut Rachmat Kriyantono, iklan adalah segala bentuk pesan tentang suatu produk barang yang disampaikan oleh media, lalu dibiayai oleh penggagas yang dikenal serta ditujukan kepada seluruh lapisan masyarakat.

4. Courtland L. Bovee

Menurut Courtland L. Bovee, pengertian iklan adalah suatu komunikasi non-personal yang biasanya berbayar dan sifatnya persuasif (mengajak) tentang suatu produk, jasa, atau ide dari sponsor yang dimuat melalui berbagai media.

Tujuan dan Fungsi Iklan

Tujuan Iklan

1. Informing (memberikan informasi), fungsi periklanan ini dapat menyampaikan informasi kepada khalayak ramai tentan suatu produk, baik itu deksripsi maupun harga produk tersebut beserta kegunaan produk dari suatu perusahaan.

Tujuan dan Fungsi Iklan

2. Persuasing (membujuk), fungsi periklanan ini dapat mengajak seseorang untuk membeli suatu produk yang telah ditawarkan.

3. Reminding (mengingatkan), fungsi klan juga dapat memelihara suatu brand perusahaan agar tetap melekat dalam ingatan konsumen.

4. Adding Value (Memberikan nilai tambah). Terdapat tiga cara pokok bagaimana perusahaan menambah nilai dari produk yang mereka garap, yakni:

  • Melakukan inovasi meningkatkan kualitas dan menambah nilai bagi produk dan merek tertentu dengan mempengaruhi persepsi konsumen.
  • Iklan yang efektif menjadikan merek dipandang sebagai sesuatu yang elegan.
  • Lebih bergaya bahkaan mungkin lebih unggul dari merek lainnya yang ditawarkan dan pada umumnya dipersepsikan memiliki kualitas yang lebih tinggi.

5. Assisting other Company Effort (Mendampingi), Iklan hanyalah salah satu anggota atau alat dari tim atau bauran komunikasi pemasaran. Pada saat lainnya, peran utama periklanan adalah sebagai pendamping yang memfasilitasi upaya-upaya lain dari perusahaan dalam proses komunikasi pemasaran.

Fungsi-fungsi iklan:

  • Menginformasikan suatu produk ke public.
  • Menarik perhatian konsumen terhadap suatu produk.
  • Memotivasi konsumen untuk bertindak atau melakukan sesuatu.
  • Menstimulus pasar.
  • Mendukung komunitas bisnis.
  • Membangun dan memelihara hubungan yang abadi antara konsumen dan perusahaan.

Ciri-Ciri Iklan

Sebuah iklan dapat lebih dikenali apabila memenuhi ciri-ciri sebagai berikut:

  1. Iklan harus menggunakan kata-kata persuasif atau mengajak agar orang lain lebih tertarik.
  2. Pesan yang disampaikan secara informatif dan komunikatif.
  3. Menggunakan kata-kata atau diksi yang tepat, bahasa yang sopan, logis, dan mudah dipahami oleh masyarakat atau target pasar.
  4. Menerangkan tentang suatu produk atau cara kerja produk tersebut.

Jenis-Jenis Iklan

Ciri-Ciri Iklan dan Jenis-Jenis Iklan

Seperti yang kita ketahui, iklan sudah merembes dalam kehidupan kita. Akan tetapi, kita tidak mengetahui iklan yang sedang ditayangkan itu jenis iklan yang seperti apa. Oleh karena itu, kita perlu mengetahui jenis-jenis iklan yang akan dijelaskan di bawah ini.

1. Jenis-jenis iklan berdasarkan media

1. Iklan Cetak
Iklan cetak adalah iklan yang diterbitkan melalui media cetak seperti majalah, koran, surat kabar, tabloid dan sebagainya. berdasarkan lajur yang digunakan iklan ini dibedakan lagi menjadi 2 bentuk, yaitu iklan baris dan iklan kolom.

2. Iklan Film
Iklan film adalah jenis iklan yang muncul sebelum pemutaran film berlangsung. Biasanya iklan film ini dapat berupa film-film yang akan segera tayang (coming soon).

3. Iklan Display
Hampir sama seperti iklan kolom, Namun mempunyai ukuran yang lebih besar gambar dan tulisannya dari iklan kolom

4. Iklan Elektronik
Iklan elektronik adalah adalah iklan yang dipublikasikan melalui media elektronik seperti, radio, televisi dan internet, sponsorship, email advertising.

5. Iklan Perusahaan
Iklan perusahaan atau corporate advertising adalah iklan yang tujuannya untuk membangun kesan perusahaan yang nantinya akan membentuk citra produk atau jasa yang diproduksi perusahaan tersebut agar diminati masyarakat. Misalnya, iklan aqua yang membantu pembuatan sumber- sumber air di daerah terpencil.

6. Iklan Layanan Masyarakat
Iklan layanan masyarakat adalah iklan yang berisi ajakan atau himbauan untuk melakukan sesuatu yang diiklankan ataupun tidak. Misalnya, iklan KB (Keluarga Berencana), iklan pencegahan demam berdarah, iklan pencegahan narkoba, maupun iklan kasih sayang keluarga.

2. Jenis-jenis iklan berdasarkan tujuan

1. Iklan non komersial

Iklan ini digunakan untuk menginfomasikan, mengajak, dan juga mengincar khalayak ramai dimana tujuan akhirnya bukan untuk mencari keuntungan ekonomi semata, namun untuk kepentingan sosial.

Kepentingan sosial disini berarti sebagai tambahan ilmu, menghasilkan dan meningkatkan kesadaran masyarakat tentang suatu ihwalatau perkara yang diiklankan, serta mencari pencitraan di mata masyarakat luas. Jenis iklan ini biasanya banyak digunakan oleh instansi atau dinas-dinas pemerintahan terkait yang disebut sebagai iklan layanan masyarakat.

2. Iklan komersial

dimana iklan ini bertujuan untuk mencari keuntungan ekonomi guna peningkatan penjualan produk barang dan jasa yang ditawarkan. Iklan komersial dapat berupa iklan konsumen, iklan bisnis, dan iklan profesional.

Sekian artikel mengenai pengertian iklan, tujuan dan fungsi, ciri-ciri beserta jenis-jenis iklan. Terima kasih dan semoga artikel ini bermanfaat untuk kita semua! 🙂

Leave a Reply

Send this to a friend