Kenali Pengertian Implementasi Beserta Tujuan dan Contoh Implementasi

Pengertian Implementasi

Banyak orang yang suka menggunakan sebuah istilah namun tak mengetahui arti dari istilah tersebut, salah satunya adalah implementasi. Istilah ini memang sering digunakan dalam kehidupan sehari-hari, biasanya mengacu pada pelaksanaan suatu hal yang sudah direncanakan.

Implementasi adalah suatu tindakan atau proses gagasan yang sudah direncanakan dengan begitu cermat dan detail. Implementasi umumnya dianggap permanen sesudah kegiatan yang dilaksanakan tuntas.

Implementasi menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia ( KBBI ) yaitu pelaksanaan atau juga penerapan. Kedua kata ini bertujuan untuk mencari bentuk tentang hal yang telah disepakati.

Implementasi bukan cuma aktivitas, tetapi sebuah aktivitas yang direncanakan serta dikerjakan dengan serius dengan berpedoman pada beberapa norma spesifik demi mencapai maksud kegiatan. Oleh sebab itu, proses tidak berdiri dengan sendirinya tetapi disertai juga dengan pengaruh objek selanjutnya.

Dari penjelasan diatas kita dapat menyimpulkan bahwa implementasi merupakan metode suatu sistem. Pelaksanaan implementasi mesti sesuai dengan rencana yang sudah dibuat, agar hasil yang dicapai sesuai dengan yang direncanakan. Namun, kamu mungkin perlu mengetahui arti dari kata ini lebih jauh lagi. Berikut ini beberapa definisi dari kata implementasi berdasarkan beberapa ahli.

Pengertian Implementasi Menurut Para Ahli

Pengertian Implementasi menurut para ahli

Secara umum, implementasi bisa diartikan sebagai penerapan atau pelaksanaan. Berikut ini adalah pengertian Implementasi dari beberapa ahli dunia dan Indonesia.

1. Wheelen dan Hunger

Pengertian implementasi adalah suatu proses untuk mendapatkan dan melaksanakan informasi dalam operasi.

2. Nurdin Usman

Dalam bukunya “Implementasi Berbasis Kurikulum”, implementasi bermuara pada aktivitas, aksi, tindakan, atau mekanisme suatu sistem. Implementasi bukan sekedar aktivitas, tetapi suatu kegiatan yang terencana dan untuk mencapai suatu tujuan kegiatan.

3. Guntur Setiawan

Implementasi adalah perluasan suatu kegiatan yang saling menyesuaikan proses interaksi antara tindakan dan tujuan untuk mencapai sesuatu dan memerlukan jaringan pelaksana, birokrasi yang efektif.

4. Hanifah Harsono

Menurut Hanifah Harsono dalam bukunya “Implementasi Kebijakan dan Politik”, implementasi adalah proses untuk melakukan kebijakan ke dalam tindakan kebijakan politik untuk pembangunan kebijakan administrasi dalam rangka meningkatkan program.

5. Van Meter & Van Horn

Implementasi ialah pelaksanaan tindak oleh individu, pejabat, instansi pemerintah, maupun kelompok swasta dengan tujuan untuk menggapai cita-cita yang sudah ditetapkan dalam keputusan tertentu.

6. Pressman dan Wildavsky

Implementasi adalah accomplishing, fulfilling, carrying out, producing and completing a policy.

7. Prana Wastra dkk

Implementasi adalah sebuah kegiatan yang dapat di kerjakan karena adanya kebijakan yang sudah di susun sebelumnya, meliputi suatu kebutuhan apa saja yang di perlukan, siapa pelaksana, kapan pelaksanaan, serta kapan akan di selesaikan target implementasi itu sendiri. Semua itu juga sudah di rencanakan pada awal waktu.

8. Budi Winarno

Implementasi adalah aktivitas yang wajib dilakukan oleh sekelompok orang yang telah diutus untuk menyelesaikan tujuan yang sama.

9. Mazmanian dan Sabatier

Pengertian implementasi adalah penerapan kebijakan dari dasar hukum dalam sistem perintah ataupun keputusan pengadilan.

Proses pelaksanaan terjadi setelah beberapa tahapan seperti legalisasi undang-undang, dan hasil dalam bentuk pelaksanaan putusan kebijakan, begitu seterusnya sampai kebijakan korektif bersangkutan.

10. Harsono

Implementasi adalah proses untuk melakukan kebijakan menjadi tindakan kebijakan politik dalam administrasi. Pengembangan kebijakan dalam rencana penyempurnaan suatu program.

11. Abdul Wahab

Implementasi adalah aktivitas yang dilakukan baik oleh individu, pejabat, atau kelompok pemerintah dan swasta yang diarahkan untuk mencapai tujuan – tujuan yang telah digariskan dalam putusan kebijakan.

12. Friedrich

Implementasi adalah kebijakan ataupun tindakan yang mengarah kepada tujuan yang di usulkan oleh individu, kelompok atau pemerintah dalam lingkungan tertentu yang berhubungan dengan adanya hambatan tertentu guna mencari peluang untuk mencapai tujuan atau mewujudkan hasil yang di inginkan.

Tujuan Implementasi

Tujuan Implementasi

Seperti yang dituliskan sebelumnya, implementasi adalah kegiatan yang diterapkan secara sistematis dan terikat mekanisme untuk bisa mencapai tujuan tertentu. Berikut ini merupakan tujuan implementasi:

  1. Dapat melaksanakan agenda yang sudah disusun dengan akurat baik itu individu ataupun kelompok.
  2. Dapat menguji dan mendokumentasikan suatu kebijakan didalam pelaksanaan rencana atau juga kebijaksanaan.
  3. Dapat melaksanakan tujuan yang akan diraih dalam pra-rencana atau kebijakan yang sudah dirancang.
  4. Dapat mengetahui keahlian masyarakat untuk melaksanakan suatu kebijakan ataupun rencana yang sesuai dengan apa yang rencanakan.
  5. Dapat mengetahui fase keberhasilan suatu kebijakan atau konsep yang sudah dirancang untuk meningkatan mutu.

Tanpa implementasi, rencana akan sia-sia karena pada dasarnya rencana dibuat untuk dilaksanakan atau diimplementasikan.

Contoh Implementasi

Contoh Implementasi

1. Contoh Implementasi di Bidang Hukum

Mengembangkan budaya hukum di segala lapisan masyarakat. Tujuan dari hal ini adalah untuk meningkatkan kesadaran dan kepatuhan masyarakat terhadap hukum yang berlaku dengan cara meningkatkan wawasan kebangsaan dalam kerangka supremasi hukum dan tegaknya negara hukum.

2. Contoh Implementasi di Bidang Ekonomi

Mengoptimalkan peranan pemerintah untuk menjaga persaingan yang terjadi di pasar.

3. Contoh Implementasi di Bidang Politik

Mensosialisasikan dan melaksanakan prinsip kesamaan dan melarang sikap diskriminatif didalam aktivitas bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara.

4. Contoh Implementasi di Bidang Keamanan

Meningkatkan dan memperluas kualitas kerjasama antar negara di bidang pertahanan dan keamanan agar bisa menjaga keamanan regional serta ikut ambil peran dalam pemeliharaan perdamaian dunia.

5. Contoh Implementasi di Bidang Informasi, Komunikasi dan Media Massa

Memaksimalkan manfaat dari teknologi informasi dan komunikasi untuk kebutuhan masyarakat luas.

6. Contoh Implementasi di Bidang Pendidikan

Memperbarui sistem pendidikan serta mengikuti perkembangan dunia di bidang pendidikan untuk menjaga kualitas pendidikan sesuai kemajuan zaman.

7. Contoh Implementasi di Bidang Sosial dan Budaya

Mencoba menelusuri nilai-nilai kebudayaan nasional dan daerah untuk mengembangkan ilmu pengetahuan dan teknologi, serta melaksanakan nilai-nilai kebudayaan tersebut dalam kehidupan bermasyarakat.

Sekian pembahasan kita kali ini tentang pengertian implementasi beserta tujuan dan contoh implementasi. Semoga artikel ini dapat bermanfaat. Terimakasih 🙂

Leave a Reply

Send this to a friend